January 3, 2018 thumb Membuat Web Hook untuk Slack Part 1

pernah dengar slack, bukan slax operating system linux yang mini, bukan slack disini adalah sebuah aplikasi chat yang dikhusukan untuk enterprise. saya sudah pernah bahas bagaimana dan keunggulan dari slack ( Slack – Aplikasi Chat Khusus untuk Kerja ).

nah kali ini kita akan belajar bagaimana membuat sebuah cantolan supaya aplikasi kita bisa memberikan notif ke slack, istilah kerenya adalah webhook.  dengan webhook kita bisa membuat aplikasi kita berkomunikasi dengan dunia luar, dan menjadi aplikasi seolah multi platform.

pada dasarnya untuk membuat sebuah webhook sangat mudah, cukup buat sebuah wordspace di slack. dan buatlah sebuah channel, berikutnya tekan tombol setting, dan pilih add an app.

Pilih Add an App

Pilih Add an App

akan berpindah ke sebuah page dimana kita bisa menghubungkan dengan bermacam-macam apps, tapi karena kita hendak membuat webhook sendiri, maka kita pilih webhook, pada tombol search aktikan webhook dan autocomplete akan muncul, pilih incoming webhooks.

Cari Web Hook dan pilih web hook sesuai keinginan

Cari Web Hook dan pilih web hook sesuai keinginan

akan muncul halaman incoming webhook, jika belum diinstall silakan klik tombol install, kemudian setelah selesai install cukup tekan tombol add configuration.

install dahulu, jika sudah pilih add configuration.

install dahulu, jika sudah pilih add configuration.

pilihlah sebuah channel yang mana nantinya setiap informasi dari webhook akan di posting di channel tersebut, pilih saja salah satu channel. biasanya by default kalau baru bikin akan ada channel bernama general. jika sudah tekan tombol add incoming webhook integation.

pilih channel-nya kemudian klik add incoming webhook integration

pilih channel-nya kemudian klik add incoming webhook integration

akan muncul halaman lain, disini kita bisa akan mengatur icon apa yang digunakan, pilih customize name, sesuai keinginan anda. bila perlu tambahkan icon sesuai kebutuhan anda. kalau sudah cukup di klik save dan semua setup tersimpan. yang perlu diperhatikan adalah webhook url. catat baik-baik url ini. yang mana nantinya akan kita jadikan tempat untuk melakukan hook pada aplikasi kita.

silakan ganti dan setup , catat baik-baik webhook url-nya.

silakan ganti dan setup , catat baik-baik webhook url-nya.

oke ini adalah bagian pertama, sekarang kita setup untuk membuat aplikasi webnya sehingga bisa dengan sendirinya terposting di channel yang sudah ditentukan. untuk kelanjutanya akan saya posting pada tulisan berikutnya. Salam Goblooge.

Comments

total comments