October 21, 2013 thumb Install Facebook Home di HP Android

salam, mumpung lagi nganggur sambil ngisi waktu luang, kali ini saya ingin sharing sedikit tentang cara-cara install Facebook Home di HP android kesayangan anda. Facebook Home merupakan sebuah Launcher yang dibuat oleh Facebook, khusus untuk menampilkan update, chating dan seabrek fitur facebook yang lain. sayangnya Facebook Home hanya dibuat untuk device-device tertentu saja seperti Samsung Galaxy S III. bagaimana dengan pemilik HP yang bukan versi mainstream seperti Samsung Galaxy S milik saya (walaupun dulunya samsung galaxy S juga HP kelas premium). tenang, dengan sedikit trik kita bisa kok menginstall facebook Home di HP Android kita. tutorial ini dibagi dua untuk HP yang belum di root dan HP yang sudah di root. OK berikut ini caranya :

Untuk HP yang Belum di Root

untuk HP yang belum di root, sebenarnya cukup mudah. tetapi anda tidak bisa melakukan update dari playsotre untuk 3 aplikasi bawaan facebook, antara lain Facebook Home, Facebook Messengger dan Facebook Mobile. kenapa  ? ketiga aplikasi diatas sebenarnya adalah aplikasi yang sama dengan di playstore tetapi sudah di custom sedemikian rupa oleh para fans android untuk bisa berjalan menggunakan Facebook Home pada semua HP android. jadi untuk update anda harus menunggu custom dari pada android fans. caranya :

  • Download aplikasi Facebook  disini dan kemudian install.
  • Download aplikasi Facebook Messengger disini dan kemudian install.
  • terkhir Download aplikasi Facebook Home disini dan kemudian install.

seperti yang saya katakan sebelumnya, setelah anda menginstall aplikasi ini anda tidka boleh melakukan update lewat playstore untuk ketiga aplikasi tersebut, atau Facebook Home tidak lagi bisa digunakan. karena ketiga aplikasi tersebut adalah aplikasi custom non-official.

Untuk HP yang Sudah di Root

untuk HP yang sudah di root, anda dapat secara langsung mendapatkan update dari playsote. berikut ini adalah link untuk ketiga aplikasi tersebut di playstore.

  • Facebook di sini.
  • Facebook Messengger di sini.
  • Facebook Home di sini.

karena kita ada di root, hal terakhir yang harus kita lakukan adalah “menipu” ketiga aplikasi tersebut seolah-olah HP kita adalah HP yang di support oleh facebook home. caranya dengan mengedit Build.prop dari hp yang kita miliki. caranya :

  • install aplikasi file browser root ES File Explorer, download dan install disini.
  • dengan menggunakan Es File Expolrer tuju root -> system -> dan cari file build.prop.
  • backup terlebih dahulu file tersebut dengan melakukan copy paste (wajib), terserah anda mau backup dimana, di PC boleh, external SDCard boleh.
  • kemudian buka file build.prop dan mari kita edit.
  • setelah membuka dari build.prop ikuti step berikut untuk mengubah HP android anda. 
  • ubah nilai “ro.product.model” menjadi “GT-N7100″, setelah diedit lengkapnya seperti ini : “ro.product.model=GT-N7100″
  • ubah nilai “ro.product.brand” menjadi “samsung”, setelah diedit menjadi seperti ini : “ro.product.brand=samsung”
  • ubah nilai “ro.product.name” menjadi “t03gxx”, setelah diedit menjadi seperti ini : “ro.product.name=t03gxx”
  • ubah nilai “ro.product.device” menjadi “t03g”, setelah diedit menjadi seperti ini : “ro.product.device=t03g”
  • ubah nilai “ro.product.manufacturer” menjadi “samsung”, setelah diedit menjadi seperti ini : “ro.product.manufacturer=samsung”
  • ubah nilai ‘ro.com.google.clientbase” menjadi “samsung”, setelah diedit menjadi seperti ini : “ro.com.google.clientbase=samsung”

jika sudah selesai silakan disimpan dan reboot HP anda, jika HP anda menjadi tidak stabil silakan di-kembalikan dengan menimpa file build.prop yang kita edit, dengan file build.prop yang tadi kita backup. jika HP anda tetap stabil, silakan jalankan Facebook Home dan secara langsung anda bisa menikmati fasilitas Facebook Home di HP anda. berikut ini adalah screenshot HP saya yang sudah terinstall Facebook Home.

Tampilan Home dari Facebook Home

Tampilan Home dari Facebook Home, di sini anda bisa melihat status update teman-teman anda.

Tampilan Menu Main Application di Facebook Home

Tampilan Menu Main Application di Facebook Home

Tampilan All Program Facebook Home

Tampilan All Program Facebook Home

Comments

total comments