December 15, 2018 thumb Icon Terbaik untuk Ubuntu

icon merupakan komponen terpenting dalam GUI, bayangkan jika tidak ada icon dalam komputer kita, semuanya akan membosankan dan akan terlihat hanya teks saja. nah kali ini saya ingin membahas sedikit tentang beberapa icon yang biasa saya pakai dalam Ubuntu milik saya. sedikit informasi saya menggunakan Lubuntu 18.04. 

Papirus

Papirus pada dasarnya adalah sebuah icon yang dibuat untuk memberikan kesan soft dan di inspiasi dari tampilan material design. icon ini cukup nyentric dan mirip sekali dengan icon dari Mac OS X. tersedia dalam beberapa :

  • Papirus
  • Papirus Dark
  • Papirus Light
  • ePapirus untuk elementary OS

instalasi papyrus OS cukup mudah, jika anda menggunakan ubuntu dan turunanya, karena icon ini bisa kita install mengguankan repository ppa.

<code>sudo add-apt-repository ppa:papirus/papirus
sudo apt-get update
sudo apt-get install papirus-icon-theme</code>

jika kebetulan tidak menggunakan ubuntu, jangan khawatir, linux adalah OS yang paling fleksibel sehingga dapat di custom dengan mudah, sialakn download saja versi zipnya di https://github.com/PapirusDevelopmentTeam/papirus-icon-theme

Papyrus Icon Theme

La Capitaine

theme ini juga icon theme yang cukup nyentrik dan saat ini saya lagi gandrung memakainya. La Capitaine membuat tampilan lubuntu saya menjadi seperti Mac OS X. tentu walaupun tidak seperti Mac OS X, tetapi theme ini menjadikanya cukup sedap di pandang mata.

Tampilan dari La Capitaine

kelebihan dari icon ini adalah ia cukup lengkap dalam memberikan tampilan icon untuk berbagai macam aplikasi di Linux. banyak aplikasi yang menurut saya tidak terhandle oleh icon theme lain, la capitaine mampu menyediakan dengan indah dan konsisten. sayangnya La Capitaine tidak tersedia di Repo PPA ubuntu jadi kita harus meng-install-nya secara manual. pertama download La Capitaine di : https://github.com/keeferrourke/la-capitaine-icon-theme

setelah itu lakukanlah langkah berikut ini :

extract file la capitaine terserah dimanapun, kemudian copy paste kedalam folder /usr/share/icons, setelah itu tinggal buka menu icon manager dan pilih la capitaine.

demikian lah dua icon yang bisa saya bahas, tentu masih banyak icon di luaran sana yang tidak terekspos, sekali lagi ini tergantung selera masing-masing, jadi tidak ada yang strict disini :D, salam goblooge.

Comments

total comments