January 11, 2018 thumb Membuat Web Hook untuk Slack Part 2

tulisan ini adalah sambungan tulisan sebelumnya ( Membuat Web Hook untuk Slack Part 1 ).  pada tulisan sebelumnya sudah saya bahas bagaimana kita men-setup hook untuk slack, kali ini kita akan mempelajari bagaimana format data dari message Slack itu sendiri, sehingga kita bisa pahami bagaimana struktur data yang ada dalam slack.

slack menggunakan JSON untuk mengirim dan menerima data. dalam format JSON tersebut slack memiliki 3 format message, yakni basic, attatchment dan button. yang akan kita bahas disini adalah yang attachments, untuk basic menurut saya terlalu mudah, dan yang button mungkin akan lebih rumit karena harus membuat callback, sehingga saya ambil yang tengah-tengah yakni attachments. berikut ini contoh format message yang memakai attachment.

{
 "attachments": [
 {
 "fallback": "ini adalah text kecil untuk attachment",
 "color": "#36a64f",
 "pretext": "optional text agar muncul dibagian atas",
 "author_name": "Goblooge",
 "author_link": "http://goblooge.com/",
 "author_icon": "http://2.gravatar.com/avatar/e97fc2a3ba05c8638b471995fcce6767?s=40&r=g",
 "title": "Data Attachment",
 "title_link": "https://goblooge.com/",
 "text": "ini adalah text yang akan muncul sebagai data utama",
 "fields": [
 {
 "title": "Data 1",
 "value": "Tinggi",
 "short": true
 },{
 "title": "Data 2",
 "value": "Tinggi",
 "short": true
 },{
 "title": "Data 3",
 "value": "Rendah",
 "short": false
 }
 ],
 "image_url": "http://2.gravatar.com/avatar/e97fc2a3ba05c8638b471995fcce6767?s=40&r=g",
 "thumb_url": "http://2.gravatar.com/avatar/e97fc2a3ba05c8638b471995fcce6767?s=40&r=g",
 "footer": "Kiriman Data Goblooge",
 "footer_icon": "http://2.gravatar.com/avatar/e97fc2a3ba05c8638b471995fcce6767?s=40&r=g",
 "ts": 123456789
 }
 ]
}

perhatikan format attachments diatas, format ini berbentuk optional yang mana kita tidak harus memenuhi seluruh data. cukup pada area-area tertentu yang memang kita butuhkan. dalam satu message bisa terdiri dalam beberapa attachments, untuk setiap attachment bisa memiliki beberapa fields, setiap fields akan memiliki judul dan nilai (value) tertentu.

mungkin akan bingung dengan penjelasan diatas, tetapi sebenarnya fungsi dari masing-masing field itu  difungsikan sesuai keinginan karena hanya masalah tampilan. pada bagian fields, untuk satu field yang memiliki short true, maka akan ditampilkan menjadi dua dalam satu baris, sedangkan yang meiliki opsi short false akan ditampilkan satu per satu baris . berikut ini adalah contoh tampilanya dalam slack.

Tampilan Format Messege ketika sudah di Load di Slack.

Tampilan Format Messege ketika sudah di Load di Slack.

yang perlu dilakukan sebenarnya adalah simple, kita akan buat sebuah file php yang mana menghasilkan  format diatas dan kemudian string tersebut kita kirim ke url hook yang sudah disediakan oleh slack (baca : Membuat Web Hook untuk Slack Part 1 ). tapi saya sudah sediakan sebuah class yang mana akan mempermudah dalam percobaan kita kali ini, silakan lanjutkan ke tulisan berikutnya, saya akan jelaskan lebih detail mengenai class yang bisa kita pakai untuk mempermudah dalam membuat webhook di slack.

 

 

Comments

total comments