October 22, 2015 thumb Membersihkan Repository PPA di Ubuntu dan turunanya

oke bro jadi begini, pagi ini ane berencana bersih-bersih semua repository PPA ane, kenapa dibersihkan ? lha gimana ga dibersihkan setiap, apt-get update, banyak repository yang sudah obsolete alias tidak lagi di update dan tidak lagi tersedia, sehingga setiap kali update repo pasti muncul pesan error kalau repository tidak tersedia. sebenarnya sih tidak masalah karena tidak berpengaruh di system, tapi bagi saya cukup menganggu. karena setiap kali update selalu harus melakukan cek pada repository yang jelas-jelas sudah tidak tersedia.

sebenarnya caranya mudah sih, tinggal ” add-apt-repository ppa:thomas-schiex/blender “, misalnya. tetapi masalahmuncul kalau kita lupa nama repository-nya (yang saya cetak huruf tebal). nah bagaimana caranya kita harus menampilkan list dari tiap-tiap repository ppa, sehingga kita dengan mudah dapat menghapus repository tersebut.

nah itulah yang kita bahas kali ini. untuk melakukan list nama-nama dari tiap repository cukup kita buat sebuah shell script dan kita running lewat terminal. berikut scriptnya.

 

#! /bin/sh 
# listppa Script to get all the PPA installed on a system ready to share for reininstall or uninstall
for APT in `find /etc/apt/ -name \*.list`; do
    grep -o "^deb http://ppa.launchpad.net/[a-z0-9\-]\+/[a-z0-9\-]\+" $APT | while read ENTRY ; do
        USER=`echo $ENTRY | cut -d/ -f4`
        PPA=`echo $ENTRY | cut -d/ -f5`
        echo sudo apt-add-repository ppa:$USER/$PPA
    done
done

setelah selesai simpan dengan nama terserah asalkan berakhiran dengan .sh (dalam contoh saya , saya beri nama ppa.sh). kemudian berikan flag executable pada file tersebut (chmod 777 ppa.sh), dan tinggal di running (panggil dengan ./ppa.sh) dan fuala. semua list dari ppa akan terlihat seperti gambar berikut.

Running ppa.sh

Running ppa.sh

nah setelah kelihatan, inilah daftar ppa yang saya install. untuk menghapus repository tertentu cukup ketikan.

#sudo apt-add-repository –remove ppa:lion-simba/bino-mt

ulangi untuk repository yang lain.

oke demikian sedikit yang bisa saya share. salam goblooge.

Comments

total comments