September 22, 2016 thumb Melakukan Merge Cell pada File Excel dengan PHPExcel

tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya. kalau pada tulisan sebelumnya yang berjudul Mengatur Layout Download Excel dengan PHPExcel saya telah membahas bagaimana caranya mengatur layout file yang dihasilkan. kali ini juga masih berhubungan dengan pengaturan layout. yang mana dalam pengaturan kali ini. kita akan melakukan metode merge cell sehingga tampilan hasil download yang dihasilkan oleh PHPExcel lebih sesuai dengan kebutuhan. sebagai contoh taruhlah dan sebagai contoh sebuah database yang akan kita buat berikut ini.

Database Asal

Database Asal

tentu file excel yang akan kita buat berbeda dengan tulisan saya sebelumnya. kali ini yang ingin kita ubah agar dibagian atas file tersebut terdapat sebuah Header yang mana memanjang dari A1 sampai E1 (A1:E1). dan kita akan lakukan merging cell dengan menggunakan PHPExcell. sebenarnya yang harus dilakukan cukup sederhana. kita cukup memanggil fungsi MergeCell yang disediakan oleh PHPExcell.

Cell yang akan di Merge adalah A1:E1

Cell yang akan di Merge adalah A1:E1

untuk melakukan merging cukup memanggil sheet yang ingin di-merge dan memerintahkan cell mana saja yang ingin di-merge. PHPExcel akan memanggil fungsi tersebut dan melakukan merge dengan baik.

/*start - BLOCK HEADER*/
	/* menambahkan baris khusus untuk Judul Header pada Sheet
	 * melakukan Merge Cell untuk A1 sampai E1*/
	$sheet	->mergeCells('A1:E1');
	$sheet	->setCellValue ( "A1", "KELUARGA BESAR SEDAYU LAWAS" );

	/* bagian sini diubah menjadi baris kedua 
	 * karena baris pertama telah dipakai untuk judul
	 * */
	$sheet	->setCellValue ( "A2", "Nama" )
		->setCellValue ( "B2", "Alamat" )
		->setCellValue ( "C2", "Ayah" )
		->setCellValue ( "D2", "Ibu" )
		->setCellValue ( "E2", "Hobi" );
/*end - BLOCK HEADER*/

dengan menggunakan Fungsi Merge Cell maka cell A1:E1 akan ter-merge.  tentu fungsi ini tidak hanya berakhir sampai disitu. kita bahkan bisa melakukan merge baik kolom (A1:A3) maupun kolom dam baris (A1:E5). tinggal bagaimana kita melakukan kreasi. oke demikian yang bisa saya bahas kali ini. untuk soirce code lengkap dapat di Download di Google Drive atau Dropbox, sekiranya link KO bisa hubungi saya. sampai jumpa pada tulisan berikutnya Okey Donkey dan Salam Goblooge.

 

Comments

total comments