March 23, 2014 thumb Membuat Startup Disk lebih besar dari 4GB

Ubuntu Live USB mungkin sudah banyak yang tahu apa itu Ubuntu Live USB. biasanya dibuat kalau kita ingin supaya system ubuntu kita bisa boot lewat USB. salah satu aspect penting dari Ubuntu live usb adalaha adanya Persistent Storage, yang mana akan menyimpan seluruh settings dan data kita pada Ubuntu Live USB. namun satu kelemahan dari Ubuntu Live USB adalah maksimum Persistent Storage-nya adalah 4GB hal ini dikarenakan file casper-rw yang merupakan file yang menyimpan seluruh settings maksimal berukuran 4GB karena File System Fat32 dari Ubuntu Live USB yang dipakai adalah 4GB. tapi jangan khawatir ada cara untuk membuat bagaimana supaya persistent storage ini dapat meningkat menjadi sesuka hati kita.

sebagai contoh saya menggunakan Linux elementary OS 2.0 dengan sebuah Flashdisk berukuran 32 GB. dalam settings saya ini, saya ingin agar 16 GB untuk Data, dan 16GB untuk Ubuntu Live USB. maka saya melakukan partisi pada USB dengan gparted sebagai berikut :

  • pertama, buat partisi 16 GB dengan filesystem NTFS atau FAT32 dan beri label sesuka anda pastikan partisi ini berada tepat pertama karena nantinya akan dibaca oleh windows.
  • kedua, buat sebuah partisi berukuran minimal 1.5 GB dan gunakan filesystem FAT32. beri label eOS (atau terserah), partisi ini nantinya akan kita gunakan untuk menyimpan system dari ubuntu live usb.
  • ketiga, buat sebuah partisi sisanya yang mana ingin saya pakai sebagai media persistent storage. beri label casper-rw (wajib) dan format dengan filesystem ext4 (wajib).
Bagi Menjadi 3 Partisi

Bagi Menjadi 3 Partisi

jika sudah maka Flashdisk anda siap untuk dibuat Ubuntu Live USB. ikuti langkah berikut :

  • buka program Startup Disk Creator.
  • pada disk image, silakan pilih iso-nya.
  • pada disk to use, pilih partisi kedua yang kita buat tadi (1.5GB) dalam contoh ini, bernama eOS.
  • jangan lupa centangi “store in reserved extra space” dan geser ke yang paling minimum.

    membuat ubuntu live usb

    membuat ubuntu live usb

  • setelah itu klik pada “Make Startup Disk” dan tunggu hingga proses selesai.

    Tunggu hingga selesai

    Tunggu hingga selesai

  • setelah proses selesai, buka partisi kedua yang tadi kita bikin melalui explorer dan cari file bernama casper-rw. hapus file ini karena nantinya akan digantikan oleh partisi ketiga yang kita buat (yang tadi kita beri nama casper-rw).

    Hapus FIle casper-rw di partisi eOS

    Hapus FIle casper-rw di partisi eOS

  • selesai, sekarang semua settings persistent storage anda akan dipindahkan ke partisi casper-rw yang kita buat tadi, besarnya kapasistas persistent tergantung dari partisi casper-rw yang kita buat tadi. dalam contoh saya, sekitar 14GB persistent storage-nya.

oke demikian yang bisa saya sharing, kalau ada yang mau mengoreksi atau menambahkan silakan, salam goblooge.

 

Comments

total comments