March 30, 2018 thumb Membuat Package Aplikasi Java Desktop – Jar to Exe dengan Launch4J

salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh para Programmer Java Desktop (J2SE), adalah masalah packaging aplikasi miliknya. pada dasarya aplikasi java yang ber-extensi .jar sudah siap dipakai tetapi tentu saja mendistribusikan aplikasi dalam bentuk .jar menjadi kurang menarik, terutama untuk pengguna windows. nah kali ini saya ingin sedikit share tulisan tentang bagaimana melakukan packaging aplikasi java yang mana akan kita ubah menjadi .exe dan pada akhirnya bisa kita ubah pula menjadi sebuah installer yang siap untuk di distribusikan.

jar to exe dengan Launch4J

yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengubah aplikasi jar menjadi aplikasi exe. sebenarnya yang dilakukan cukup sederhana, kita hanya butuh aplikasi .exe yang mana memanggil perintah java -jar nama_aplikasi.jar. sebagai contoh saya memiliki sebuah apliaksi bernama SynchThread.jar untuk fungsinya apa, saya tidak jelaskan karena itu bukan bagian dari tulisan ini.

yang pertama harus dilakukan adalah men-download aplikasi launch4j silakan download. Launch4J adalah aplikasi java yang bisa berjalan baik di linux maupun di windows. sebagai contoh saya mengambil yang versi linux. yang perlu dilakukan adalah extract launch4J kemudian buka folder hasil extract dan jalankan file Launch4j.jar.  jika terjadi error akibat tidak ditandai sebagai executable, buka terminal dan jalankan chmod.

# cd /home/goblooge/download/launch4j
# chmod 777 launch4j.jar  
# java -jar launch4j.jar

hal yang harus diingat launch4j membutuhkan jre untuk bisa berjalan. kalau sudah muncul tampilan launch4j berikut ini yang harus disiapkan.

  • siapkan aplikasi java jar yang mana ingin kita wrapper mejadi .exe. sebagai contoh saya adalah SynchThread.java
  • masukan semua resource dari aplikasi tersebut , seperti image, sound dan lain sebagainya dalam satu folder. (maksud saya ssatu folder termpatkan satu tempat dengan aplikasi javanya, ,jika dalam aplikasi anda menggunakan folder utnuk menyimpan resource , maka copykan folder tersebut satu tempat dengan aplikasi java). sebagai contoh saya hanya menggunaan satu file untuk GUI dan tampilanya, yakni mycon.png
  • sediakan satu file ber-extensi.ico yang mana nantinya akan menjadi icon bagi file .exe milik kita. ingat filenya harus benar-benar file icon, bukan file png yang di rename menjadi ico.
  • setelah itu jalankan launch4j

jika semua aplikasi sudah siap, catat baik-baik lokasi file tersebut. sebagai contoh milik saya ada di /home/goblooge/Documents/ nantinya akan kita masukan semua file tersebut dalam dalam setup launch4j. jalankan launch4j dan lakukan hal berikut :

  • pada bagian Tab Basic lakukan sebagai berikut :
    • Output file : beri nama file .exe kita nanti, sebegai contoh saya beri nama SynchTread.exe sehingga saya ketikan /home/goblooge/Documents/SynchThread.exe.
    • Jar : pada bagian ini gunakan chooser untuk mengambil file jar yang mana yang akan kit awrapping dan ubah menjadi sebuah file .exe. sebagai contoh file SynchThread.jar sehingga saya ketika /home/goblooge/Documents/SynchThread.jar.
    • pada bagian icon, bisa buka menggunakan filechooser, atau ketikan mana file icon yang nantinya akan kita ubah menjadi icon bagi SynchThread.exe, milik saya saya isi dengan  /home/goblooge/Documents/mycon.ico.
Tahap Pertama - Setup Aplikasi

Tahap Pertama – Setup Aplikasi

  • buka tab JRE dan lakukan input parameter sebagai berikut ini
    • Min JRE Version : pada bagian ini kita akan tuliskan versi JRE minimal untuk menjalankan aplikasi milik kita,  sebagai contoh saya ketikan 1.0.0
Tahap kedua - Settings JRE

Tahap kedua – Settings JRE

  • kemudian klik tombol save pada bagian atas, untuk menyimpan setting dari aplikasi yang kita miliki.
save settings ini dan kemudian tekan tombol BuildWrapper tombol gear sebelah atas.

save settings ini dan kemudian tekan tombol BuildWrapper tombol gear sebelah atas.

  • klik tombol gear untuk melakukan BuildWrapper. sehingga aplikasi kita telah menjad .exe. bisa kita cek dalam folder  /home/goblooge/Documents/ telah muncul sebuah file bernama SynchThread.exe.

oke tahap satu untuk membuat packaging aplikasi java telah selesai, berikutnya adalah membuat installer. yang mana installer ini akan memberikan kemudiahan pada user akhir dari aplikasi milik kita nanti. untuk membuat pacakging setiap operating system memiliki metode sendiri-sendiri sesuai dengan kebutuhan system tersebut. untuk itu pada tulisan berikutnya akan saya bahas bagaimana membuat packaging aplikasi di windows (karena sebagian besar pengguna adalah windows). oke sampai jumpa pada tulisan berikutnya, Salam Goblooge.

Comments

total comments