February 3, 2018 thumb Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Connect dengan Server Facebook lewat Ngrok

setelah sekain lama nggak nge-blog karena banyaknya aktivitas kerjaan yang menumpuk, akhirnya bisa juga melanjutkan menulis. setelah setup local server selesai ( Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Setup Local Server ), kali kita akan akan menghubungkan facebook dengan server local milik kita.  hal yang perlu diperhatikan adalah server facebook harus menggunakan protocol https untuk bisa bekerja, sehingga dalam hal ini kita harus membeli SSL certificate yang mana tentu saja harus keluar budget. selain itu kita juga harus menggunakan web domain yang mana bisa diakses langsung dari luar, jadi kalau kebetulan anda menggunakan proxy server, kemungkinan tidak bisa dipakai untuk connect dengan server facebook.

tapi jangan berkecil hati, untungnya ada ngrok, apa itu ngrok ? adalah sebuah penyedia layanan SSL gratis yang mana bisa dipakai untuk real website ataupun testing site. yang perlu kita lakukan tak lebih hanya perlu menginstall ngrok dan akan mendapatkan sebuah url acak yang mana nantinya facebook akan mengakses local server kita dari url tersebut.

hal ini tentu sangat cocok bagi kita yang ingin testing aplikasi sebelum nantinya benar-benar di deploy ke server betulan. ngrok tersedia dalam berbagai platform mulai dari Windows , Linux dan Mac, sehingga tidak perlu khawatir masalah kompatilibitas. cukup download ngrok di situs resminya, https://ngrok.com/download.

sebagai contoh saya menggunakan linux, sehingga yang perlu saya lakukan hanyalah meng-extract folder hasil download ke directory tertentu dan menjalankan ngrok dengan perintah

./ngrok http 80

Setup Ngrok untuk Tunneling, terlihat ngrok sudah berjalan , perhatikan semua urlnya, semuanya berguna.

Setup Ngrok untuk Tunneling, terlihat ngrok sudah berjalan , perhatikan semua urlnya, semuanya berguna.

yang mana ngrok diperintahkan untuk melakukan tunnel pada folder local web saya, yakni /var/www/html/. akan muncul seperti gambar dibawah. yang perlu diperhatikan adalah urlnya. sebagai contoh milik saya adalah https://0a5710d8.ngrok.io ingat harus pakai yang https karena facebook hanya mau menerima protocol https.

jikalau dibutuhkan ngrok bisa menampilkan proses request dan response antara server milik kita dengan server ngrok. jika ingin mencoba coba ketikan http://127.0.0.1:4040, di browser (sesuaikan dengan output ngrok, terkadang memiliki port yang berbeda).

jika sudah muncul yang seprti ini berarti ngrok sudah berjalan dengan baik.

jika sudah muncul yang seprti ini berarti ngrok sudah berjalan dengan baik.

web interface ini dinamakan ngrok inspect, nantinya setiap request yang keluar masuk dari ngrok ke server kita dapat dilihat melalui web interface ini.  taruhlah kita mau mencoba untuk melihat bagaimana cara kerja ngrok, kita memiliki sebuah folder fbot di /var/www/html/ yang mana didalamnya ada file fbot_action.php, sehingga diperoleh url lengkap  https://0a5710d8.ngrok.io/fbot/fbot_action.php. coba masukan url ini di google translate dan lihat apa yang terjadi di ngrok web interface (http://127.0.0.1:4040). request dan response akan ditampilkan data raw-nya. ingat result dari sistem kita ini masih kosong, jadi kemungkinan tidak akan muncul apapun di halaman google translate. kita hanya ingin melakukan test apakah ngrok sudah berjalan dengan baik atau tidak.

oke sampai disini dulu untuk tutorial ngroknya, sebenarnya ngrok juga bisa dipaka untuk berbagai keperluan seperti testing response dan request jika kebetulan anda ingin membuat sebuah web server atau Web API service. untuk berikutnya kita akan koneksikan antara facebok dengan ngrok dengan menggunakan facebook chalenge test. jadi tetap pantau di web ini, Okey Donkey dan  Salam Goblooge. tulisan selanjutnya ada di Membuat Facebook Messengger Chat Bot – Facebook Challenge Test.

 

Comments

total comments