September 19, 2013 thumb Memblokir Situs Tertentu Pada Android Tanpa Aplikasi Apapun

salam, kali ini saya ingin sekedar sharing sedikit tentang yang saya ketahui. yup, kita akan mencoba memblokir situs-situs tertentu di android langsung dari system android-nya tanpa software apapun. yang akan kita lakukan disini adalah mengubah file hosts yang ada di android. untuk menggunakan file tersebut yang pertama harus dipenuhi adalah android anda harus sudah ter-root, karena kita akan main-main dengan system android.  kedua anda harus punya kabel yang menghubungkan android ke PC (sebenarnya nggak harus pakai PC kalau anda tahu konsepnya) dan dikomputer anda harus sudah ter-install Android Debug Bridge (ADB) silakan download di internet banyak, mau versi linux, windows, dan Mac ada semuakalau sudah siap, OK ready, kita jalankan (Warning : saya tidak bertanggung jawab jika HP anda rusak, dan jika anda ngomel ke saya karena mencoba tutorial ini, saya akan tertawa terbahak-bahak, Resiko tanggung sendiri, Try With Your Own Risk… ). tutorial ini diujicobakan menggunakan Linux Mint 14 Nadia, seharusnya bisa berjalan disemua OS.

Step by Step ADB Shell

Step by Step ADB Shell

  • colokan hp anda di PC, kemudian buka console (CMD kalau di windows , Terminal kalau di Linux). lalu ketikan #adb devices,  akan muncul list device apa saja yang telah tercolok di komputer, jika tidak ada, berarti HP android anda belum terdeteksi PC, silakan cek kabel, jika perintah tersebut error berarti anda belum menginstall ADB, silakan install dahulu.
  • ketikan perintah #adb shell, maka anda akan secara langsung masuk ke system android. (jika perintah ini gagl berarti komputr anda belum terinstall ADB silakan diinstall dahulu).
  • setelah masuk ke system android, saat melakukan remount ulang untuk memberikan hak akses read/write langsung kedalam system android. caranya ketikan #su lalu enter. jika perintah ini gagal berarti android anda belum di-root, silakan di root dulu.
  • setelah itu ketikan perinta berikut #mount -o rw,remount -t yaffs2 /dev/block/mtdblock3 /system untuk mengubah mode dari read saja menjadi read/write sehingga nantinya kita bisa menulis data pada hosts file di system android. jika perintah ini gagal berarti anda belum melakukan perintah #su.
  • sekarang kita coba buka isi dari system etc host android. caranya ketikan #cat /system/etc/hosts . jika anda belum penrha mengubah, atau belum pernah ada software yang mengubah mestinya hanya berisi satu baris, yaitu 127.0.0.1   localhost . 
  • saatnya menambahkan sebuah baris untuk memblokir situs tertentu. ketikan perinta berikut untuk melakukan editing file hosts dengan menggunakan vi Editor, untuk anda yang tidak tahu apa itu vi editor silakan baca manualnya di internet banyak. ketikan perintah #vi /system/etc/hosts dan tekan enter. maka anda akan dibawa ke vi editor.
  • setelah masuk ke vi editor, tekan tombol i untuk melakukan edit pada file hosts. kemudian tambahakan baris baru situs yang ingin diblockir, misalkan ingin memblokir www.google.com maka tambahkan “127.0.0.1    www.google.com” tanpa tanda petik.
  • jika sudah tekan tombol Escape (ESC) kemudian ketikan “:wq!” untuk menyimpan dan keluar dari vi.
  • jika sudah silakan di test menggunakan browser android untuk membuka www.google.com jika step anda benar seharusnya www.google.com sudah ter-blokir.
  • untuk situs lain silahkan tambahkan sendiri seperti situs www.google.com, jika ingin mengembalikan seperti semula, tinggal hapus saja semua isinya, sisakan localhost saja.

ok demikian yang bisa saya sharing, jika ada tambahan saya persilakan untuk di sharing.

Comments

total comments