November 22, 2016 thumb Install Android di PC – Remix OS – Dual Boot Ubuntu

masih melanjutkan tulisan yang kemarin tentang bagaimana caranya melakukan Install Remix OS. kalau pada tulisan yang kemarin “Install Android di PC – Remix OS“, saya menggunakan Dual Boot dengan Windows, maka kali ini kita akan buat bagaimana Dual Boot dengan Ubuntu Linux, dengan partisi berbeda. dan sekali lagi tanpa menggunakan bantuan USB ataupun CD/DVD.

sebelum melakukan Instalasi yang perlu kita lakukan adalah melakukan partisi ulang pada Harddisk yang kita miliki. bagi pengguna ubuntu tentu sudah mengenali gParted sebagai tool partisi yang powerfull di Lingkungan Linux. sediakan satu partisi sebesar minimal 8GB, tapi dalam contoh ini saya menyediakan sebesar 20 GB.

Sediakan Partisi tersendiri untuk Remix OS. sebagai contoh saya partisi 20GB pada sda6.

Sediakan Partisi tersendiri untuk Remix OS. sebagai contoh saya partisi 20GB pada sda6.

setelah anda berhasil melakukan partisi, hal yang perlu diperhatikan adalah, nomor partisinya. dalam contoh ini adalah sda6, catat baik-baik hal ini. karena nantinya kita akn melakukan customisasi pada grub. setelah partisi berhasil. keluar dari gParted dan buka partisi yang tadi sudah kita buat. nah siapak file .iso dari installer Remix OS, kemudian extract seluruh file .iso tersebut kedalam partisi tadi. sehingga isi dari file .iso tersebut ter-copy di partisi tersebut. gunakan ark atau garchive untuk melakukan extract file .iso (cukup klik kanan extract to ).

Hasil Extract file .iso dari installer Remix OS.

Hasil Extract file .iso dari installer Remix OS.

sekarang saat-nya untuk mengubah grub. untuk dapat mengubah grub , kita membutuhkan grub customizer, jika kebetulan anda belum memiliki grub customizer. silakan download dan install, berikut caranya meng-install grub customizer.

sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer
sudo apt-get update
sudo apt-get install grub-customizer

setelah Grub Customizer terinstall , tinggal saatnya menambah sebuah menu dari grub customizer. pada menu bar pilih Edit->New dan kemudian akan muncul dialog box. pada bagian Name Isi dengan Remix OS, pada bagian type isi dengan Other dan masukan script berikut pada kotak Boot Sequence.

Kustomisasi pada Grub.

Kustomisasi pada Grub.

berikut ini script yang harus di Copy Paste pada bagian Boot Sequence.

set root=(hd0,6)
linux /kernel initrd=/initrd.img boot=LABEL=RemixOS disk=LABEL=RemixOS quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=remix_x86_64 androidboot.selinux=permissive quiet SRC= DATA= CREATE_DATA_IMG=1
initrd /initrd.img

perhatikan pada bagian yang saya tandai dengan warna merah. itu adalah root dari partisi yang mana kita meletakan Remix OS. sebagai contoh kasus saya, pada harddisk pertama dan partisi ke 6, maka saya isi (hd0,6) jika pada harddisk pertama partisi ketiga, maka harus di tulisa (hd0,3). jika pada hardiisk kedua partisi kedua, maka ditulis (hd1,2). sesuaikan degan kondisi harddisk anda. setelah selesai, klik save, dan reboot komputer anda.

ketika komputer reboot, pilih Remix OS pada bagian boot menu. seperti tulisan sebelumnya, tinggal tunggu beberapa saat tergantung kecepatan Harddisk, RAM dan Processor anda. karena kebetulan saya menggunakan SSD, dalam waktu kurang dari 1 menit, dialog dari Remix OS sudah muncul.

Remix OS yang berhasil terinstall di PC saya.

Remix OS yang berhasil terinstall di PC saya.

oke demikian yang bisa saya share, untuk kondisi berikutnya adalah, bagaimana caranya meng-install Remix OS Dual Boot dengan Ubuntu dalam Satu partisi. tunggu pada tulisan saya berikut, okey donkey dan salam goblooge.

Comments

total comments