December 8, 2016 thumb Melakukan Unlock pada Device Android

kalau pada tulisan yang sbeleumnya saya pernah membahas tentang Root, pada android. kali ini saya ingin membahas tentang Unlock pada Device Android. apa itu unlock ? berikut saya jelaskan logika dari unlock di android.

sebuah Smartphone Android sebelum diberikan ke user akan dibuat isi oleh oleh vendor dengan sebuah ROM atau dalam istilahnya sebuah Operating System Android versi tertentu yang memang sudah di test dan dibuat khusus untuk device tersebut. tentu saja ROM dari android ini adalah sebuah ROM yang asalnya milik google yang di custom sedemikian rupa oleh vendor Smartphone. vendor telepon akan menambahkan beberapa aplikasi bawaan miliknya. seperti sony akan menambahkan sketch dan experia lounge, samsung akan menambahkan samsung apps store dan  lain sebagainya. setelah itu stok rom akan di lock yang mana membuat user tidak dapat mengubah atau mengutak-atik bagian system dari ROM yang sudah ada. hal ini memungkinkan ketika adanya Factory Reset, Android tersebut dapat kembali seperti semula (walaupun pada kenyataanya tidak selalu demikian). dengan dikuncinya (Lock) ROM, maka user tidak dapat meng-install aplikasi-aplikasi tambahan sebagai system ataupun mengurangi aplikasi ynag sudah disediakan default oleh vendor. nah yang akan kita lakukan adalah membuka Lock tersebut (atau dalam bahasa kerenya Unlock).

sebelum melakukan Unlock saya mengingatkan bahwa proses Unlock ini akan menghapus seluruh data anda dan akan membuat Smartphone anda melakukan Factory Reset. selain itu  dengan Factory Reset ini garansi dari HP anda akan hilang (Warranty Void). jadi silakan di coba sendiri yang mana anda sendiri yang menanggung resiko (Try with you own risk). saya tidak menyediakan support apapun jika dicoba dan kemudian HP rusak, jika dicoba , kemudian HP menjadi error dan menyalahkan saya. maka saya akan tertawa terkekeh-kekeh.

oke sebelum tertawa terkekeh-kekeh, silakan backup dahulu HP anda. pindahkan semua data yang penting, bisa melakukan backup ke layanan cloud, bisa melakukan backup dengan tool bawaan. foto mesra dengan istri, foto dengan anak, foto nikahan, foto lamaran sri dengan bagong silakan di pindahkan dulu ke sdcard, kalau bila perlu pindahkan ke komputer. nah berikut ini adalah step – step untuk melakukan unlock. sebagai contoh saya menggunakan Linux Kubuntu 16.04 dan Smartphone Sony xPeria Z Ultra sebagai test bed.

Persiapan Tool.

  • Download dan install the Android SDK dan install di komputer anda. silakan kunjungi situs android dan silakan download SDK dari Android di http://developer.android.com/studio/index.php.
  • extract file zip hasil download, dan simpan di home anda. misalnya /home/goblooge/Android/Sdk anda boleh mengubah ditempat manapun.
  • sedangkan pada HP android anda, silakan aktifkan USB debugging. buka Setting->Developer Options dan klik enabled usb debugging, jika kebetulan tidak ada Developer Options, silakan buka Setting-> About Phone. pada bagian Build Number ketuk beberapa kali sampai muncul Developer Options.
  • Matikan HP anda. dan koneksikan kable USB pada komputer.
  • pada HP anda, tekan Volumn Up dan pada saat yang bersamaan colokan kabel usb anda. (jangan di colokan dulu baru volume up, android tidak akan masuk ke fastboot mode.)
  • ketika android anda sudah terkoneksi tinggal sekarang buka terminal dan tuju ke folder SDK (pada kasus saya /home/gobloge/Android/Sdk).
  • masuklah ke platform-tools (/home/goblooge/Android/Sdk/platform-tools/). setelah masuk ke bagian platform tool sekarang tinggal siap-siap melakukan fastboot. ketikan :
fastboot devices
  • spastikan anda mendapatkan jawaban tanpa error. semisal bahwa device telah terkoneksi. tanda bahwa device sudah masuk dalam mode fastboot kalau pada device Sony Z Ultra adalah lampu LED-nya berubah menjadi biru (ini saya nggak tahu orang saya sendiri buta warna, cuma info aja dari Sony-nya begitu).
  • kemudian pastikan anda mendapatkan unlock key dari vendor. biasanya beberapa vendor akan memberikan kode unlock pada user-nya seperti Sony dan Samsung. untuk Sony me-request Unlock key dengan membuka http://developer.sonymobile.com/unlockbootloader/unlock-yourboot-loader/
fastboot -i 0x0fce oem unlock 0xD99E1DF6FB33D28B
  • kode 0xD99E1DF6FB33D28B saya dapatkan dari vendor, setelah mengirim email dan konfirmasi persetujuan resiko.
  • setelah anda mengetikan kode unlock pastikan tidak ada proses error apapun kemudian tinggal reboot hp anda dengan mengetikan
fastboot reboot
  • setelah itu HP akan reboot, tunggu beberapa saat karena HP anda sedang melakukan Factory Reset. setelah selesai HP anda sekarang dalam keadaan Unlock.

apa saja keuntungan Unlock, well dengan melakuakn Unlock kita dapat mengoprek system dari device kita. selain itu kita juga dapat menginstall Custom ROM, menghapus aplikasi bawaan yang tidak berguna (Bloatware) dan melakukan Optimasi system lainya. salah satu kegunaan lainya yang sudah saya rasakan adalah, kita bisa menghapus virus atau trojan di android dengan metode ini. hanya tinggal beberapa kali remove, maka system kita akan sembuh jika terkena virus. pada tulisan lain akan saya bahas cara menghapus trojan dan virus yang membandel di Android. jadi sampai jumpa pada tulisan berikutnya, Okey Donkey dan Salam goblooge.

Comments

total comments