August 24, 2016 thumb Linux Dash – Aplikasi Online Pemantau Server

salam, saya ingin sedikit sharing tentang tool yang kebetulan saya pergunakan. namanya adalah Linux Dash. aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan informasi tentang kondisi sebuah system (entah server , entah PC) meliputi status hardware, process yang berjalan, Thread , Network, dan lain-lain. bedanya adalah, kalau biasanya untuk melihat peforma server kita akan melakukan ssh ke servr dan mengetikan htop atau perintah lain, tidak pada Linux Dash. aplikasi ini berjalan secara Online melalui Web (Apache) sehingga cocok untuk memonitor Server yang memang di design tidak pakai monitor dan untuk di remote saja. saya sendiri menginstall aplikasi ini ke beberapa komputer Server dari klien saya dengan tujuan agar mudah memonitor kinerja server. 

Tampilan Dasar Linux Dash

Tampilan Dasar Linux Dash

aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang bisa di download melalui repo github, kita tinggal pasang di directory web service (kalau di linux biasanya /var/www/html/) kemudian cukup di akses dari browser dan aplikasi pun berjalan sebagaimana mestinya. berikut ini step  by step instalasi.

pertama dan wajib adalah system yang akan dipasangi oleh linux-dash haruslah sudah terpasang apache web server. jika tidak tahu apa itu apache web server silakan merujuk pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Cara Install dan Settings Apache , MySQL dan PHPMyAdmin di Ubuntu Server.

untuk menginstall cukup download linux dash di https://github.com/afaqurk/linux-dash/archive/master.zip kemudian extract di folder /var/www/html/ sehingga path akan menghasilkan path /var/www/html/linux-dash/. jika sudah silakan buka browser dan ketikan http://localhost/linux-dash dan anda bisa melihat bagaimana peforma komputer anda, atau jika dipasang di server kita bisa secara real time melihat bagaimana peformance dari server, tanpa perlu melakukan ssh ke server.

kalau kebetulan suka menggunakan git, malah lebih mudah lagi, tinggal tuju direktori diinginkan (/var/www/html/) kemudian cukup ketikan :

git clone https://github.com/afaqurk/linux-dash.git

tunggu sebentar dan silakan buka browser untuk melihat hasilnya. aplikasi ini menampilkan peformance dari komputer layaknya Task Manager di Windows atau KSysGuard di Kubuntu. ia jug amenyertakan beberapa theme agar bisa disesuaikan dengan mata user. berikut ini adalah beberapa fitur yang ada dalam aplikasi ini.

System Status akan menampilkan data Lengkap mengenai Penggunaan RAM, CPU dan Access Read Write Disk. disana kita bisa melihat proses apa yang sedang berjalan dan proses mana yang menghabiskan banyak resource. peformance dan utilization dari sebuah Disk juga bisa dilihat disini, sehingga kita bisa tahu kapan saatnya mengganti disk.

Basic Infor dengan Theme Winter

System Status dengan Theme Winter

Basic Info , menampilkan data – data informasi dasar mengenai system, seperti Operating System yang digunakan, informasi CPU, IOstat, informasi Memory dan lain – lain. tak lebih hanya sekedar Device Manager yang menampilkan infor dasar Hardware.

Basic Info dengan Theme Summer

Basic Info dengan Theme Summer

Network akan menampilkan beragam informasi seperti Transfer Rate dari Upload dan Download. menampilkan Pula IP Address yang mengakses ke Server sehingga kita bisa tahu, IP Address mana yang memakan bandwidth besar.

Network dengan Theme Spring

Network dengan Theme Spring

Account menampilkan Informasi nama-nama user yang login ke System beserta data-data home directory mereka. mana user yang sedang aktif dll.

Account dengan Theme Fall

Account dengan Theme Fall

Apps menampilkan aplikasi – aplikasi yang berjalan dalam system. dan sekaligus menampilna proses apa saja yang sedang berjalan.

App dengan Theme Old

App dengan Theme Old

sebagai penutup, ada satu yang perlu diperhatikan. masalah security, dengan mudah admin bisa melihat status server lewat browser, tentu saja orang lain pun bisa melihat yang nantinya bisa mengekspos kelemahan dari server. cara yang paling mudah untuk masalah ini adalah dengan memberikan set password. jadi ada baiknya sebelum membuka folder linux-dash di wrap terlebih dahulu untuk mengetikan password. oke demikian yang bisa saya share sampai jumpa di tulisan berikutnya,Okey Donkey. salam goblooge.

Comments

total comments