November 3, 2016 thumb Jadikan Android sebagai Layar Monitor di Saat Penting

well, ini adalah kisah saya. beberapa waktu lalu saya yang cuma punya Intel NUC DN2820FYKH diminta On Site untuk mendampingi implementator untuk implementasi Software. karena khawatir merepotkan client, saya diminta beli laptop atau bawa monitor sendiri. hm.. untuk beli laptop saya tidak seberapa suka. laptop memang bagus tapi kalau dah rusak satu, susah nyari sparepart kecuali RAM atau Harddisk. sedangkan Intel NUC milik saya dia portable tetapi juga cukup mumpuni untuk kebutuhan coding saya, trus kalau rusak, paling saya kehilangan Processor , Motherboard saja, Keyboard , Mouse dll tidak. hm… wal hasil saya mencoba berpikir gimana cara kalau HP Sony Z Ultra saya yang dijadikan Monitor. sehingga saya tidak butuh monitor untuk saat – saat genting. Sony Z Ultra yang memiliki Layar 6.4 Inch, jika saya beli Lens Expander saya rasa sudah cukup kalau cuma untuk kebutuhan coding tipis-tipis.

Ini dia waktu pengetesan, bisa berjalan dengan baik.

Ini dia waktu pengetesan, bisa berjalan dengan baik.

untuk menjalankan aksi saya tentu saja saya butuh koneksi wireless antara Sony Z Ultra dan Intel NUC, kebetulan saya punya Andromax M2Y, yap yang tinggal kita lakukan adalah bagaimana caranaya membuat supaya ketika Intel NUC dinyalakan, dia langsung connect ke Andromax M2y. itu yang pertama, yang kedua bagaimana cara saya bisa melakukan Remote ke PC tanpa koneksi internet. oke dan berikut ini yang saya lakukan.

  • pertama saya siapkan dulu AndroMax M2Y saya set koneksinya ke manual saja. agar ketika dinyalakan tidak segera connect internet. disana bagian DHCP saya set, ketika ada Mac Address Intel NUC mau connect segera saya beri IP tertentu yakni 192.168.1.4. kemudian saya set pula jika ada Sony Z Ultra saya yang Connect saya beri IP 192.168.1.5. ini penting karena kita nantinya kita tidak memiliki monitor waktu on site. untuk melakukan ini cukup buka setting androi M2Y dengan browser (tentu saja waktu melakukan ini saya masih ada monitor) dan masuk ke halaman admin dari andromax m2y.
  • kemudian untuk linux yang pertama saya buat auto login, kenapa ya untuk satu minggu ke depan saja saya buat auto login . karena saya tidak punya monitor nantinya. caranya sangat mudah, karena kebetulan saya menggunakan KDE tinggal masuk ke Account Manager dan memberikan akses ke Automatic Login ke User saya.
  • tidak berhenti di situ, saya juga harus melakukan setting dibagian Login Screen, saya harus centangi agar Login Screen ini mengijinkan Automatic Login. sehingga dia akan meneruskan kepada user mana yang di set Automatic Login.
  • berikutnya saya perlu install ssh-server. sangat mudah sebenarnya untuk menginstall ssh-server, tinggal ketikan saja apt-get install ssh-server. ini perlu karena nanti saya butuh untuk menghidupkan VNC Server agar bisa saya Remote. untuk melakukan setting ssh. untuk menginstall ssh-server cukup ketikan
    • #apt-get install openssh-server
    • #sudo cp /etc/ssh/sshd_config /etc/ssh/sshd_config.original
    • #sudo chmod a-w /etc/ssh/sshd_config.original
  • setelahitu saya harus meng-install vnc-server. sebelum saya bahas lebih lanjut ada 3 jenis VNC-server yang ada di Kubuntu.
    • vnc4server : ini adalah default dari VNC Server tetapi untuk melakukan setup jauh lebih rumit, selain itu ketika kita login ke vnc4server kita tidak mendapatkan session kita sendiri melainkan dibuatkan sebuah new session milik vnc sendiri sehingga settingan desktopnya adalah settingan desktop dan ini saya tidak mau.
    • krfb : tool ini adalah bawaan dari Kubuntu, fungsinya sama persis dengan VNC4server tetapi dia akan menggunakan current session yang di remote, jadi sebenarnya dia bisa kita pakai. tetapi karena yang akan kita lakukan adalah melakukan remote walau tanpa ada monitor maka krfb tidak bisa dipakai karena ketika kita me-remote krfb akan menampilkan dialog box, apakah setuju untuk di remote atau tidak, sekalipun kita sudah memasukan password yang sesuai sehingga tidak cocok untuk kasus ini.
    • x11vnc : tool inilah yang sesuai untuk kondisi saat ini , tool ini ketika aktif dia bisa diset password tanpa perlu melakukan confirm lagi, selain itu ketika dijalankan user session yang dipakai adalah user session yang sedang login. sehingga tool ini ideal untuk kasus saya. selain itu dia tidak membutuhkan gui untuk beroperasi sehingga dengan menggunakan ssh kita sudah dapat memakainya.
      • untuk menginstall x11vnc caranya, sebagai berikut.
      • #apt-get install x11vnc
      • setelah terinstall tinggal kita running tapi sebelum di running ada baiknya di password dahulu.x11vnc
      • #x11vnc storepasswd pasword_ane /home/goblooge/passdvnc
      • dengan di password tidak semua orang bisa masuk hanya yang tahu password saja. kemudian kita cukup jalankan saya x11vnc.
      • #x11vnc -rfbauth /home/goblooge/passdvnc
      • nantinya setiap kali menjalan x11vnc tidak perlu menginputkan password lagi cukup ketikan x11vnc -rfbauth /home/goblooge/passdvnc, kecuali ada perubahan password.
      • selesai setting untuk Intel NUC. tampak disana bahwa port yang dipakai adalah 5900,  hal ini bisa berbeda hasilnya dengan komputer anda pastikan cek. 5900 adalah port default, jika terpakai akan dibuat 5901 dan seterusnya.
Setting Intel NUC, tampak pada tulisan ini POrt yang dipakai adalah 5900

Setting Intel NUC, tampak pada tulisan ini POrt yang dipakai adalah 5900

  • kemudian kita butuh tool di android yang mana akan kita gunakan untuk melakukan aksi remote ini. pertama kita butuh namanya ssh client, saya menggunakan connect bot untuk melakukan hal tersebut. ssh client digunakan untuk melakukan remote pada ssh yang mana dengan itu kita akan menjalankan x11vnc. tool ini gratis di playstore.
  • kemudian saya butuh namanya vnc client yang saya pakai adalah vnc viewer yang bisa di download gratis di playstore.
  • setelah semua sudah siap coba jalankan vnc viewer, di android. tambahkan satu device degan menekan tombol + di bagian kiri atas. masukan IP  Komputer yakni 192.168.1.4 , masukan username dan password dan mengisi port dengan 5900 itu adalah port default vnc server. kemudian klik connect dan hasilnya kita bisa melihat dan me-remote layar Intel NUC melalui HP Android. ketika kita menggerakan mouse dan mengetik dengan keyboard maka tampilan di Layar HP juga akan secara otomatis mengikuti layar Monitor.
terkoneksi dengan baik

terkoneksi dengan baik

  • tunggu sebentar katanya tidak pakai monitor, kenapa sekarang pakai monitor ? ini masih testing, memastikan semua berjalan lancar dahulu, memastikan tidak ada yang error koneksi. berikutnya kita coba skenario test baru.

oke taruhlah kita sudah berhasil melakuka koneksi, sekarang kita coba skenario test berikutnya. matikan Intel NUC, matikan Modem, tapi Android tidak perlu dimatikan. kemudian saya menyalakan Modem Andromax M2Y terlebih dahulu. baru kemudian menyalakan PC (kenapa agar ketika PC jalan secara langsung bisa connect ke Andromax), kali ini saya tidak menyentuh apapun kecuali tombol power sambil mengamati di Monitor PC, untuk mengetes apakah saya bisa masuk ke Desktop atau tidak. setelah beberapa menit saya berhasil masuk ke Desktop tanpa menyentuh apapun, kemdian saya cek di bagian koneksi pun Intel NUC sudah terkoneksi dengan Andromax dan mendapatkan IP 192.168.1.4, kemudian saya koneksikan android, ke Andromax, saya lakukan SSH dengan menggunakan Connect Bot untuk menjalankan x11vnc, setelah x11vnc jalan, saya buka VNC viewer dan melakukan koneksi. boom berhasil.

Hsail Me-remote tanpa Layar Monitor

Hsail Me-remote tanpa Layar Monitor

skenario test kedua berhasil, sekarang tinggal skenario test ketiga tanpa Monitor. saya mastikan Intel NUC, saya cabut monitor-nya. seperti biasa saya matikan Modem, saya nyalakan lagi. kemudian menyalakan Intel NUC, saya tunggu kira-kira 1 menit. saya koneksikan Sony Z Ultra ke Andromax, saya lihat di DHCP Andromax, Intel NUC sudah terkoneksi dengan IP 192.168.1.4, saya buka Connect Bot di android, dan saya menjalankan x11vnc, setelah jalan, saya buka VNC Viewer dan boom terkoneksi dengan baik. akhirnya saya bisa bekerja walau tanpa monitor.

Comments

total comments