December 26, 2012 thumb Memilih Distro Linux Sesuai Kebutuhan

sekian lama, aku ndak nulis, untuk mengisi waktu, datanglah,…. (Lagu Ridho Rhoma :p). oke jumpa lagi, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang cara memilih distro linux yang sesuai dengan kebutuhan. tulisan ini di ilhami oleh request teman saya yang meminta memilihkan distro linux yang sesuai, maklum koneksi internet yang secepat cacing di kampung menjadi penghalang, teman saya jauh-jauh ke surabaya cuma buat download Distro Linux, eh ternyata di install di rumah gak sesuai kebutuhan. ups, kok ngelantur :D. oke, langsung saja, tulisan ini akan saya sesuaikan dengan kebutuhan, anda bisa memilih distro sesuai kebutuhan, mulai dari kelas ringan sampai kelas berat. karena tulisan ini didasarkan atas pengalaman saya pribadi, teman-teman boleh setuju dan boleh tidak setuju, kalau benar silakan diikuti, kalau salah silakan dikoreksi :).

  • Office  (Perkantoran): Ubuntu
  • Education (Pendidikan) : Edubuntu
  • Windows User (Pengguna Windows) : React OS
  • Programmer : Gentoo
  • Hacker : Backtrack
  • Server : Debian
  • Warnet : Blankon
  • Gamer : Ubuntu
  • Designer : Ubuntu Studio
  • Minimum System (Komputer Spesifikasi Terbatas) : Puppy Linux
  • Entertainment: GeexBox
  • Common User : Linux Mint

ok sekarang saatnya kita bahas satu-persatu.

Ubuntu : menurut saya pribadi ubuntu merupakan distro linux dengan pengguna terbesar (entah bener entah salah :p ). ubuntu merupakan turunan debian, tetapi ia memiliki segudang kelebihan yang memudahkan para penggunanya. Ubuntu telah memberikan paket office lengkap dalam distronya, Libre Office , jika anda kurnag puas dengan libre office anda dapat menambahkan sendiri aplikasi office yang mungkin dibutuhkan seperti scribus, gnumeric dll. wait kenapa pilih ubuntu untuk perkantoran ? alasan saya adalah ubuntu memiliki distro yang namanya LTS (Long Term Support) sehingga kita tidak perlu sering-sering install ulang, selain itu ubuntu juga diupdate setiap 6 bulan sekali (april x.04 dan oktober x.10), sehingga cocok bagi anda yang selalu membutuhkan update system. untuk lebih jelasnya silakan kunjungi situs resmi ubuntu di http://www.ubuntu.com/. selain distro ubuntu juga memiliki majalah yang bisa digunakan untuk membantu bagi para pengguna untuk belajar linux lebih mendalam, namanya Fullcircle. untuk download majalah fullcircle silakan klik disini.

Ubuntu Hardy Heron

Ubuntu Hardy Heron

Edubuntu : sebenarnya edubuntu merupakan versi edukasi dari ubuntu, bedanya dengan ubuntu aplikasi ini menyertakan beragam aplikasi edukasi secara default, sehingga kita tidak perlu meng-install sendiri. Edubuntu memberikan banyak kelebihan aplikasi untuk pendidikan, seperti namanya karena memang ditujukan untuk pendidikan edubuntu lebih cocok untuk digunakan untuk anak usia 4-15 tahun. salah satu aplikasi andalan edubuntu adalah Gcompris, yang didalamnya terdapat segudang aplikasi edukasi untuk memudahkan anak-anak dalam belajar seperti mengenal huruf, menghitung dan melatih logika.

Ubuntu Studio : merupakan turunan ubuntu yang memang di design untuk para pengembang multimedia, bedanya dalam distro ini telah terintegrasi aplikasi-aplikasi yang mendukung para pengembang multimedia (graphics and video) seperti Gimp (Pengganti Adobe Photoshop), Inkscape (Pengganti Corel Draw) dan Blender (Pengganti 3DX Max).

ReactOS : tujuan dari Distro ini adalah membuat sebuah distro linux yang meyamai Windows, dalam hal ini setahu saya Windows XP yang ditiru habis-habisan oleh ReactOs, mulai dari menu yang diserupakan menjadi windows, tampilan winamp yang juga ditiru oleh music player di Gentoo, file browser yang menyerupai windows explorer dan lain-lain. walaupun demikian, masih ada beberapa bagian yang mungkin tidak dapat ditiru oleh react os terutama mengenai masalah system.

Tampilan React OS

Tampilan React OS

Gentoo :  distro ini ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai programmer, di dalamnya telah disertakan library Qt, Python beserta IDE yang bisa digunakan (Anjuta dan Code Block). Gentoo secara defauilt juga telah menyertakan apache server dan mysql yang diperuntukan bagi mereka yang ingin melakukan develop website. karena memang ditujukan bagi mereka yang programmer, gentoo hanya sedikit mendukung multimedia, tapi tidak perlu kahwatir karena untuk multimedia dapat di download dari repository gentoo.

Desktop Gentoo Linux

Desktop Gentoo Linux

 

Backtrack : situs resmi disto ini adalah www.backtrack-linux.org,  distro ini memang ditujukan bagi para hacker dan security advanced. didalam distro ini terdapat ratusan tool-tool untuk melakukan hacking, mulai dari penetrasi, cracking, spoofing dan lain-lain. Bactrack telah berada pada versi 5 dengan codename Revolution. namanya juga distro untuk hacking, jadi yang banyak dibahas oleh Backtrack mayoritas berkisar tentang masalah hacking dan security. Backtrack terbaru merupakan turunan dari debian.

Bcaktrack 5 On Samsung Galaxy S

Backtrack 5 On Samsung Galaxy S

Debian : Distro yang menurut penulis adalah distro terbesar dan ter-stable di dunia. Debian boleh dikatakan sebagai induk para distro. tidak terhitung berapa banyak jumlah distro yang telah diturunkan oleh debian (Ubuntu, Backtrack, dll). Debian adalah distro yang paling lama update, hal ini bukan karena developer-nya malas atau gimana, tetapi debian me-maintenance system-nya sedemikian hingga supaya mendapatkan system yang paling stable. karena menunggu release yang paling stable untuk kernel debian menjadi distro yang paling lambat update. karena debian memiliki stabilitas yang paling baik (versi penulis), maka debian layak untuk dijadikan server dibanding distro lain.

Debian Lenny

Debian Lenny

Puppy Linux : puppy kalau diterjemahkan secara harfiah artinya anjing kecil. sesuai namanya distro ini memang ditujukan untuk komputer-komputer yang memiliki resource terbatas seperti pentium 3 dengan RAM hanya 128 MB. puppy linux memiliki beragam aplikasi kantor yang ringan, seperti Kwrite, Paint dll. semua aplikasi yang ada di puppy linux dapat di-install dan membutuhkan sedikit resource jika dibandingkan distro lain. bagi anda yang memiliki komputer jaman jadul dan masih bisa dipakai, bisa diinstall puppy linux biar dipakai anak-anak atau untuk disumbangkan :D.

Puppy Linux

Puppy Linux

GeexBox : distro ini ditujukan bagi mereka penggemar entertainment, didalamnya telah terinstall segudang aplikasi khusus entertainment seperti manajemen music, video, movie, picture, album dan lain-lain. geexbox juga telah meng-install secara langsung driver-driver tv tuner dan aplikasi-aplikasi untuk menonton tv cable, tv online, dan radio online. bagi anda yang terbiasa menggunakan windows media center, anda akan terkesima dengan apa yang ditawarkan oleh geexbox, kareana selaingratis distro ini juga sangat ringan dan dapat di boot langsung via live cd.

GeexBox

GeexBox

BlankOn : Distro nomor wahid di Indonesia ini memang layak untuk di apresiasi, karena selain buatan anak dalam negeri, juga memiliki segudang kelebihan yang memudahkan mereka pengguna baru linux. distro ini diturunkan dari ubuntu. memiliki cirikhas orang indonesia dan telah terintegrasi didalamnya aksara jawa, sunda, dll. selain itu distro ini juga terintegrasi bahasa-bahsa daerah indonesia, seperti jawa, batak, bali, bugis dan lain-lain sehingga cocok bagi para manula yang kesusahan bahasa indonesia untuk belajar linux (*maksa :p). bagi anda yang memang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan blankon silakan mendaftar di situs resminya. saat ini release terakhir adalah Blankon rote. trus apa hubunganya dengan warnet, karena distro ini banyak digunakan di indoensia saya yakin banyak aplikasi-aplikasi billing warnet yang mendukung Blankon salah satunya adalah Billing Aura. yang dapat di download gratis.

BlankOn Linux Rote

BlankOn Linux Rote

Linux Mint : ini adalah distro yang paling saya sukai :p, kenapa saya pilih untuk user umum. sesuai sloganya linux mint , “From Free Come Elegant“, distro ini dedesign sedemikian rupa supaya tampil elegant. dengan pengguna yang cukup banyak dan dukungan forum yang mumpuni linux mint patut ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu pinter dan tidak terlalu katrok dalam menggunakan komputer. linux mint adalah turunan dari Ubuntu, versi terakhir adalah Linux Mint 14 : Nadia, yang menggunakan Desktop Mate dan dibuat dari ubuntu 12.10. di dalamnya telah terintegrasi office, multimedia, dan aplikasi-aplikasi untuk user umum. anda dapat menambahkan aplikasinya melalui software manager yang mana lebih mudah daripada package manajer bawa’an ubuntu. berikut ini tampilan desktop linux mint 14 : nadia milik saya.

Desktop Linux Mint 14 : Nadia komputer saya

Desktop Mate Linux Mint 14 : Nadia komputer saya

oke demikian pembahasan saya mengenai Distro Linux, pada dasarnya semua distro linux sama, yang membedakan hanyalah paket bawa’an yang ditujukan kepada siapa distro tersebut. jika anda telah memilih satu distro tertentu dan ingin melengkapi paketnya saya rasa semua distro bisa, cuma tinggal download aplikasinya aja yang harus punya internet yang agak sip :p. salam goblooge.

Comments

total comments