April 15, 2012 thumb Install Ubuntu di HP Android

setelah bersusah payah akhirnya berhasil juga menginstall Ubuntu di HP android tercinta. installnya sih mudah, yang susah itu downloadnya, bikin gimana gitu. putus nyambung putus nyambung putus nyambung, sekali putus gak bisa di-resume, kalo mau download, harus subuh-subuh, speed-nya masih dewa :D *BBB_Putus_Nyambung :D.

INSTALASI

  1. Ok, lanjut ke tahap pertama, yang harus di-download adalah file Image  dari Ubuntu yang sudah di remaster menggunakan X-Window LXDE. ukuran filenya 3.5 GB cukup sesuatu banget untuk internet di Indonesia, file-file bisa di-download di http://minus.com/mKGww7gIl#2. bentuknya adalah file Zip dan jika di-extract akan menghasilkan 3 buah file ubuntu.img, ubuntu.sh, and the ubuntu.sh.md5. jika sudah download filenya maka ada beberapa software yang harus dipersiapkan, pertama adalah Terminal Emulator, Busybox dan Android VNC , ketiganya bisa di-download di android market secara gratis. install dan kita lanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Androidnya harus sudah di-root.
  3. Copy file ubuntu.img, ubuntu.sh dan ubuntu.sh.md5 ke sebuah folder di SD Card HP android anda, pastikan masuk dalam satu folder, kita misalkan foldernya “Ubuntu”.
  4. jika sudah silakan buka terminal emulator, dan ketikan #su supaya menjadi root.
  5. #cd sdcard/ubuntu/ supaya masuk ke folder ubuntu yang kita buat tadi di SD Card.
  6. terakhir ketikan #sh ubuntu.sh
  7. biarkan warning yang muncul. tunggu beberapa saat, ubuntu sedang di boot di hp android anda, tentu saja ini tergantung pada spesifikasi HP anda, kalau saya menggunakan Samsung Galaxy S sehingga lumayan untuk menjalan Ubuntu tersebut.
Running Terminal

Running Terminal

 

Ubuntu Boot Up

Ubuntu Boot Up

CARA MENJALANKAN

  1. kalau sudah silakan keluar dari terminal emulator, tapi jangan di-exit, biarkan Terminal Emulator jalan, kemudian bukalah Android VNC, masukan parameter sebagai berikut :
  2. Address : localhost (atau biarkan kosong).
  3. Password  : Ubuntu
  4. Port : 5900
  5. BPP : 24
  6. tekan connect dan selamat menikmati :D

Setting Android VNC

CARA KELUAR DAN UNINSTALL

  1. untuk keluar dari Operating System ubuntu, silakan Log Out dari Android VNC.
  2. kemudian dari Terminal Emulator yang tadi masih terbuka, ketikan #exit tiga kali diikuti enter, biarkan cukup lama sampai seluruh OS Ubuntu selesai di Shutdown.
  3. dan selesai, untuk melakukan uninstall tinggal dihapus saja Folder ubuntu tadi :D.

Ini Beberapa Screenshot Yang saya dapat saat menjalankan Aplikasi di Ubuntu LXDE :D

Desktop LXDE

Desktop LXDE saya Screenshot Langsung di HP

 

Ana Shoot Pake BB ane

Ana Shoot Pake BB ane, Biar Meyakinkan

 

Gimp aplikasi Foto Editor umum di Ubuntu

Gimp aplikasi Foto Editor umum di Ubuntu

 

Gimp lagi Berjalan

Gimp lagi Berjalan

 

Open Office lagi Start Up

Open Office lagi Start Up

 

 

Open Office Draw

Open Office Draw

Terminal alias Console Ubuntu

Peringatan, karena menjalankan ubuntu membutuhkan resource yang cukup besar, saya nggak tanggung jawab kalo sampe HP situ modar, silakan dicoba dengan menanggung resiko sendiri :D. dan satu lagi jangan melakukan #apt-get update atau install aplikasi di sini, memang sih nggak papa, tapi ubuntu yang ini adalah ubuntu yang sudah di buat sedemikian hingga supaya dapat berjalan di Android Device, kalau di update ya alamat Android ente jadi super lelet.

Salam Goblooge dan tunggu tulisan berikutnya :p

Comments

total comments