September 7, 2011 Kode Movie dalam File Torrent

mungkin banyak dari kita sering mendownload film bajakan via torrent. tapi kadang-kadang menjengkelkan juga jika kita mendownload film tetapi memiliki kualitas yang kurang bagus. sebenarnya itu bukan salah yang mengupload, tapi mungkin kita yang tidak tahu makna yang terkandung dalam sebuah file torrent. misalnya kita memiliki file torrent bernama

[isoHunt] Transformer.Dark of the Moon[ 2011 ]DVDRip AC3 XviD-CM8.torrent

  • [iso hunt] adalah situs tempat file tracker.
  • Transformer.Dark of The moon adalah judul filmnya.
  • DVDRip adalah kode kualitas filmnya.
  • AC3 adalah kode format audio coding filmnya.
  • Xvid adalah format file filmnya, yang nanti berhubungan dengan codec atau player dari file tersebut.
  • CM8 adalah versi dari sang pengupload, atau ini bisa bermakna data si pengupload.

yang jadi penetu dari kualitas film adalah kode kualitasnya, banyak sekali kode kualitas yang ada di film, berikut ini adalah detail dan penjelasanya.

CAM, cam adalah sebuah video yang diambil dari sebuah bioskop dengan menggunakan kamera digital seperti mini tripod. karena diambil dengan menggunakan tripod, biasanya gambar yang dihasilkan bergoyang, kurang fokus, miring dan lain-lain.selain itu, penempatan dari kamera juga berpengaruh dari kualitas video yang ada. selain itu suara dari cam juga terdengar pecah, hal ini disebabka buruknya camera yang dipakai serta gamuruh orang – orang yang menonton di bioskop. makanya kadang kita mendapatkan sebuah video yang didalamnya ada beberapa oang yang sedang tertawa atau orang jalan-jalan. kualitas dari cam adalah kualitas yang terburuk dari semua video torrent.

TELESYNC (TS), memiliki kualitas gambar yang sama dengan CAM, tetapi memiliki kulitas suara yang lebih bagus dari CAM. hal ini disebabkan TS telah memiliki external audio yang diambil dari tempat lain, misalnya audio jack yang ada di kursi yang dapat meredam suara orang-orang dalam bioskop. banyak sekali bentuk dari file TS yang beredar di situs torrent. kadang-kadang namanya tercampur dengan CAM. untuk memastikan sebaiknya cek sample video sebelum mendownload.

TELECINE (TC), sebuah mesin TC akan mengkopi secara digital pada rol film. gambar dan suara seharusnya sangat bagus, tetapi karena peralatan yang mahal dan biaya yang dibutuhkan juga banyak format ini jarang ditemui. biasanya TC memiliki kekurangan pada aspect ratio dari sebuah film.  umumnya film dibuat dengan aspect ratio 4:3, sebuah TC biasanya juga terdapat time code yang muncul dillayar, karena belum di edit.

SCREENER (SCR), merupakan pre-release dari sebuah tape VHS, dikirimkan pada tempat rental VDC untuk promosi. setiap tape memiliki serial number pada hard tapenya dan pada videonya, yang mana nantinya akan dijadikan patokan jika terjadi black market pada tape tersebut. biasanya hanya berisi durasi yang pendek, tetapi kadang-kadang sebuah tape berisi seluruh film. satu-satunya kelemahan dari bentuk ini adalah film belum diedit atau belum di beri efek sehingga banyak terjadi kesalahan di sana dan sini.

DVD-SCREENER (DVDscr), sama seperti SCREENER tetapi di tranfer dalam bentuk DVD. bisanya berbentuk letterbox, tetapi tanpa extras DVD. time code biasanya muncul, dan gambar kadang terjadi kesalahan karena belum diedit. jika sang pengedit video adalah orang profesional, seharusnya DVDscr memiliki kualitas yang sangat bagus.

DVDRip, merupakan copy terakhir yang siap dilempar ke pasaran. kualitas bagus, dan telah diedit. DVDrips biasanya berbentuk file SVCD atau DivX/XviD.

VHSRip, tranformasi dari VHS, dengan ditambahi proses sensor pada adegan yang dianggap berbahaya seperti film XXX.

TVRip, adalah format yang siap ditanyangkan melalui media TV. biasanya disertai dengan sensor film seprti film WWF yang berisi konten esktra seperti “Dark Matches”.

WORKPRINT (WP), workprint merupakan sebuah copy film yang belum selesai, seperti ada kesalahan editing, suara yang tidak jelas, adegan yang seharusnya dipotong. bahkan terakdang berisi gambar berlebih seperti kru film yang sedang ikut serta dalam pembuatan film.

DivX Re-Enc, adalah sebuah encoding ulang dari sebuah original VCD, fungsinya adalah untuk mereduksi ukuran film yang kadang terlalu besar menjadi sebuah file DivX yang berukuran lebih kecil. biasanya dilabeli seperti Film.Name.Group (1 of 2) dll. ukuran filmnya biasanya sangat kecil sekitar 200 MB, tapi tentu dengan kualitas yang juga ikut turun karena encoding.

Watermarks, banyak film yang ada di Asia datang dari PDVD, biasanya watermark berupa huruf Z-A dibagian bawah film.

Asian Silvers / PDVD,  film yang dikeluarkan oleh penyelundup timur, dan ini biasanya dibeli oleh beberapa kelompok untuk kalangansebagai mereka sendiri. format ini sangat murah dan tersedia di asia timur.

R5, merupakan sebuah format yang merujuk pada 5 area persebaran (5 DVD Region). biasanya harganya cukup mahal dan jarang tersedia. untuk mengatasi format ini biasanya industri film akan memilih format DVD untuk yang mana bisa diproduksi dengan harga lebih murah dan dalam tempo waktu yang singkat. untuk urusan kualitas, biasanya R5 memiliki kualitas sama dengan Screener, tapi tanpa text dan nama-nama credit di akhir film.

hal terpenting lainya dari sebuah film adalah formatnya. tiap format meiliki karakteristik yang berbeda dan codec yang berbeda pula, berikut ini adalah beberapa jenis format video yang ada.

VCD, format berbasis MPEG1, dengan kecepatan bit konstan dari 1150kbit pada resolusi 352 × 240 (NTCS). VCD biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / DVDRip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil, dan sehat seperti banyak pada satu disk mungkin. Baik SVCDs VCD dan dihitung dalam menit, bukan MB, jadi ketika melihat sebuah mpeg, hal itu mungkin terlihat lebih besar dari kapasitas cakram, dan dalam kenyataannya u bisa muat 74min pada CDR74.SVCD

SVCD adalah berbasis mpeg2 (sama dengan DVD) yang memungkinkan bit variabel-rates hingga 2500kbits pada resolusi 480 × 480 (NTSC) yang kemudian didekompresi menjadi rasio aspek 4:3 ketika diputar ulang. Karena bit-rate variabel, panjang Anda dapat muat pada CDR satu tidak tetap, tetapi pada umumnya antara 35-60 Mins adalah yang paling umum. Untuk mendapatkan yang lebih baik SVCD encode menggunakan bit variabel-tingkat, penting untuk menggunakan beberapa “berlalu”. ini memakan waktu lebih lama, tetapi hasilnya jauh lebih jelas.

XVCD/XSVCD,  format SVC atau SVCD yang tidak mematuhi aturan, bianya memiliki resolusi yang sangat tinggi dan bit-rate yang rendah, semuanya tergantung pada player, apakah sebuah XVCD dapat dimainkan. X(S)VCD sangat tidak standar dan biasanya dilakukan riping oleh orang awam yang memang bukan untuk di release.

DivX / XviD, XviD & DivX adalah film yang paling sering dipakai. DivX digunakan untuk menjadi yang paling populer, sampai ia pergi dari open source untuk sebuah perusahaan yang membeli hak & mulai pengisian untuk itu (meskipun retak dengan mudah dapat diperoleh untuk encoder DivX, kebanyakan orang beralih ke XviD, tidak hanya karena adalah open source, tetapi juga karena lebih unggul dalam banyak hal). Pada tahun terakhir ini, banyak stand-alone DVD player telah dirilis yang mampu bermain film DivX / XviD (bahkan di CDRs), yang telah membuat bentuk yang paling populer pengkodean. Mayoritas XviD / DivX rip ini diambil dari DVD, dan umumnya sebagai kualitas yang baik mungkin yang dapat muat pada satu disk 700MB CDR, yang mengapa paling XviD / DivX film hampir persis 700MB, sehingga mereka dapat burn ke CDR & dimainkan dalam pemutar DVD baru (yang dapat dibeli hampir di mana saja dengan biaya $ 30 – $ 40 USD). Berbagai codec ada, yang paling populer pada saat menjadi XviD codec baru 1,2. Film DivX dikodekan pasti akan bermain di pemain ini DVD baru, & hanya dibutuhkan sedikit tweaking sederhana oleh ripper untuk memastikan XviDs akan bermain pada mereka juga, tetapi karena itu tidak dijamin. (Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang XviD / DivX encoding sehingga Anda dapat membuat DVDrips Anda sendiri, kunjungi doom9.org)

x264, adalah format opensource untuk encoding H.264/MPEG-4 AVC video streams.

CVD, merupakan kombinasi dari VCD dan SVCD, dan biasanya di support oleh sebagian besar DVD player. format ini mensupport MPEG2 dengan bit rate SVCD, tapi menggunakan resolusi 352×480 (NTSC). karena resolusi horisontal yang tidak begitu penting, jarang perusaan yang membuat dalam bentuk ini.

DVD-R, adalah sebuah solusi DVD yang dapat direkam. lebih populer dari pada DVD-RAM, DVD-R dan DVD+R, biasanya berukuran 4.7 GB. biasanya extras DVD seperti bahasa dan dukungan lain dihapus dari DVD-R.

MiniDVD, sama dengan DVD tetapi masuk adalam sebuah CDR dan DCRW. karena resolusi yang sangat tinggi , hanya memungkinkan untuk diisi sekitar 18-21 menit tiap disc nya, format ini hanya kompatible dengan beberapa Disc player.

Comments

total comments