October 20, 2017 thumb Install PHP Web Server di Termux

menyambung tulisan sebelumnya tentang cara menginstall maria db di termux ( Install MariaDB di Termux ), sebagai pelengkap kita akan install apache web server di termux. dikarenakan perbedaan yang ada dalam termux dibandingkan dengan linux asli, maka port default untuk web server seperti 80 dll tidak bisa dipakai , sehingga nantinya kita akan menggunakan port lain untuk menjalankan web server.

INstall Apache WEb server

INstall Apache WEb server

untuk menginstall apache web server cukup mudah, cukup ketikan

#apt install apache2

tunggu hingga proses selesai, jika sudah untuk menjalankanya cukup mudah. yang perlu kita lakukan cukup mengetikan perintah.

#php -S ip:port -t /path/to/web/file.php

dimana ip adalah ip address dari web yang kita inginkan, port adalah port yang ingin kita pakai sebagai port http, jika kebetulan port 80 tidak dipakai bisa menggunakan port 80, dan /path/to/web/file.php adalah direktori dari file php yang ingin kita jalankan.

misalkan saya memiliki file di /sdcard/www/html/index.php. kemudian ip adress HP saya pada jaringan WLAN adalah 192.168.1.200 dan saya ingin menggunakan port 8080 sebagai portnya cukup ketikan

#php -S 192.168.1.200:8080 -t/sdcard/www/html/index.php

untuk mencobanya cukup ketikan di browser android localhost/index.php atau jika kebetulan terkoneksi jaringan bisa menggunakan ip address langsung 192.168.1.200, dan coba akses dari HP atau komputer lain. jika kebetulan tidak memiliki jaringan LAN / Wifi maka ip dapat diisi dengan 127.0.0.1.

mungkin ini yang bisa saya share, pada tulisan berikutnya saya akan bahas tentang ssh server di termux, sehingga kita bisa mengutak-atik console termux langsung menggunakan ssh server. bahkan bisa dipakai untuk debugging saat kita men-develop aplikasi di android. sampai jumpa pada tulisan berikutnya Okey DOnkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments