May 20, 2016 thumb Manajemen Kerja Team dengan Kanban Secara Online memakai Trello

Manajemen Proyek dengan Kanban secara Online

Manajemen Proyek dengan Kanban secara Online

pernah kah kerja team dan susah koordinasi, ataukah di perusahaan anda susah untuk mengirim pesan satu pegawai dengan pegawai lain. susah untuk manajemen dashboard yang biasanya dipakai antara satu bagian dengan bagian lain. antara bagian pemasaran dengan bagian produksi. hm… mungkin tool ini memberikan anda sedikit kemudahan jika di kantor sudah terhubung dengan system internet.

nama aplikasi itu adalah trello, merupakan sebuah aplikasi dashboard kanban yang berfungsi untuk mengirimkan pesan dari satu lini ke lini lain dalam hubunganya dengan proses bisnis. biasanya model ini dibuat dengan menggunakan papan. di masing-masing papan ada slot-slot, di tiap slot terdiri beberapa ticket. nah tiap ticket akan dipindahkan dari satu slot ke slot lain. itulah bentuk kanban yang biasanya dipakai dalam manufaktur.

Dashboard Terdiri atas beberapa slot, dan tiap slot memmiliki beberapa ticket.

Dashboard Terdiri atas beberapa slot, dan tiap slot memmiliki beberapa ticket.

walaupun demikian bentuk ini pun bisa dipakai dalam dunia programming, jika kebetulan model proses bisnisnya sama. sebagai contoh, kebetulan saya programmer ,  dan dilapangan ada beberapa implementator dari program yang saya buat. setiap implementator yang meminta sebuah fitur baru akan menuliskan pada slot paling kiri, kemudian divalidasi oleh manjemen dengan memindahkan dari slot paling kiri ke slot sebalah kananya tepat. setelah divalidasi ticket tersebut akan diberikan ke slot programmer. oleh programmer, ticket yang sedang dikerjakan akan dipindah ke slot berikutnya dimana ticket sedang dikerjakan. ketika programmer selesai. ticket akan dipindahkan lagi ke slot berikutnya yang menandakan tiket sudah siap divalidasi, jika validasi gagal, tiket akan di kembalikan lagi ke programmer, begitu seterusnya sampai seluruh slot terpenuhi dan ticket dianggap done atau selesai. ibaratnya input, process, output itulah yang dibuat dalam model kanban.

Notifikasi layaknya social media.

Notifikasi layaknya social media.

nah kelebihan trello adalah, semua itu bisa dikerjakan secara online, setiap ticket dapat diberi comment, jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, bisa juga di tambah foto serta melakukan tag pada teman sehingga jelas ticket tersebut untuk siapa. kita pun bisa menambahkan attachment pada setiap ticket. serta yang paling penting terdapat notifikasi setiap ada comment, ticket, dan tag yang terjadi pada trello, sehingga mirip dengan social media yang biasa kita pakai.

Comment, Attachment, Tag dll, mirip dengan social media

Comment, Attachment, Tag dll, mirip dengan social media

trello tersedia secara gratis tapi untuk fitur berbayar kita harus melakukan subscribe per bulan. seperti mengupload file sampai 250 MB, menentukan warna dll. tapi jangan khawatir sampai detik ini saya menggunakan fitur free milik trello sudah cukup untuk urusan pekerjaan, karena kita bisa membuat lebih dari satu dashboard, serta bis amengundang beberapa orang sekaligus dalam sebuah dashboard.

Multiple Dashboard sudah leboh dari cukup untuk kita. tapi kalau belum cukup bisa beli fitur premium

Multiple Dashboard sudah leboh dari cukup untuk kita. tapi kalau belum cukup bisa beli fitur premium.

sebagai penutup trello tersedia baik pada Android, Web , dan Windows 10. tentu ini membuat kita semakin nyaman dalam bekerja karena pekerjaan dibuat layaknya game (gimmick). dan tentu membuat kita lebih senang dalam melakukan rutinitas pekerjaan. oke demikian yang bisa saya tulis lain kali disambung lagi. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments