January 10, 2010 thumb Gimp (GNU Image Manipulation Program)

Nama Adobe sudah tidak asing lagi di telinga orang. Maklum, perusahaan Adobe, memang lebih terkenal dikalangan banyak orang. Apalagi setelah adobe mengakuisisi macromedia dan mengembangkan produk flash, nama adobe semakin besar gaungnya dimata masyarakat. Salah satu produk Adobe yang paling populer adalah Adobe Photoshop, yang mana menjadi pengloah gambar paling handal untuk saat ini. Namun kecanggihan photoshop harus dibayar mahal karena untuk membelinya harus menguras kantong yanng tidak sedikit.
Bagi mereka yang berpikiran sempit tentu akan segera menggunakan produk bajakan, apalagi untuk kalangan orang indonesia yang mana bajakan sudah marak dimana-mana (hati-htai lho sebentar lagi polisi Cyber akan segera beraksi), tapi bagi mereka yang tidak mau untuk menggunakan software bajakan tentu akan mencoba beralih ke produk open source. Dan Gimp merupakan jawaban dari permasalahan design grafis ini.
Gimp, merupakan produk design grafis open source yang menawarkan segudang tool dan effek tanpa perlu membayar lisensi dan hebatnya lagi siapa pun boleh ikut serta dalam menggembangkan produk ini. Walalupun Gimp itu gratis, tidak berarti murahan. Kalau hanya untuk sekedar memanipulasi gambar sederhana, Gimp memiliki kemampuan yang kurang lebih sama dengan photoshop. Bahkan menurut kabarnya banyak designer grafis professional yang sudah beralih ke Gimp.
Gimp tersedia dalam berbagai platform, mulai dari Linux, BSD, Windows sampai MacOS. jika anda ingin mendownload, mudah saja, tinggal kunjugi http://www.gimp.org/. disana tersedia dalam banyak platform.
selain kehebatan Gimp, ada juga beberapa kelemahan dari Gimp, karena ia menggunakan open source, tampilan Gimp terkensan kurang menari (jika dibandingkan dengan adobe). tampilan Gimp terlalu amburadul, panel-panel berserakan kesana-kemari. sehingga untuk memakainya perlu adanya sedikit pembiasaan.
OK. jadi kesimpulanya jangan pakai bajakan. kalo masalah editing gambar cuma untuk mnegganti wajah, meperhalus kulit atau iseng-iseng lain, jangan gunakan bajakan, apalagi sampai berurusan dengan polisi. solusinya, gunakanlah Gimp.

Comments

total comments