October 25, 2017 thumb Install SSH Server in Termux

setelah meng-install PHP dan MariaDB mungkin kita akan membahas lebih dalam tentang Termux. kali ini adalah meng-install SSH Server, sekali lagi karena ini linux jadi untuk melakukan install ssh server sangatlah mudah. cukup ketikan

#pkg install openssh

dengan menginstall paket openssh, maka baik ssh client atau ssh server di install sekaligus. dengan cara ini maka ssh server yang kita butuhkan telah siap. setelah itu kita bisa me running ssh server dengan mengetikan.

#sshd

tidak akan ada tampilan apapun yang muncul , sebenarnya ssh telah berjalan pada port 8022, karena port 22 adalah port umum yang biasanya sudah terpakai. kita bisa test menggunakan perintah:

#ssh localhost -p 8022

kita tidak bisa login langsung di termux menggunakan password seperti biasanya karena tentu saja ini akan ditolak sistem android. selain itu root di android juga terkadang tidak memiliki password.  maka dari itu kita membutuhkan RSA key pair. berikut caranya :

# touch ~/.ssh/authorized_keys
# chmod 600 ~/.ssh/authorized_keys
# chmod 700 ~/.ssh

perintah tersebut akan menghasilkan file authorized_keys,  kemudian kita generate sebuah key pair menggunakan perintah :

#ssh-keygen

tunggu beberapa saat , system akan membangkitkan semacam entropi untuk men-generate sebuah key pair. hasil dari key pair tersebut akan disimpan pada file~/.ssh/id_rsa dan ~/.ssh/id_rsa.pub.  jika sudah selesai, kemudian kita masukan key pair tersebut dalam file authorized_key. agar diijinkan oleh ssh server mengakses ke sistem android.

# cat ~/.ssh/id_rsa.pub >> ~/.ssh/authorized_keys
# chmod 600 ~/.ssh/authorized_keys

jika sudah selesai kita bisa test apakah koneksi ssh sudah berhasil dengan menggunakan perintah :

#ssh localhost -p 8022 -i %PATH_TO_FILE%

nah untuk PATH_TO_FILE dapat diisi dengan “~/.ssh/id_rsa ” tanpa tanda petik. maksudnya adalah login menggunakan file id_rsa yang tadi kita create. jika sudah berhasil berarti di android sudah siap. tinggal kita siapkan yang dikomputer yang akan me-remote.

Membuat RSA Key Pair

Membuat RSA Key Pair

nah yang perlu kita lakukan adalah meng-copy dan mengirimkan file id_rsa ke komputer yang akan kita remote. nantinya mana-mana komputer yang memiliki id_rsa dapat digunakan untuk me-remote android kita, tentu saja setelah memasukan password.

gampang saja, cari menggunakan file browser, kemudian sent file id_rsa menggunakan bluetooth. file tersebut ada di /data/data/com.termux/files/home/.ssh/id_rsa gunakan file browser seperti file commander  yang mana bisa menampilkan file dan folder yang ter hidden.

jika sudah kita copy ke komputer maka dibagian komputer yang akan menjalakan dan mer-remote android cukup ketikan seperti testing tadi.

 #ssh localhost -p 8022 -i %PATH_TO_FILE%

masukan password dan anda sudah masuk ke sistem termux di android melalui komputer.

Testing SSH Server

Testing SSH Server

metode ini sangat cocok jika kebetulan ingin mendebug android untuk development, karena kita juga bisa menggunakan berbagai perintah adb di termux. untuk tulisan selanjutnya saya akan bahas adb di termux, jadi sampai jumpa pada tulisan berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments