August 2, 2017 thumb Membuat Kamera Android Sebagai Web Cam Komputer Secara Wireless

IP Web Cam yang sedang aktif berjalan di android

IP Web Cam yang sedang aktif berjalan di android

sebelum mulai menggunakan ada beberapa hal yang harus dipenuhi.

  • koneksikan android dan handphone dalam satu wireless router  (cara paling mudah)
  • atau koneksikan android ke pc menggunakan virtual router.
  • atau koneksikan android ke PC dengan shared wifi network (butuh root di android)

setelah komputer dan HP android terkoneksi silakan download aplikasi ip webcam di playstore. dan ikuti langkah berikut ini.

  • buka aplikasinya
Aplikasi IP Cam di Android

Aplikasi IP Cam di Android

  • disini kita bisa mengakses model, pasword, kualitas gambar dan lain sebagainya. default setting menurut saya sudah cukup. scroll sampai ke bawah.
  • pada bagian paling bawah akan muncul tulisan “Start Server” nah klik bagian itu.
  • ip webcam akan memulai cameran dan memulai streaming. ada sebuah alamat ip yang disertai port disana. catat baik-baik alamat ip dan port ini. (biasanya portnya adalah 8080), sebagai contoh milik saya adalah 192.168.1.5 dengan port 8080.
  • sekarang coba buka browser dan ketikan alamat IP tersebut. jika tampil atau muncul tampilan setup ip webcam, berarti sudah terkoneksi dengan baik.
Tampilan Web IP Cam di browser

Tampilan Web IP Cam di browser

walaupun sudah terkoneksi dengan baik, bukan berarti sudah bisa langsung digunakan. untuk bisa menggunakan camera dengan aplikasi seperti skype, maka ada driver yang harus diinstall. untuk windows cukup download dan install driver-nya.  sedangkan untuk linux kita butuh sebuah script shell yang mana harus kita jalankan setiap kali kita akan memakai ipwebcam, script dapat di download di github https://github.com/bluezio/ipwebcam-gst/blob/master/prepare-videochat.sh.

File prepare-videochat.sh siap dijalankan

File prepare-videochat.sh siap dijalankan

kalau sudah dapat buka terminal dan tuju dimana folder file prepare-videochat.sh berada. kemudian kita chmod supaya bisa di eksekusi.

chmod 777 ./prepare-videochat.sh

setelah itu kita harus mengubah file tersebut sesuai dengan alamat ip dan port hp kita tadi. buka filter tersebut dengan text edtor lalu cari opsi WIFI_IP, ketika saya cari menggunakan text edito, opsi ini ada pada baris ke 152. isi dengan opsi WIFI_IP dengan ip yg kita catat tadi (kasus saya 192.168.1.5) kemudian jalankan perintah untuk menjalankan file tersebut.

./prepare-videochat.sh
Video Stream Telah Berjalan

Video Stream Telah Berjalan

tunggu beberapa saat,  akan muncul konfirmasi, cukup klik ok atau yes saja. setelah itu otomatis system akan memberitahukan bahwa webcam siap dipakai. setiap kali kita akan menggunakan IP Web Cam maka script ini harus di run sebagai sebuah service. sebagai contoh saya menggunakan vlc untuk melihat stream dari kamera saya.

Mengakses Web Cam melalui Browser dengan link 192.168.1.5:8080/video

Mengakses Web Cam melalui Browser dengan link 192.168.1.5:8080/video

saya juga menggunakan aplikasi webcam seperti cheese (untuk gnome) dan kamerka (untuk kde), dan streaming baik suara maupun video berjalan dengan baik.

 

Streaming menggunakan aplikasi kamerka (video cam di KDE)Streaming menggunakan aplikasi kamerka (video cam di KDE)

oke sampai disini dahulu tulisan saya, pada tulisan berikutnya akan saya bahas tentang bagaimana caranya untuk melakukan hal yang sama tetapi tidak menggunakan wireless, melainkan kabel USB sehingga koneksinya jauh lebih cepat. kelanjutan tulisanya ada di Membuat Kamera Android Sebagai Web Cam Komputer dengan Kabel USB. silakan di lanjut, Okey Donkey salam goblooge.

Comments

total comments