January 11, 2018 thumb Membuat Web Hook untuk Slack Part 4

pada bagian terakhir dari serial slack ini saya akan bahas bagaimana caranya mengirimkan langsung ke server slack dan bukan sekedar di echo di server local, untuk mengirimkanya data tersebut ke server slack yang perlu diperhatikan adalah url webhook seperti tulisan saya pada Membuat Web Hook untuk Slack Part 1. ingat catat baik-baik link url yang di generate.

oke sudah saya catat, kemudian apa yang harus dilakukan , sederhana sekali, jika diperhatikan baik-baik dalam source code class Slack.php pada tulisan ( Membuat Web Hook untuk Slack Part 3 ) , pada baris 139 ada tulisan URL HERE, url tersebut bisa diganti dengan url yang ada pada webhook.

Ganti URL HERE dengan URL yang sudah dicatat di settings webhook slack

Ganti URL HERE dengan URL yang sudah dicatat di settings webhook slack

kita hanya tinggal melengkapi file tersebut saja, atau ada opsi lain yang lebih mudah, yakni mengubah isi dari file slack_test.php yang mana langsung mengisikan di url webhook yang kita inginkan.

ganti URL_WEBHOOK_HERE dengan url asli dari slack.

ganti URL_WEBHOOK_HERE dengan url asli dari slack.

lalu apa yang harus dilakukan cukup load file slack_text.php dengan browser dan kita akan lihat apakah pengiriman pesan berhasil atau tidak. jika berhasil mestinya akan muncul pada slack (baik versi web maupun versi mobile ) pesan yang kita tuliskan tadi. sebagai contoh saya pun isikan URL_WEBHOOK_HERE dengan link url webhook milik saya dan ketika saya load, akan di browser, akan  muncul di pesan slack baik web maupun mobile.

Pesan yang telah berhasil dikirimkan.

Pesan yang telah berhasil dikirimkan.

seperti yang tampak ada pesan bahwa pesan telah berhasil dikirimkan pada slack sesuai dengan url webhook yang dimasukan. lalu bagaimana tampilan di slacknya sendiri. berikut ini adalah screenshotnya.

perhatikan yang paling bawah.

perhatikan yang paling bawah. pesan telah muncul pada slack.

perhatikan pada bagian yang paling bawah dari list message tersebut, tampak muncul pesan dari incoming-webhook yang mana berisikan data sesuai dengan yang kita kirimkan melalui webhook.

mungkin ada yang bertanya memangnya apa gunanya dari slack ini, banyak kegunaan yang bisa kita manfaatkan. sebagai contoh, saya adalah programmer dari simrs, tentu tidak bisa memaintenance atau mengawasi sistem selama 24 jam 7 hari, bisa legrek, maka dengan memanfaatkan slack ini, kita bisa mengirimkan data secara periodik ke slack tentang kondisi sistem, seperti load data, load processor dan lain sebagainya. dengan cara ini kita bisa mengetahui kinerja sistem walaupun tidak selalu mentelengi server. fungsi lain saya manfaatkan untuk error reporting, sehingga jika ada error di sistem petugas hanya cukup klik tombol slack dan akan masuk ke channel slack yang dipilih, sehingga team semua team bisa langsung tahu tanpa perlu saling konfirmasi.

Penerapan Error Reporting pada SIMRS, sehingga kami bisa lebih cepat dalam menangani masalah.

Penerapan Error Reporting pada SIMRS, sehingga kami bisa lebih cepat dalam menangani masalah.

oke untuk source code final dapat di download di Google Drive atau Dropbox. sampai jumpa pada tulisan saya berikutnya Okey Donkey, Salam Goblooge.

Comments

total comments