May 17, 2015 thumb Distro – Distro Linux Terbaik

Linux adalah Operasi System yang sangat open, terdapat ratusan distro di luar saya yang bebas untuk dipilih. nah kali ini saya ingin membahas sedikit tentang Distro Linux terbaik. kali ini pengelompokan kita rangkin berdasarkan kegunaanya, seperti terbaik tampilan, terbaik untuk server dll. perlu menjadi catatan bahwa terbaik yang tecantum disini adalah terbaik yang Free Open Source. jadi yang Open Source namun tidak Free tidak kami masukan.

Terbaik untuk Tampilan, Elementary OS. Elementary OS merupakan Distro Linux dengan tampilan terbaik menurut Goblooge, maklumlah distro ini berani memberikan sebuah Distro Linux dengan antarmuka Mac, dengan tampilan Dock, Top Panel dan Top Bar Button yang disusun disebelah kiri. saat ini DIstro ini sudah mencapai versi 0.3 dengan kode name Freya. saya sendiri menggunakan Distro ini waktu mengetik artikel ini.  alasan mengapa distro ini terpilih sebagai kandidat tampilan terbaik adalah karena konsistensinya dalam tampilan. satu-satunya kelemahan distro ini adalah stabilitas yang kurang baik, terkadang sering crash.

Elementary OS

Elementary OS

Terbaik untuk Desktop, OpenSUSE. OpenSUSE merupakan distro Desktop yang menurut penulis paling stable jika dibandingkan dengan Distro Desktop lain. ia memiliki repository yang sangat besar dan lengkap, serta kemudahan dalam instalasi software hanya dengan satu kali klik. bagi yang suka bermain dengan console tentu tidak asing dengan YaST, merupakan tool andalan yang dapat dipakai untuk melakukan kontrol hampir ke seluruh system. asalan mengapa distro ini dipilih sebagai yang terbaik untuk desktop adalah stabilitasnya dalam berbagai Desktop Environtment baik XFCE, LXDE, KDE, Mate, Gnome dan lain-lain.

Terbaik untuk Laptop, Ubuntu Mate. Laptop tidaklah seperti PC Desktop, yang mana memiliki resource lebih dan mudah untuk diganti komponennya. berkebalikan dengan itu Laptop tidak bisa diganti komponennya, apapun yang ada di dalamnya adalah dari pabrikan asal, selain itu kemampuan laptop juga terbatas, karena spesifikasi hardwarenya yang relatif lebih rendah dibandingkan desktop. Ubuntu Mate memberikan jawaban, Distro yang ringan, cantik dan memiliki dukungan driver hardware propietary. selain itu Ubuntu Mate memberikan keseimbangan terbaik antara tampilan , peforma, stabilitas serta dukungan berbagai hardware.

Terbaik untuk di Kustomisasi, Arch Linux. waktu pertama kali saya mendengar tentang Arch Linux, langsung saya skeptis dengan sendirinya. sampai salah seorang senior saya mengatakan, “bah, kalau ente memang linuxer sejati silakan coba Arch Linux !!“. ya memang tidak berlebihan senior saya berkata seperti itu. hal ini dikarenakan Arch Linux adalah distro yang memang dibuat agar usernya membangun sendiri seluruh environtmet-nya sesuai kebutuhan. mulai dari Desktop Manager, Wndows Manager, hingga Aplikasi serta antar muka system. user memang dituntut untuk paham dalam pembangaunan sebuah Distro Linux. sehingga benar jika distro ini memang bukan untuk pemula. tapi jika anda memang pemula dan ingin mencoba distro ini, jangan khawatir !, distro ini memiliki dokumentasi lengkap bagaimana cara untuk membangun sebuah system Linux sesuai kebutuhan.

Terbaik untuk Rasperberry, Snappy Ubuntu Core. nah saat ini lagi ngetrend PC untuk anak-anak. ya sebuah PC murah berukuran mungkin yang dapat digunakan untuk komputasi level anak-anak. daripada membeli PC Desktop Mahal, atau Laptop yang lebih mahal. rasperberry bisa jadi pilihan. dengan harga sekitar 500 ribu saja kita sudah dapat sebuah PC yang dapat digunakan untuk melakukan komputasi dasar. nah distro linux yang khusus Rasperberry yang sudah saya cobam adalah Snappy Ubuntu Core. ringan, dan memiliki tampilan yang mirip dengan ubuntu.

Terbaik untuk Anak , Sugar OS. lagi-lagi untuk anak-anak. bagi anda yang memang ber-budget tebal, memberikan anak rasperberry mungkin tidak ada greget. nah sudah barang tentu anda kan membelikan sebuah PC Desktop Lengkap. tapi karena untuk anak-anak inerface tentu haruslah semudah dan semenarik mungkin, menginstall Snappy Ubuntu Core, tentu kurang greget ( karena tampilanya yang minimalis banget). jawabanya adalah Sugar OS, distro yang dibangun dari Fedora. distro ini memiliki interface dan segudang aplikasi yang memang tujuanya adalah untuk edukasi, ditambah dengan tampilan yang lain daripada yang lain, dan memang tampilan dikhususkan untuk anak-anak.

Terbaik untuk Gaming . Steam OS, ada yang suka nge-game di Linux, pasti sering mendengar steam engine. yup, distro ini secara default memang sudah terinstall dan dioptimasi untuk keperluan gaming. tidak banyak keistimewaan selain memang untuk bermain game. library – library dasar yang digunakan untuk rendering 3D terinstall dan mendukung serta mengoptimasi banyak sekali GPU.

Terbaik untuk Privacy . Tails. pernah dengar Edward Snowden, mantan anggota NSA yang kini buron gara-gara membocorkan rahasia USA. kabarnya si Edward Snowden menggunakan Tails (The Amnesic Incognito Live System) sehingga tidak mudah dilacak oleh pemerintah USA. distro ini akan memaksa semua komunikasi jaringan menggunakan Proxy Tor dan melakukan block pada semua koneksi direct, sehingga keberadaan atau bahkan jejak user-nya di internet tidak akan terlacak. pembuat Tails sendiri tidak diketahui, ia lebih suka menjadi Anonymous daripada menunjukan jati dirinya. bahkan pencarian kelemahan dari Tails ini, menjadi agenda teratas dari NSA, bersanding dengan Tor dan TrueCrypt. lebih-lebih menurut artikel Der Spiegel , NSA mendeklarasikan bahwa ia adalah Ancaman Berbahaya bagi misi-NSA. Tails di design agar bisa di boot mengggunakan USB. semua jenis virus yang ada dalam komputer host tidak akan berdampak pada saat kita boot dengan USB, selain itu dengan cara ini, segala jenis aktivitas kita akan secara otomatis hilang ketika restart karena tidak disimpan di dalam harddisk. di dalam distro ini sudah tersedia sercara default Tor Browser, dan I2P Anonymizing Software, tersedia pula Pidgin yang secara default sudah ter-install “Off The Record Plugins” yang mana akan meng-encrypt semua percakapan chatting. anda juga akan menemukan KeePassX Password Manager, Electrum BitCoin Wallet, dan Disk-Wiping and Encryption Tools. satu kelemahan dari distro ini adalah, tampilanya yang ngaco banget 😀 .

Terbaik untuk Entreprise, Red Hat. tidak diragukan lagi Red Hat merupakan Distro Linux terbaik untuk kelas Enerprise. Red Hat Sendiri bersaing dengan SUSE yang mana saling berebut pasar. tidak banyak yang bisa saya ceritakan tapi menurut pengalaman beberapa rekan yang kerja di perusahaan Luar Negeri. red hat menjadi andalan dalam menangani data berskala international.

Terbaik untuk Personal Server, Debian. kalau tadi kita membahas Level Enterprise yang budgetnya selangit, bagaimana kalau kita ingin membangun Server yang handal namun dengan budget murah meriah. Debian bisa jadi pilihan, Distro ini merupakan Induk dari Ubuntu dan banyak distro lain. kelebihan dari Debian adalah tingkat stabilitas systemnya yang bagus untuk kelas Distro Server gratisan. kelemahanya, distro ini menggunakan kernel versi lama dan update-nya agak lambat karena ia memastikan stabil.

Terbaik untuk Hardware Lama , Lubuntu. punya komputer jadul yang sudah tidak dipakai, sebaiknya jangan dijual karena tidak akan laku atau harganya murah. daripada dibuang coba sumbangkan ke sekolah-sekolah. nah karena spesifikasinya yang mungkin rendah, denga menggunakan Lubuntu komputer jadul mungkin bisa di perpanjang usianya. Lubuntu menggunakan LXDE sebagai Desktop Environtment-nya. kelebihan dibandingkan distro lain adalah koleksi software yang lengkap karena berbasiskan ubuntu. sebenarnya anda bisa menggunakan DSL (Damn Small Linux) karena jauh lebih ringan, tetapi untuk sebuah Distro Lengkap namun ringan, Lubuntu menjadi pilihan.

oke, sebagai penutup, sekali ini lagi ini adalah dunia terbuka, anda boleh setuju boleh tidak. mana pilihan anda  :D.

sumber : http://www.linux.com/news/software/applications/810295-the-top-11-best-linux-distros-for-2015

Comments

total comments