December 4, 2017 thumb HP Android Hilang, Apa yang harus dilakukan ?

HP Android yang saya termukan, di kunci gan...

HP Android yang saya termukan, di kunci gan…

pernah kehilangan HP, well semoga saja tidak pernah, untuk sekedar jaga-jaga apa yang harus dilakukan ketika HP Android kita hilang, bagaimana apakah bisa kembali, kemana harus melapor dan apa yang bisa dilakukan supaya kemungkinan terbaik bisa kembali tuh Android.

well ini lah kisah saya, dua hari lalu saya berangkat dari Sidoarjo ke Sampang. ya maklum saya kalau naik motor Valentino Rossy saja bisa  kalah sama lawan saya, dalam lomba adu pelan naik motor tapi. ya sambil nyanyi – nyanyi nggak karuan yang malah bikin bingung sendirian, di tengah jalan saya menemukan semua HP android merk Sony Zenfone Zoom. waktu itu di password, sehingga saya tidak bisa menghubungi keluaga atau kawan atau sanak family si empunya HP, terpaksan saya bawa ke gLab ( tempat nongkrong maksudnya) saya crack password-nya dan fuala, passowrd HP pun terbuka.

saya tidak membahas untuk bagaimana cara cracking password-nya, yang saya bahas disini, saya tidak habis pikir, si pemilik HP tidak melakukan apapun untuk mengamankan HP akun , akun bank terutama. tentu Hal ini sangat berbahaya. kalau yang nemu adalah Hamba Allah Calon Penghuni Surga mungkin tidak akan diapa-apakan, tapi kalau yang nemu adalah Hamba Iblis, ya bisa dikuras tuh. nah berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika HP telah tiada.

  • Block semua akun bank anda, atau ganti akun bank anda, segera hubungi minta di block semua transaksi E-Banking, M-Banking, atau Gang-Banking sekalipun. blokir semua, ini untuk mecegah supaya tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • setelah tuh duit aman, yang bisa dilakukan berikutnya adalah lacak HP anda, segera buka https://myaccount.google.com/find-your-phone-guide. dari sini kita bisa menampilkan pesan kepada yang  menemukan HP untuk mengembalikan HP kita, atau setidaknya melakukan Locking pada HP kita yang mana nantinya bisa kita lacak, dimana letak posisi HP kita.
Mengunci HP dan meminta penemunya untuk mengembalikan, atau bahkan untuk menghubungi nomor yang dituju.

Mengunci HP dan meminta penemunya untuk mengembalikan, atau bahkan untuk menghubungi nomor yang dituju.

  • Coba hubungi nomor HP kita yang hilang, kalau kebetulan orangnya baik, kemungkinan diangkat dan bisa diatur untuk pengembalian HP tersebut. tapi kalau kebetulan orannya jahat maka ada step berikutnya yang bisa kita lakukan.
  • Remote Erase the Device, dengan cara ini semua data yang ada di HP kita dapat terhapus, sehingga data-data bersifat private bisa aman, ya banyak data private misalnya nomor akun bank, password bank dll. foto-foto narsis anda (sebagian orang kadang ngawur juga, masak foto yang menurut saya kurang pantas disimpan di HP, sebaiknya hindari). dengan cara ini HP anda akan lenyap alias tidak kembali tapi setidaknya bisa aman datanya.
  • ganti password gmail anda , ini penting, karena dengan begitu akun gmail anda aman, karena kalau tidak bisa saja yang ngambil sudah keduluan tahu username akun bank anda, masalah password bisa menggunakan forgot password yang mana akan masuk ke email anda, padahal Email akan masuk ke HP Android, sehingga si pencuri bisa mereset data login bank, yang akhirnya dikuras deh duit.
Solusi Terakhir kalau dipastikan HP tidak akan kembali, Erase Semua Device.

Solusi Terakhir kalau dipastikan HP tidak akan kembali, Erase Semua isi Device.

  • ganti password aplikasi lain, aplikasi lain seperti tokopedia, lazada, bukalapak, yang mana memang berisi data transaksi anda sebaiknya diganti juga, hal ini untuk mencegah si pencuri untuk membuka ulang aplikasi itu dan melakukan transaksi yang mana kadang langsung masuk tagihan kartu kredit anda.
  • hubungi operator seluler untuk memblokir nomor anda, tunjukan KTP anda anda supaya bisa ganti simcard baru. dengan begini kalau HP anda dipakai untuk melakukan hal-hal kejahatan anda sudah bebas dari segala tuduhan, karena simcard sudah tidak bisa digunakan lagi.

oke hal — hal tersebut bisa dilakukan ketika HP android anda tidak kembali , dalam kasus saya, karena HP di lock sedang tidak ada yang calling (sebenarnya ada, tapi pas saya dalam perjalanan jadi gak sempat angkat, pas sudah nyampe ternyata gak ada yang calling lagi) akhirnya terpaksa saya bobol password-nya (gimana caranya : ini kalau dibahas lama lagi, tulisan lain kali lah). setelah itu saya hubungi emaknya, grup teman-temanya atau siapa saja di yang ada dikontaknya supaya bisa terhubung. segera janjian ketemuan , untuk pengembalian dan sudah bisa ditebak ? apa itu, saya dapat komisi ? kalau yang ini sudah pasti, maksud saya ternyata yang punya mbak – mbak yang manis. Salam Kenal Mbak manis yang HP-nya saya temukan.

Comments

total comments