October 20, 2017 thumb Install MariaDB di Termux

seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang termux, ( Termux , Sebuah Linux dalam Android ). termux merupakan linux yang memanfaatkan sistem milik android. kali ini saya ingin sedikit sharing tentang cara meng-install mariadb atau database server di termux.  tentu saja dengan cara kita meng-install database kita dapat menjalankan server database kapanpun kita mau. sehingga kita bisa memiliki aplikasi database portable yang cocok untuk digunakan demo aplikasi kita (kalau kebetulan programmer mungkin ngerti, tak perlu repot-repot buka PC kalau hanya untuk demo aplikasi database).

Proses Instalasi Maria DB

Proses Instalasi Maria DB

untuk melakukan install mariadb cukup ketikan

#apt install mariadb

tunggu beberapa saat sampai akhirnya mariadb telah selesai menginstall sistemnya. setelah mariadb selesai kemudian jalankan perintah berikut, untuk menginstall basic datanya

#mysql_install_db

kemudian ketikan perintah berikut untuk melakukan start service mariadb

#mysqld

setelah selesai, maka kita bisa melihat bahwa database maradb telah tersedia pada termux, dan kita bisa melakukan login pada database tersebut dengan perintah

#mysql -u root -p *****

dimana ***** adalah password  milik anda, jika kebetulan belum terisi maka isinya seharusnya kosong (blank). jika telah berhasil login , berarti mariadb telah sukses terinstall. jika ingin mengamankan atau mengubah password root bisa ketikan perintah berikut :

#mysql_secure_installation

akan muncul beberapa step dan anda bisa memasukan password baru untuk root yang kebetulan masih kosong. pada tulisan berikutnya saya akan bahas bagaimana meng-install php dan memasang web server sehingga pada akhirnya kita bisa membuat sebuah aplikasi web sederhana dengan menggunakan termux yang mana aplikasi ini dapat kita tunjukan sebagai demo aplikasi sesungguhnya pada client. oke sampai jumpa pada tulisan berikutnya Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments