February 28, 2018 thumb Membuat Remote Server Linux menggunakan Line Chat – Terminal Chat

Menyambung tulisan sebelumnya ( Membuat Remote Server Linux menggunakan Line Chat – Copy Chat ), sebuah aplikasi chat bot yang hanya bersifat copy chat memang kurang bermanfaat. untuk itu kita akan coba melakukan sedikit trik bagaimana caranya untuk mengubah Line Chat menjadi aplikasi untuk Remote Terminal Linux. sama seperti tulisan sebelumnya, yang perlu kita lakukan tak lebih hanyalah mengubah sedemikian rupa response dari local server supaya bisa mengeksekusi perintah terminal tertentu, sehingga yang perlu kita ubah tak lain hanyalah file index.php yang kemarin kita miliki.

untuk bisa melakukan execute terminal linux, yang perlu kita lakukan adalah mengubah file index.php menjadi sebagai berikut ini.

<?php
require_once __DIR__ . '/LineBot.php';
try{
    ini_set('display_errors', 1);
	ini_set('display_startup_errors', 1);
	error_reporting(E_ALL);
    $body = file_get_contents('php://input');
    if($body!=null){
        $bot    = new LineBot();
        $text   = $bot->getText();
        $hasil=shell_exec ( $text );
        $bot->response($hasil);
    }
    
}catch(Exception $e){
    echo $e->getMessage();
}
?>

dengan perintah shell_exec maka setiap perintah yang atau chat yang masuk ke server bisa dengan mudah kita execute sehingga bisa digunakan untuk melakukan eksekusi perintah terminal linux, misalnya ls, dst. tetapi yang perlu diingat karena ini hanyalah satu langkah tidak bisa dipakai untuk execute program atau perintah yang sifatnya interaktif sepert top atau htop. karena sekali lagi fitur ini hanya akan mengekseskusi perintah yang sifatnya satu step misalnya ls, cp, dst.

hasil dari percobaan diatas bisa dilihat pada screenshot line milik saya, tampak saya bisa melihat status server mulai dari disk usage (du -sh) hingga melihat OS dari Linux yang dipakai.

Hasil Eksekusi Perintah Terminal Linux

Hasil Eksekusi Perintah Terminal Linux

Selain Messege yang berbentuk Text Line juga menyediakan Message daam bentuk Template sehingga user bisa dengan mudah membalas perintah hanya dengan melakukan klik pada menu yang telah disediakan. berikut ini adalah contoh dari Template Message.

Advance Message, kita bisa membuat reply messege dalam bentuk User Interface.

Advance Message, kita bisa membuat reply messege dalam bentuk User Interface.

kesimpulanya, tentu aplikasi yang kita bangun ini jauh dari sempurna, tetapi ini adalah langkah awal untuk bisa melakuka eksplorasi pada fitur Chat Line. sebagai contoh explorasi yang saya lakukan adalah saya membuat sebuah fitur yang saya gabungkan dengan Sistem Informasi Rumah Sakit yang saya bangun, sehingga user dapat melihat dan mengecek kamar kosong beserta tarif kamat dari Rumah Sakit tersebut langsung dari Line miliknya. oke sampai jumpa pada tulisan berikutnya Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments