February 3, 2018 thumb Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Facebook Challenge Test

oke sekarang kita lanjutkan postingan saya yang sebelumnya Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Connect dengan Server Facebook lewat Ngrok. kali ini kita akan setup facebook dan melakukan test apakah facebook berhasil untuk terkoneksi dengan sistem yang telah kita buat.

kembali ke https://developers.facebook.com/  sekarang kita akan setup lagi facebook apps yang telah kita buat, masih ingat dengan apps yang kita buat. sebagai contoh milik saya adalah Chat Bot, dengan page BEgoer, yang perlu saya lakukan sekarang adalah masuk ke apps chat bot kemudian memilih menu Messengger. selajutnya geser ke bawah sampai ketemu dengan section webhook.

pada bagian ini kita klik pada tombol setup webhook. akan muncul Dialog box New Page Subscription,  pada bagian Call Back URL masukan sesuai dengan url ngrok yang kita dapatkan pada tulisan sebelumnya, sebagai contoh punya saya adalah https://0a5710d8.ngrok.io/fbot/fbot_action.php. pada bagian verify token ketikan goblooge_fbot sesuaikan dengan verify token yang sudah kita set di source code. pada subscription field centang pada message, yang mana kita akan subscript pada message yang masuk ke page ke server local milik kita.

 

Pastikan Setup Benar

Pastikan Setup Benar

kemudian klik tombol verivy and save dibagin bawah, jika berhasil mestinya akan muncul bahwa setup telah berhasil, jika tidak akan muncul tanda silang yang mana ada setup yang masih salah dibagian source code ( coba download source code sekali lagi, mungkin source code milik saya ada yang salah, beberapa waktu sempat saya update ). silakan download di Google Drive atau Dropbox.

 jika sudah berhasil sekarang kita harus subscribe page yang ada sehingga page tersebut bisa kita test. cukup klik tombol subscribe, sekali lagi yang paling penting adalah access token, jika access token pada bagian Page Access Token kosong maka anda harus membuat acces token lagi, caranya cukup pilh Page yang mau dipakai sebagai testing, nanti access token akan muncul , copy dan pastekan pada source code yang sudah di download tadi.

pastikan Access Token benar, dan Webhook tersetup dengan benar, jangan lupa subscribe agar bisa melakukan testing

pastikan Access Token benar, dan Webhook ter-setup dengan benar, jangan lupa subscribe agar bisa melakukan testing

jika sudah saatnya untuk testing, silakan kunjungi facebook page yang telah kita buat, sebagai contoh milik saya adalah BEgoer yang beralamat di https://www.facebook.com/BEgoer-382729762165842/notifications/. sekarang saya coba melakukan chat dengan admin page ini (yang sebenarnya saya sendiri, tetapi kali ini akan diteruskan ke local server kita dan local server akan membalas dengan sebuah pesan yakni “Hallo Balasan..!!!” ). hasilnya seperti dibawah ini.

pada testing kali ini apapun yang kita ketikan akan muncul kata-kata “Hallo Balasan…!!!” tentu ini tidaklah berguna untuk kita, tetapi dengan ini kita sudah bisa menghubungkan antara server local kita dengan chat facebook, sisanya tinggal main kreativitas kita untuk memberikan balasan yang berbeda sesuai dengan inputan chat yang dimasukan oleh user.

Success Koneksi Chat Bot Facebook dengan Local Server , tinggal sedikit kreativitas dimainkan.

Success Koneksi Chat Bot Facebook dengan Local Server , tinggal sedikit kreativitas dimainkan.

oke lalu bagaimana caranya kita bikin chat bot untuk melakukan remote access komputer kita? tenang, akan saya lanjutkan pada tulisan yang paling akhir karena akan mengubah sedikit source code yang sudah kita miliki. jadi tunggu tulisan berikutnya di web ini Okey Donkey dan Salam goblooge.

Comments

total comments