January 19, 2018 thumb Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Facebook Apps

oke lanjutan tulisan Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Fans Page, kali ini akan saya bahas untuk setup fans page tersebut agar aktif fitur chat bot-nya. yang perlu kita lakukan adalah menambahkan sebuah facebook apps yang nantinya akan menjadi webhook untuk aplikasi chat bot milik kita.

pertama buka halaman https://developers.facebook.com/apps,  kemudian tekan tombol create facebook apps.

tekan tombol create facebook apps.

tekan tombol create facebook apps.

setelah itu akan muncul pemintaan nama apps, ketik saja Chat Bot atau apapun sesuka anda, yang penting memudahkan. klik lanjut dan anda akan diminta untuk memasukan captcha, untuk membuktikan bahwa anda adalah manusia.

Beri nama Apps Milik Kita

Beri nama Apps Milik Kita

setelah itu anda akan dibawa ke halaman setup Facebook Apps, pada bagian Select Product, pilih Facebook Messengger dengan menyorot bagian tersebut dan pilih setup. kemudian facebook akan membawa kita ke setup Messengger Apps.

Pilih Product

Pilih Product Messengger

kemudian geser sampai ketemu pada bagian Token Generation, pada Bagian Page, pilih BEgoer (atau nama fans page yang kita bikin pada pembahasan sebelumnya – Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Fans Page ). kemudian anda akan muncul pop up tentang security, cukup klik continue saja dan akan muncul sebuah text panjang pada bagian Page Acces Token. catat baik-baik kode tersebut, simpan ditempat lain dulu, string panjang dan tidak jelas ini disebut dengan Access Token.

Siapkan Access Token.

Siapkan Access Token.

oke sampai disini untuk maslaah Access Token Telah Selesai. sebenarnya ada satu lagi yang belum yakni Web Hook, tetapi kita tidak dapat mensetupnya sampai server kita siap. untuk itu lanjut dulu ke bab berikutnya tentang Ngrok.

Comments

total comments