December 22, 2016 thumb Endless OS – OS Linux untuk yang kurang koneksi Internet

perkembang OS Linux saat ini dikatakan merebak dimana – mana. Android merupakan OS linux yang paling banyak dipakai saat ini. (data dari wikipedia). sedangkan OS Linux lain selain Android , Ubuntu merupakan peringkat kedua. kita tidak akan membahas distro – distro kelas besar tersebut. yang akan kita bahas adalah Endless OS. bedanya apa endless OS dengan yang lainya.

Endless Mission, speknya lumayan.

Endless Mission, speknya lumayan. sayangnya belum resmi launching.

Endless OS adalah OS Linux yang didalmanya sudah preinstalled dengan berbagai macam aplikasi. kenapa demikian, kan bisa install sendiri aplikasinya. nah ini lah tujuan dari Endless OS. ia ditujukan untuk user yang jarang atau kesulitan dalam mendapatkan koneksi internet. ya kalau di negara-negara maju, download 1 GB cuma hitungan menit. tapi kalau di negara berkembang seperti indonesia. download 1 GB bisa berjam-jam. itulah tujuan Endless OS ia memang sengaja dibuat dengan tujuan membantu mereka yang miskin koneksi internet. sehingga satu kali download Endless OS sudah terinstall berbagai macam aplikasi.

Home Screen Endless OS

Home Screen Endless OS

User Interfcace Endless OS mirip sekali dengan Android. berbagai aplikasi di tampilkan di bagian Home dan kita bisa mencari melalui search bar yang tampil dibagian tengah atas. hal ini tentu saja memudahkan pemula karena tidak perlu masuk terlalu dalam ke dalam sebuah sub menu. kita pun bisa memiliki dan menyusun sendiri tatanan aplikasi yang kita inginkan.

Game dalam End less OS

Game dalam End less OS

kelebihan lain Endless OS adalah aplikasi edukasi-nya yang menurut saya cukup lengkap. yang paling saya sukai adalah aplikasi Encyclopedia yang disana terdapat banyak artikel keilmuan yang bersumber dari wikipedia. dan tentu saja aplikasi tersebut dapat diakses secara offline. ketika terdapat artikel yang tidak tersedia secara offline, cukup lakukan koneksi internet, cari artikelnya, dan secara otomatis dikemudian hari, tidak perlu koneksi lagi, karena sudah di cached di komputer.

Encyclopedia, Wikipedia Versi Endless OS, lebih dari 50.000 artikel

Encyclopedia, Wikipedia Versi Endless OS, lebih dari 50.000 artikel

tidak hanya Encyclopedia yang bagus, ada sebuah aplikasi lain yang bikin saya tertarik yakni Virtual school. disana terdapat berbagai macam kategori pembelajaran Science, Math, Economy , Biology dan lain sebagainya. ini tentu saja cocok untuk yang sudah punya anak, tentu saja bukan anak bayi, tapi yang sudah umur 10 tahunan.

Virtual School... sekolah lewat dunia maya

Virtual School… sekolah lewat dunia maya

aplikasi lain yang unik menurut saya adalah Maps dan Travel. terutama Travel yang mana kita bisa melihat foto-foto berbagai macam kota didunia, ya mirip Google Maps sih sebenanrya, tapi sekali lagi, ini bisa diakses secara Offline, kalaupun harus online, setelah didapat cache-nya tidak perlu lagi koneksi internet.

Maps di Engless OS

Maps di Engless OS

bagi anaknya yang suka game, jangan khawatir, game edukasi di linux nggak kalah banyak. dalam Endless OS banyak sekali game-game edukasi yang mana bisa dipakai melatih kemampuan anak, mulai berhitung, mengetik, menyusun , menggambar dan lain sebagainya.

Aplikasi Travel

Aplikasi Travel

Endless OS juga menyediakan sebuah device, sebuah mini PC mirip sebuah Telur, yang memang ya ditujukan untuk pengguna rumahan. jangan berharap menggunakan Mini PC tersebut untuk keperluan Gaming. ya memang harganya tidak murah tapi jug anggak terlalu mahal untuk ukuran kantong orang indonesia, mulai sejutaan untuk yang versi kecil (Endless Mini), 2 sampai 4 jutaan untuk versi Endless One dan yang terakhir infornya mereka mencoba membuat yang lebih berkelas dengan RAM dan Harddisk lebih besar (Mission One).

Endless Mini dan Endless One mulai sejutaan

Endless Mini dan Endless One mulai sejutaan

untuk urusan multimedia, juga nggak ketinggalan, sudah pre-installed dengan gimp, video player, video editor dan music. tentu saja semua itu sudah cukup untuk dijadikan media center dirumah. apalagi kalau punya Endless Mini cukup colokan dengan kabel HDMI ke TV. jadilah Home Theater. sebenarnya kita juga bisa meng-install kodi dalam Endless OS. dijamin dengan tambahan kodi. sudah jadi full home theater.

Video Editor

Video Editor

iyup itulah Endless OS, sebuah distro linux yang menyajikan banyak fitur secara Offline (walaupun tidak benar-benar offline full). oke sampai disini dulu bahasa kita, lain waktu akan saya lanjut ke Distro Lain yang unik. jadi tunggu bahasan Lain, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

 

Comments

total comments