February 11, 2013 thumb Install Wireless USB Adapter TPLink TL-WN721N driver di Ubuntu

hello salam semua, lama juga saya tidak lagi posting di situs ini. ok langsung saya mulai, alkisah saya baru pindahan kontrak untuk memulai hidup baru hehehe…. dulu saya pake internet sp**dy, berhubung dikampung udah g saya pakai lagi, akhirnya saya cabut. saya berencana memasang internet di kontrakan, tapi masih mikir-mikir tentang biayanya, alhasil saya punya inisiatif untuk menjadi handphone android Samsung Galaxy S saya sebagai 3G modem. berhubung komputer saya tidak ada wirelessnya akhirnya saya membeli USB Wireless Adapter merk TPLink TL-WN721N. USB adapter ini  berjalan mulus di windows karena emang telah disediakan drivernya, namun bagaimana dengan di linux. ikuti cara berikut supaya modem bisa berjalan di Linux. saya menggunakan Linux Mint 14 : Nadia Turunan Ubuntu 12.10.

pertama hal yang harus dilakukan adalah mendownload firmware terlebih dahulu, silakan download di sini.

setelah itu copy ke directory firmware :

<strong># sudo cp -r ~/Downloads/ar9271.fw /lib/firmware</strong>

kemudian  kita harus mendownload versi terakhir compat wireless. anda bisa mengunjungi http://wireless.kernel.org/download/compat-wireless-2.6/ versi terakhir yang saya dapatkan adalah compat-wireless-2.6.tar.bz2. setelah di-download silakan uncompress file tersebut :

# tar -xjvf compat-wireless-2.6.tar.bz2

kemudian kita compile sendiri driver tersebut, jalankan perintah berikut secara bergantian.

# cd compat-wireless-2010-05-23/

# sudo make

sudo make install

setelah ketiga perintah tersebut dijalankan, kita harus melakukan unload driver lama dan melakukan load driver yang baru.

# sudo make unload

<strong># sudo make load ath9k_htc</strong>

setelah selesai maka secara otomatis driver yang lama telah tergantikan oleh driver yang baru, silakan restart komputer anda dan jika tidak ada kesalahan seharusnya wireless USB Adapter anda sudah terdeteksi. demikian yang bisa saya sharing, jika ada pertanyaan atau masukan silakan di comment :D, salam.

Comments

total comments