December 18, 2016 thumb Membuat Menu di Openbox

oke ini adalah tulisan berikutnya tentang openbox, ya seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya openbox memiliki segudang fitur yang mana harus di atur sendiri oleh usernya, salah satunya adalah menu yang ada di openbox. saya tidak membahas tentang pemanfaatan dari obmenu, karena obmenu terlalu manual untuk membuat sebuah menu. yang ingin bahas adalah obmenu-generator, buatan trizen.

untuk meng-install obmenu-generator tidak ada paket untuk debian, kalaupun ada saya tidak mendapatkanya dari ubuntu, untuk itu sebaiknya kita compile langsung dari source code. berikut ini adalah code untuk melakukan instalasi obmenu-generator. karena di host di github, tentu akan clone dari github dan pastikan di komputer linux sudah ter-install git.

git clone git://github.com/trizen/obmenu-generator
sudo cp obmenu-generator/obmenu-generator /usr/bin
sudo cp -r obmenu-generator/schema.pl ~/.config/obmenu-generator/
sudo cpanm Linux::DesktopFiles
sudo cpanm Data::Dump
sudo chmod 777 /usr/bin/obmenu-generator

setelah itu kita tinggal jalankan obmenu-generator yang mana akan secara otomatis mendeteksi aplikasi apa saja yang terinstall di komputer kita berikut dengan icon pun akan di-generate olehnya.

obmenu-generator -p -i

setelah perintah ini dijalankan coba kembali ke desktop dan klik kanan desktop openbox kita, dan fuala. secara otomatis semua aplikasi yang sudah terinstall akan muncul di menu tersebut tanpa perlu repot-repot melakukan edit manual file config menu dari openbox yakni .config/openbox/menu.xml. berikut ini hasilnya.

hasil generate dari Obmenu Generator

hasil generate dari Obmenu Generator

jika tidak ingin ada icon cukup membuang parameter -i pada saat memanggil obmenu-generator. berikut ini contohnya.

obmenu-generator -p

dan hasilnya bisa dilihat dengan melakukan klik kanan pada desktop openbox. trik ini akan membuat openbox menu berubah mengikuti perubahan aplikasi kita. sehingga ketika kita menambah atau mengurangi sebuah aplikasi dengan sendirinya menu aplikasi dari openbox akan menyesuaikan. inilah yang disebut dengan dynamic.

tetapi terkadang, obmenu-generator tidak dapat mendeteksi aplikas-aplikasi yang tersembunyi seperti Android Studio. sehingga kita butuh menambahkan sendiri, yang berarti kita butuh supaya obmenu generator melakukan generate file menu secara static bukan dynamic. dengan cara ini kita bisa mengutak-atik file menu sesuai keinginan kita, seperti menambahkan Android Studio yang mana berada dalam folder /opt/.

untuk membuat menu static pada obmenu-generator, cukup klik kanan desktop pilih Advance Setting -> obmenu-generator ->  generate static menu with icons. jika kebetulan ingin adanya icon, kalau tidak bisa memilih generate static menu. generate pipe menu jika kita ingin supaya obmenu membuat dynamic (namanya pipe karena memang menu.xml di pipe kedalam sebuah script python).

Mengatur Menu Generate Obmenu-generator

Mengatur Menu Generate Obmenu-generator

kemudian tinggal kita edit file config/openbox/menu.xml. saya menambahkan sendiri sebuah baris untuk menampilan ide android. berikut ini kodenya.

<item icon="/opt/android-studio/bin/studio.png" label="Android"><action name="Execute"><execute>/opt/android-studio/bin/studio.sh</execute></action></item> 

kemudian saya logout dan login lagi. fuala, Android Studio sudah muncul di menu openbox milik saya. pastikan peletakan item dari menu yang ingin kita tambahkan sesuai dengan menu.xml anda. oke demikian yang bisa saya bagi kali ini. pada tulisan berikutnya akan saya lanjutkan cara menambahkan berbagai aplikasi pada system tray panel dan tool-tool lain yang ada dalam openbox yang mana bisa sangat membantu ketika kita multitasking. jadi tunggu tulisan berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments