November 21, 2016 thumb Install Android di PC – Remix OS

Android saat ini menjadi OS dengan pengguna terbanyak di dunia (data dari gartner). untuk melanjutkan expansi android, para developer android sekarang pun menjarah penggunaan Operating System Desktop. ya, Android yang pada mulanya di design untuk Operating System Mobile. kini di design ulang agar bisa berjalan pada desktop. yang artinya kita bisa install Android pada PC , Notebook, Laptop atau PC Backbone sekalipun.

adalah Remix OS, sebuah project OS yang mana mengembangkan Android agar dapat digunakan pada PC Desktop. nah kali ini saya ingin berbagai bagaimana caranya melakukan Install Remix OS pada PC Desktop. sebagai Test Bed saya menggunakan Intel NUC DN2820FYKH dengan Harddisk Intel SSD 128 GB dan RAM 4GB dengan Kubuntu 16.04 64 bit sebagai OS dasarnya. saya rasa ini cukup mumpuni untuk menjalankan game di android.

Setelah di Extract akan Muncul 3 buah File, txt yang berisi penjelasan, Iso file yang merupakan Image File Remix OS dan .exe yang merupakan isntaller Remix OS. sumber : droidmen.com.

Setelah di Extract akan Muncul 3 buah File, txt yang berisi penjelasan, Iso file yang merupakan Image File Remix OS dan .exe yang merupakan isntaller Remix OS. sumber : droidmen.com.

untuk melakukan instalasi, silakan download remix os di http://www.jide.com/remixos-for-pc. ukuran filenya adalah 1 GB disana terdapat Remix OS for windows dan ada pula sebuah file iso. setelah di download, silakan extract file zip dari Remix OS. selain file zip terdapat pula sebuah program .exe yang mana digunakan Remix OS untuk melakukan Instalasi jika kebetulan anda menggunakan windows.pada dasarnya untuk menginstall Remix OS sama saja dengan menginstall Operating System lainya. kita bisa burn Remix OS iso file pada sebuah CD atau di-install di Flashdisk, kemudian kita boot lewat flashdisk dan install seperti biasa. tetapi kali ini bukan itu yang akan kita lakukan. kita akan Install Remix OS tanpa menggunakan Flashdisk atau burn ke CD/DVD. sebelum kita mulai akan saya jelaskan 3 kondisi cara instalasi Remix OS.

  • kondisi pertama install Remix OS dengan Windows, syaratnya harus berbeda partisi.
  • kondisi kedua, Install Remix OS satu Partisi dengan Linux, karena Android sama-sama berbasiskan Linux , dan menggunakan ext4 sebagai filesystem-nya, hal ini bisa dilakukan khusus untuk pengguna Linux.
  • kondisi ketiga, Install Remix OS berbeda Partisi dengan Linux.

itulah tiga kondisi dari installasi Remix OS, sekarang mari kita bahas satu persatu, sesuaikan dengan kondisi anda.

Kondisi Pertama, Install Remix OS dengan Windows pada Partisi yang Berbeda.

  • karena Windows dan Remix OS menggunakan File System yang berbeda, maka sebuah partisi tersendiri harus dibuatkan. untuk itu silakan buat partisi baru di windows anda, menggunakan Disk Management. bagaimana cara pembuatan partisi tidak saya jelaskan disini. silakan di googling sendiri cara membuat partisi di Windows. setelah kita terpartisi dengan baik , siapkan file .iso milik Remix OS, dan jalankan Remix_OS_Instalation_Tool.exe. 
  • setelah Instalation Tool Jalan, pertama pilih file Iso dari Remix OS, kedua pilih Harddisk pada bagian type karena akan kita Install di Harddisk dan ketiga pilih partisi mana Remix OS akan di install. minum Harddisk yang dibutuhkan adalah 8 GB, tapi saya sarankan 10 GB. kalau sudah tinggal klik OK. kemudian Restart PC anda. untuk installernya sendiri cuma Support Windows 7, 8 dan 10.
3 Langkah Pertama Instalasi Remix OS di Harddisk. sumber : droidmen.com

3 Langkah Pertama Instalasi Remix OS di Harddisk. sumber : droidmen.com

  • buka bios dan pastikan anda melakukan Disabled pada Secure Boot. hal ini dibutuhkan jika kebetulan anda menggunakan Windows 10 64 bit yang menggunakan Secure Boot, untuk melakukan itu, cukup masuk BIOS dengan tombol F2, F8 atau F12 tergantung merk PC anda. cari bagian Boot Mode Setting dan Pilih  Legacy Boot Mode, Secure Boot Off atau UEFI Boot Mode, Secure Boot Off.
Masuk Ke Secure Boot Setting

Masuk Ke Secure Boot Setting . sumber: droidmen.com

  • sekali lagi pastikan anda menggunakan Boot Mode yang Mana, jika kebetulan gagal waktu boot, coba pilih dari Legacy Boot Mode ke UEFI Boot Mode dan sebaliknya jika kebetulan anda tidak yakin mode boot mana yang sedang berjalan di PC anda.
Pilih Salah Satu sumber : droidmen.com

Pilih Salah Satu sumber : droidmen.com

  • jika sudah simpan setting PC anda akan Reboot dan ketika Reboot Pilih Remix OS, anda akan melihat sebuah gambar Blank disana. biarkan , dalam percobaan kadang ada yang 20 Menit, 30 Menit dan bahkan 1 Jam. saya sendiri karena kebetulan menggunakan SSD cuma butuh waktu sekita 1 menit. ketika menampilkan Blank atau logo dari Remix OS, pada dasarnya Remix OS sedang melakukan Extract pada System-nya. melakukan Formating menyusun file-file-nya dll. tentu hal ini sangat tergantung pada PC anda. kuncinya disini adalah sabar. jika sudah anda akan disapa dengan Tampilan dari Remix OS.
Biarkan, Remix OS sedang memproses dan meng-extract file-filenya. anda harus bersabar.

Biarkan, Remix OS sedang memproses dan meng-extract file-filenya. anda harus bersabar.

setelah menunggu beberapa saat, maka Remix OS akan menyapa anda dengan Konfigurasi Jaringan, Bahasa dan lain sebagainya. ya silakan dinikmati Remix OS , Android rasa Desktop.

Tampilan Remix OS yang Berhasil terinstall.

Tampilan Remix OS yang Berhasil terinstall.

oke untuk saat ini, cukup sampai disini tutorialnya, pada tulisan selanjutnya akan saya bahas, bagaimana cara meng-install Remix OS Dual Boot dengan Linux. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments