January 2, 2013 thumb Memindahkan WordPress dari Localhost ke Server Online

salam, tutorial kali ini saya ingin membahas tentnag bagaimana caranya memindahkan website yang kita buat dengan wordpress di localhost ke server asli. karena syarat dari tutorial ini adalah harus sudah membuat website di localhost, jika anda belum bisa silakan baca tutorial saya sebelumnya tentang membuat website dengan wordpress. kali ini saya akan membahasa step-step mengonlinekan website localhost wordpress ke server asli. oke silakan ikuti step by step.

  • Compress Semua file php di htdocs/ (jika menggunakan xampp) atau www/ (jika menggunakan wampp). karena kebetulan folder wordpress saya adalah salsa maka saya mengcompress semua file yang ada di salsa dan di -compress menjadi salsa_php.zip
Compress seluruh folder wordpres  php anda di htdocs atau www

Compress seluruh folder wordpres php anda di htdocs atau www

  • kemudian buka phpmyadmin lewat browser dan export semua database yang berhubungan dengan website anda. dalam hal ini website saya bernama salsa_db dan saya export menjadi salsa_db.sql. biarkan beberapa saat sampai selesai dan simpan file SQL yang dihasilkan.
Mengexport Database

Mengexport Database

  • kemudian buka cpanel website anda dan masuk ke database. buatlah sebuah database, di website saya menggunkana salsa_db dan user salsa_user. kemudian grant all privilage sehingga anda dapat mengkases seluruh database anda nantinya. jangan lupa passwordnya jangan sampai ketinggalan.
  • setelah itu masuklah ke phpmyadmin website anda (bukan localhost, tapi yang di hosting), dan import database yang anda export tadi, dalam hal ini saya mengimport database salsa_db.sql.
Import Database

Import Database

  • kembali buka cpanel website anda dan masuk ke file manager. upload file salsa_php.zip ke directory root website anda. biasanya jika anda menggunakan hosting berada di bawah folder public_html.
Mengupload File salsa_php.zip

Mengupload File salsa_php.zip

  • setelah seleai mengupload silakan extract file salsa_php.zip dengan melakukan klik kanan extract. sehingga akan terbentuk folder public_html/salsa ini adalah directory root website saya. atau jika anda memang ingin menggunakan satu website saya di hosting anda, anda masukan saja isi dari folder salsa ke public_html. sehingga data-data yang ada di dalam folder salsa (wp-admin, wp-config dan lain-lain) berada langsung dibawah folder public_html.
Extract dan lakukan Edit wp-config untuk setting database

Extract dan lakukan Edit wp-config untuk setting database

  • kemudian edit file wp-config anda, ganti database, user dan password-nya dengan setting database yang baru anda buat tadi di server hosting. khusus untuk DB_HOST kalau anda menggunakan file php dan database yang sama biarkan tetap localhost. ini maksudnya adalah localhost server bukan localhost komputer anda.
Setting Database Baru

Setting Database Baru

  • sampai tahap ini sebenarnya sudah selesai. tapi masih ada satu kendala di wordpress karena wordpress menggunakan direct addressing, anda harus merubah beberapa data yang ada di database.
  • kembali ke cpanel lalu buka phpmyadmin anda. masuk kedatabase yang baru anda buat dan jalankan perintah berikut ini. website anda mengaksesnya adalah http://www.salsa.com lakukan perintah berikut (ganti sesuai nama website anda).

update wp_options set option_value=replace(option_value,’http://localhost’,’http://www.salsa.com’)

melakukan perubahan pada database wordpress

melakukan perubahan pada database wordpress

  • jika anda sudah mengikuti ke delapan step ini, maka seharusnya ketika kita membuka www.salsa.com akan secara otomatis masuk ke website yang sama seperti di localhost anda.
Seharusnya Website telah berhasil dibuka

Seharusnya Website telah berhasil dibuka dan tampilanya mirip dengan aslinya

jika ada kesalahan dan kekeliruan mohon maaf, kalau ada yang ingin ditanyakan silakan comment. salam :D, sory ane males nge-crop gambarnya hehehe, nulisnya sambil ngantug-ngantug soale.

 

Comments

total comments