September 15, 2014 thumb Membiasakan Menghemat Bandwidth Internet

Salam Goblooge, lama sudah saya tidak menulis. kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang cara saya menghemat bandwidth internet hingga 50%. tapi semua itu tergantung pembaca juga, kalau diterapkan sepenuhnya kadang juga tidak terlalu nyaman. karena ada beberapa tips yang memang hanya bisa dilakukan oleh user yang berpengalaman. OK kisahnya adalah tanggal 21 Mei 2014 , pukul 20:50 di Surabaya lalu anak saya lahir. wal hasil biaya kebutuhan membengkak karena butuh untuk keperluan baby :D. stop, kok malah curhat, pokoknya intinya biaya internet terpaksa harus dipotong untuk pengiritan.

saya menggunakan Modem Smart Fren (Lupa Serinya). dengan layanan internet Kuota Based (males yang unlimited soalnya lelet, malah bikin kerjaan nggak rampung-rampung).   kecepatanya sih OK. tapi, berhubung saya kuota based terkadang sehari 100 MB bisa raib. setelah lari sana-sini, coba sana sini, akhirnya dengan mengubah sedikit kebiasaan saya dalam berinternet, rupa-rupanya dapat menghemat bandwidth dari yang sebulan butuh 6GB sekarang cukup 2GB saja. ngirit kan ? eh mengapa nggak pakai SSH saja gan, kan enak tuh ngakalin bisa gratis ? maaf saya ber internet untuk cari makan dan membiayai anak, saya nggak mau anak saya makan uang panas… #jareMbahMukri toh semua software PC saya memakai Free Open Source Software (FOSS) .

OK langsung saja, berikut ini cara-caranya menghemat ala goblooge.

  • Gunakan versi Mobile Web : bagi yang suka browsing , pasti pernah ngeliat tampilan web mobile version. coba buka saja http://www.facebook.com dan http://m.facebook.com . dan lihat bedanya. memang tampilan versi mobile di browser agak kacau, tetapi bandwidth yang terpakai akan jauh lebih sedikit karena tampilan mobile di design minimalis. kebanyakan web portal sudah menyediakan tampilan mobile sehingga anda tidak perlu khawatir. biasanya sih sub domain www diganti dengan m, jadi yang asalnya, www.twitter.com jadi m.twitter.com.
  • Block semua Iklan : khusus pengguna firefox atau google chrome pergunakanlah adblocker. sebuah plugins borwser yang mana akan melakukan block pada semua iklan di website. untuk penggunaan lebih lanjut silakan lihat di postingan saya sebelumnya (Cara Melakukan Blok Banner dan Mengirit Bandwith Internet) . jujur saja iklan terkadang membuat badnwidth kita jadi terkuras habis, apalagi kalau iklanya berupa gambar atau flash yang gedhe banget.
  • Gunakan Flash Blocker : bagi anda yang jengkel dengan adanya flash. gak usah tanggung-tanggun, segera install falsh blocker di Browser anda. nah kalau mau nonton youtube gimana gan ? tenang biasanya Flash Blocker ada settings untuk situs mana saja yang boleh di allow dan mana yang tidak.
  • Matikan Image : jika anda memang lebih banyak berkutat di dunia programming seperti saya. saya rasa Image bukanlah hal yang penting, untuk itu adal kalanya kita tidak membutuhkan Image. daripada tidak butuh ada baiknya anda matikan load image di browser, karena image memang pemakan badnwidth terbesar. caranya, bisa di settings di browser masing-masing kok. kalau kebetulan pakai chrome bisa di Settings -> Content Settings -> Images lalu pilih opsi Do Not Show Any Image. disini kita juga bisa memberikan exception (pengecualian) untuk situs-situs yang mungkin memang anda butuhkan gambarnya (9gag misalnya).
  • Compress website : untuk pengguna mobile smartphone, jika sering berkunjung atau membaca berita di situs-situs tertentu jangan lupa mengaktifkan fitus Compress Browsing. fitus ini sangat berguna bagi anda yang minim baandwidth. (saya kalau baca berita mendhing pakai handphone, untuk ngirit bandwidth).
  • Buang Plugins atau Toolbar yang tidak perlu dari Browser : saat anda membuka browser, pernah melihat nggak di bagian atas browser anda ada banyak sekali toolbar-toolbar. nah ini dikarena ada beberapa program yang menginstal toolbar-toolbar tersebut. menurut saya, hilangkan saja toolbar tersebut. karena toolbar tersebut adalah pemakan badnwidth yang mana terkadang secara priodik mengecek ke situs tertentu. pastikan hanya pergunakan yang benar-benar dibutuhkan. kalau saya pribadi nggak ada toolbar atau plugins kecuali flash block dan adblock.
  • Jangan biarkan Halaman Sosmed Terbuka Terus-menerus : saat ini banyak sekali sosmed yang menwarkan fitur chatting. eits tunggu dulu, fitus chatting di sosial media seperti facebook itu jalankan oleh javascript yang mana, secara periodik akan mengecek ke situs facebook.com untuk mengambil info apakah ada data chat yang masuk. jika hal ini terus-menerus berulang dalam waktu lama, maka jangan heran kalau bandwidth anda akan habis. untuk itu jika anda memang ingin menggunakan sosmed (facebook, twitter , path dll) gunakan seperlunya. setelah kembali fokus pada kerjaan, segera close jangan di biarkan terbuka.
  • Jangan biarkan Modem Connect terus ke Internet walau tidak digunakan : sekalipun anda tidak menggunakan internet memakai modem anda, tetapi pada dasarnya modem akan tetap melakukan koneksi ke provider (dan koneksi ini dihitung oleh provider sebagai data). lho memang apa isinya kan tidak ada data yang dibutuhkan. sebenarnya ada, Operating System saat ini, biasanya akan mengecek update dll. selain itu ACK (Acknowledge) untuk tetap berhubungan dengan server juga dihitung sebagai data. memang tidak banyak sih paling nggak sampai 0.5 KB per satu acknowledge. tapi anggap dalam ackowledge dilakukan tiap 1 detik sekali. kalikan dengan 8 jam komputer anda menyala. ( 0.5 KB * 8 Jam * 60 Menit * 60 Detik ) = 14400 KB = 14.4 MB (Lumanyan buat download lagu MP3 bisa dapat 3 lagu).
  • pakai satu program Chat saja : kebanyakan dari kita menggunakan berbagai software chat seperti pidgin, skype, gtalk, yahoo messengger, bee talk, bbm dll. kalau memang chat sangat mendukung pekerjaan anda (marketing) itu tidak mengapa, tapi kalau cuma untuk bercakap-cakap bersama teman, kenapa harus menyala terus, dan kenapa harus sebanyak itu. saya pribadi hanya menggunaakan satu program chat yaitu pidgin (itupun jarang dipakai dan selalu mati). jika memang anda benar-benar butuh, sebaiknya gunakan fitus sms inbox (biasanya twitter atau facebook ada dan ini gratis).
  •  Gunakan Console Based Program : kalau yang ini hanya untuk user yang mungkin sangat berpengalaman. coba pergunakan console based program, untuk browser seperti lynx, tiwtter client (TTYtter) dijamin pasti ngirit. tapi memang makanya agak susah sih kalau untuk pengguna linux yang nggak biasa pakai console.
  • Pilihlah Browser dengan Benar : carilah browser yang menurut pembaca paling ngirit. saya sendiri memakai chromium browser (bukan google chrome) karena compatible dengan plugin chrome tapi bukan google chrome tapi ringan karena di compile sendiri oleh pembuat distro (saya pakai Elementary OS Luna) kalau google-chrome kan harus download di situs google dan terasa lebih berat (nggak tau kenapa, mungkin kurang compatible dengan distro linux yang saya pakai).
  • Terkhir , Ingat Pakailah Internet untuk hal Positif (Internet Positif), kalau dipakai download film ya. sama aja bo’ong.

 oke demikian sedikit bacotan saya dimalam hari ini, lain waktu saya sambung lagi, dah malam soalnya, istri minta dikelonin… semoga bermanfaat… salam Goblooge. 😀

Comments

total comments