February 19, 2018 thumb Membuat Remote Server Linux menggunakan Line Chat – Preview

pasti semuanya sudah paham dengan yang namanya, line chat, iyup aplikasi bikinan jepun satu ini memang memiliki seabrek fitur yang menarik. salah satunya adalah tersedianya API untuk developer sehingga developer bisa dengan mudahnya membuat sebuah sistem yang terhubung langsung dengan Line. dahulu saya pernah punya keinginan untuk menggabungkan sistem dengan Whatsapps tapi sayangnya whatsapps tidak menyedia API untuk para developer, sehingga sama sekali tidak bisa digunakan.

nah untungnya ada Line menyediakan seabrek fitur yang memungkinkan kita untuk menggabungkan aplikasi web dengan chat di Line, bahkan bisa saya katakan , mungkin sudah pernah ada yang baca tulisan saya tentang Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Preview yang berseri mulai dari prevew sampai selesai. iyup yang akan kita lakukan disini sama persis dengan yang ada dalam Facebook, cuma beda platform saja.

fungsinya untuk apa , sekali lagi fungsinya bisa untuk macam-macam semisal dengan fitur ini kita bisa memindai bahkan menampilkan berbagai macam status server, atau bahkan mungkin kita bisa gunakan fitur ini untuk mengganti sms gateway yang sudah mulai redup (maish banyak vendor sih yg pakai sms gateway, cuma tidak seramai pas jaman berjayanya 2G Network dahulu, karena sekarang sudah bergeser ke 4G, kecuali untuk daerah yang agak antah-berantah yang masih belum kebagian jaringan 4G).

untuk tahapan pembuatan tutorial ini saya bagi menjadi 6 Tahap :

oke nanti kita bahas satu-satu dulu, untuk itu jangan lupa pantengin terus Blog ini insya Allah tulisan akan saya sambung di lain waktu. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments