April 13, 2018 thumb Membuat Pacakaging Aplikasi Java dengan InnoSetup

kita telah membuat file .exe dari sebuah file .jar ( Membuat Package Aplikasi Java Desktop – Jar to Exe dengan Launch4J ), nah sekarang kita akan buat pacakage installer untuk aplikasi milik kita , sehingga nantinya jika kita ingin disebar ke berbagai pengguna. sebegai contoh saya memiliki sebuah file .exe dalam sebuah folder tertentu lengkap dengan resource-resource miliknya. yang harus kita lakukan tak lebih menjadikan file-file tersebut dalam satu folder (misanya InstallerSynchThread). pastikan juga, aplikasi dapat berjalan dengan baik ketika di run dari folder yang bersangkutan.

jika sudah selesai, maka yang harus kita lakukan adalah mendownload innoSetup disini. setelah install dan jalankan seperti biasa. beirkut ini step-step untuk membuat sebuah file installer untuk aplikasi .exe milik kita.

  • setelah itu jalankan InnoSetup. pada saat pertama kali membuka, akan muncul Dialog, centang pada “Create a New Script File Using the Script Wizard” . sehingga akan memandu kita untuk membuat file .iss. yang mana file tersebut berarti installation script.
  • klik next dan ikuti panduan berikutnya, disini kita akan mengisi data detail mengenai aplikasi seperti versi dll. isi sesuka anda ,  kemudian klik Next.
  • Selanjutnya kita akan dihadapkan pada pilihan Folder dari aplikasi , Misalnya dalam kasus Saya, dimasukan dalam folder “Program and File” dan akan diberi nama folder SynchThread. kemudian klik next lagi.
  • kemudian kita akan diminta untuk memasukan aplikasi, klik browse dan cari dimana folder aplikasi kita simpan (InstallerSynchThread), ingat aplikasi haruslah berextensi .exe. centang pada “Allow User Start Application After Setup Has Finished“. kemudian pada bagian Other Aplication File, Browse dan masukan semua file dan folder yang menjadi dependensi dari aplikasi milik kita (contoh milik saya adalah InstallerSynchThread, maka semua isi folder tersebut saya include dalam aplikasi ini), kemudian klik next.
  • disini akan ada beberapa opsi, piih sesuai keinginan, tapi berhati-hatilah, jika anda memang tidak ingin user membuat berbagai macam opsi , kosongkan saja semua. kemudian klik next.
  • berikutnya dalah license penggunaan , jika anda memang ingin membuat beberapa aturan license include-kan disini, tetapi jika tidak, silakan kosongkan saja semuanya. kemudian klik next.
  • kemudian adalah bahasa dari Installer, semkain banyak akan semakin bengkak ukuran installer, tetapi semakin baik, sebagai contoh saya hanya pilih yang bahasa inggris saja.
  • berikutnya adalah menambahkan custom icon, kita bisa menambahkan beberapa custom icon untuk installer, biasanya saya akan membuat icon installer sama dengan icon aplikasi. klik next.
  • done, kita telah membuat file .iss kemudian yang harus kita lakukan adalah me-compile script tersebut. klik oke untuk melakukan kompilasi. setelah menunggu beberapa saat maka file installer akan siap dipakai. silakan dicoba dengan klik dua kali file SynchTreadSetup.exe.

sebenarnya banyak opsi yang bisa ditambahkan dalam sebuah file .iss, seperti membuat sebuah program dapat running ketika startup, silakan dipelajari lebih lanjut cara membuat auto start program menggunakan installer. Salam goblooge.

Comments

total comments