April 22, 2016 thumb Memainkan Game Lawas di Linux dengan MESS

Game Konami

Game Konami

ada yang masih ingat dengan game super mario, twin bee, ninja gaiden, contra. kalau iya berarti masa kecil anda terselamatkan :p. maksudnya kita seumuran, mungkin anak-anak atau adik-adik kita tidak tahu bagaimana serunya game jaman tahun 80 – 90-an. saat video game dengan grafik yang masih sangat minim merajai di semua segmen. Untuk saat ini console yang seperti itu sudah tidak dapat lagi ditemukan di pasaran. tapi bagi yang ingin mencoba atau sekedar ber-nostalgia dengan game – game jaman jadul. kalau ditulisan saya yang sebelumnya adalah memainkan di Android ( Memainkan Game Jaman Lawas di Android ), kali ini kita akan memainkan di Linux. silakan ikuti sedikit tutorial berikut ini.

namanya MESS yang merupakan kepanjangan dari Multi Emulator Super System. dinamakan Multi Emulator karena bisa digunakan untuk menjalankan game dari berbagai platform mulai dari Nintendo Entertainment System, Game Boy dan banyak game console lain.

nah, sekarang kita mulai acaranya, eh maksudnya meng-instalasi MESS terlebih dahulu. untuk pengguna ubuntu cukup dengan mengetikan #apt-get install mess. tunggu beberapa saat dan mess siap digunakan.

langkah berikutnya adalah mencari ROM yang sesuai dengan yang dibutuhkan. ROM adalah semacam file yang tertanam pada chip pada game console, sehingga ROM Nintendo jelas berbeda dengan ROM atari dan seterusnya. untuk itu kita perlu menyediakan file ROM ini untuk MESS. untuk mendownload seluruh full ROM  silakan download di Link Beriku tini.

Download

Daftar ROM yang berhasil  di deteksi oleh MESS

Daftar ROM yang berhasil di deteksi oleh MESS

setelah di download , file tersebut berupa file zip, jadi anda harus meng-extract file tersebut ke folder default mess yakni /usr/share/games/mess/roms/. file rom berupa file zip anda tidak perlu meng-extract lagi satu-persatu file tersebut. itu adalah satu kesatuan file.

Hi no Tori - Houou Hen - Gaou no Bouken

Game Hi no Tori – Houou Hen – Gaou no Bouken

nah ROM sudah dapat, tinggal saatnya mengambil game yang anda sukai. sebagai contoh saya menggunakan game Hi No Tori – Houou Hen – Gaou no Bouken.   game ini berjalan di atas platform NES, sehingga saya butuh ROM NES untuk menjalankanya. pertama extract dulu file zip dari game tersebut sehingga didapatkan file dengan extensi .nes (lebih  tepatnya Hi no Tori – Houou Hen – Gaou no Bouken.nes).  lalu masukan file ber-ekstensi .nes tersebut ke dalam folder /usr/share/games/mess/games/. kumpulkan game sebanyak yang anda mau, dalam folder tersebut, anda boleh mendapatkan game-game dari berbagi situs penyedia ROM di internet.

nah kalau sudah tinggal jalankan game tersebut, dengan menggunakan ROM NES. berikut ini perintah-nya.

#mess nes -cart games/Hi\ no\ Tori\ -\ Houou\ Hen\ -\ Gaou\ no\ Bouken.nes

dan selamat menikmati game jaman jadhul. salam goblooge, dan sampai jumpa di artikel berikutnya , Okey Donkey.

Comments

total comments