November 26, 2016 thumb Konversi Video ke Berbagai Format dengan Handbrake

handbrake merupakan salah satu video transcoder yang berjalan di beberapa platform, selain dia gratis, juga open source dan mampu meng-konversi hampir semua format video. nah pengalaman saya, saya mencoba untuk melakukan konversi video dari webm hasil download dari youtube kedalam bentuk mkv atau avi agar dapat diputar di USB TV.

tutorial ini menggunakan Linux Kubuntu 16.04 , tetapi bisa juga diterapkan di OS atau distro lain. untuk menginstall handbrake karena kebetulan saya menggunakan Kubuntu cukup ketikan :

#sudo apt-get install handbrake

tunggu beberapa saat dan Handbrake pun akan ter-install. setelah Handbrake ter-install bisa dijalankan melalui KMenu dibagian kiri bawah. jalankan Handbrake dan kita siap melakukan konversi daris atu format ke format lain.

  • setelah handbrake terbuka, silakan tuju menu File -> Source atau klik tombol source.
Pilih File mana yang ingin dikonversikan.

Pilih File mana yang ingin dikonversikan.

  • silahkan pilih file yang ingin dikonversi. pilih lalu klik open.
File yang sudah terbuka, dan siap untuk di konversi

File yang sudah terbuka, dan siap untuk di konversi

  • setelah file terbuka, pada bagian destination pilih format yang dikehendaki.
  • pada bagian summary kita bisa melihat akan seperti apa file hasil konversinya. mulai dari aspect ration, resolusi dan lain-lain. jika memang sudah merasa cukup tinggal klik start. tapi jika tidak, anda dapat melakukan berbagai macam editing lain. seperti, menambahkan Subtitle, Mengatur Output Audio seperti Preset dll, Mengatur Kualitas Gambar, Cropping atau bahkan Streching.
  • setelah selesai tinggal klik start dan tunggu hasilnya.

hasil testing yang saya lakukan semua Audio dan Video yang ukuranya besar berhasil di compress dalam bentuk Lossless yang artinya kualitas gambar dan suara tetap seperti file asli, tetapi ukuran file-nya jauh lebih kecil. tool ini cocok bagi anda yang kebetulan bekerja dibagian multimedia seperti editing video pernikahan, video editing lulusan dll.

oke demikian yang bisa saya sharing, semoga sedikit bermanfaat bagi mereka yang  memang butuh tool semacam ini. Sampi jumpa di tulisan berikutnya,Okey Donkey dan  Salam Goblooge.

Comments

total comments