September 16, 2016 thumb Googling Pakai Terminal Linux

pernah kebayang nggak rasanya kalau tidak ada GUI. iyup, puyeng setengah mati, bisa terjadi. terutama kalau pengguna linux yang baru newbie. bayangkan semua perintah harus diketik. tapi bagi sebagian orang yang bekerja dengan menggunakan remote server. dan kebetulan butuh googling untuk sesuatu, kemungkinan besar akan menggunakan lynx sebagai browser dan membuka google.com. 

nah kali ini ada sebuah tool namanya googler, yang mana dia merupakan apliaksi independent yang bisa dipakai untuk melakukan searching ala google. atau dengan kata lain dia adalah Google Now versi console. tentu saja ini menarik dan sangat membantu mereka yang sering berhadapan langsung dengan terminal.

fitur utama dari googler ada 3 antara lain :

  • Google Search : pencarian layaknya google.com biasa
  • Google News Search : pencarian google khusus untuk berita , mirip dengan Google News.
  • Google Site Search : pencarian google spesifik pada situr tertentu.

tapi walaupun cuma 3 seperti itu jangan anggap remeh kecepatanya (terminal bro), yang biasanya komputer ngelag ketika buka browser, nggak usah khawatir. dengan googler akan jauh lebih cepat.

untuk instalasi membutuhkan python versi 3.3. dan untuk menginstall karena belum tersedia di repository ubuntu. maka harus di compile secara manual. berikut ini caranya.

cd /tmp
git clone https://github.com/jarun/googler.git
cd googler
sudo make install
cd auto-completion/bash/
sudo cp googler-completion.bash /etc/bash_completion.d/

setelah perintah tersebut dijalankan tinggal ketik googler dan query googler akan dijalankan. yang perlu dilakukan cukup tinggal mengetikan kata pencarian yang ingin dicari. walaupun memang terbatas pada 3 hal diatas, tapi sebenarnya fitur pertama yakni pencarian di google sudah cukup selama kita paham sintax untuk melakukan pencarian di google seperti inurl dll. berikut ini beberapa contoh penggunaan googler.

Interactive Interface : dengan mengetikan googler maka program googler akan aktif dan kita bisa melakukan pencarian menggunakan sintax google. seperti inurl, exclude dll.

Help dan Metode cara Pencarian, cukup ketikan kata kunci maka hasil akan dimunculkan

Help dan Metode cara Pencarian, cukup ketikan kata kunci maka hasil akan dimunculkan

News Search : untuk melakukan pencarian berita cukup tambahkan Opsi -N (googler -N <kata yang dicari>) maka hasil akan ditampilkan khusus pencarian pada portal berita. contoh googler -N “edward snowden”.

Pencarian di Portal Berita untuk kata kunci

Pencarian di Portal Berita untuk kata kunci “Edward Snowden”

Site Search : jika kebetulan ingin mencari disitus tertentu cukup tambahkan opsi -w {domain} <kata yang dicari>, dan kata kuncinya. maka yang ditampilkan adalah hasil pencarian akan spesifik di situs tersebut. contoh googler -w goblooge.com android.

pencarian kata kunci android di situs goblooge.com

pencarian kata kunci android di situs goblooge.com

oke demikian yang bisa saya share, kemungkinan besok-besok saya update lagi. salam goblooge dan Okey Donkey.

 

Comments

total comments