August 18, 2013 thumb Crack Password file PDF di Linux

salam semuanya, mumpung masih Syawal, Minal Aidin Wal Faizin, kamu keluarga kecil goblooge mengucapkan Mohon maaf lahir dan batin. ups, kok ngelantur, hm… sesuai judulnya kali ini saya mau sharing cara untuk meng-crack sebuah file pdf. mungkin pembaca pernah mengalami, mendownload sebuah file pdf dan internet membuka sebuah file tersebut, ketika di buka ternyata file tersebut di password, padahal isi file pdf itu sangat penting bagi anda (karena menentukan hidup mati skripsi anda :p ).

untuk melakukan crack pada pdf file di linux, kita butuh software bernama pdfcrack. aplikasi ini free, karena saya menggunakan Linux Mint, saya tinggal mengetika #apt-get install pdfcrack. tunggu hingga proses instalasi berjalan sempurna kemudian siapkan file yang ingin di crack passwordnya (wajib jangan sampai mau nge-crack file pdf tapi file yang di crack nggak ada :p ), sebagai contoh saya menggunakan file magazine.pdf. secara umum syntax dari pdf crack adalah #pdfcrack file.pdf -options. buka terminal dan ketikan perintah sebagai berikut : #pdfcrack magazine.pdf, secara otomatis pdfcrack akan memulai proses cracking, dan silakan tunggu hingga selesai. perlu diingat, pembobolan password ini menggunakan berbagai metode, metode dasarnya adalah bruteforce, untuk menggunakan metode lain, kita bisa tambahkan options. kita akan bahas satu-satu options yang ada :

Default Mode

Default Mode

  • -b, — -bench — melakukan testing saja kemudian exit, metode ini hanya untuk melakukan testing menampilkan hasil test, seperti kecepatan komputer untuk melakukan crack, seperti rata-rata crack per calls dan rata-rata crack per password. contoh #pdfcrack magazine.pdf -b.
Cracking password benchmark mode

Cracking password benchmark mode

  • -c, — -charset=STRING — menggunakan String tertentu sebagai charset, sehingga huruf atau karakter yang digunakan hanyalah karakter yang ada dalam charset tersebut saja, misalnya #pdfcrack magazine.pdf -c HUDA.
  • -m, — -maxpw=INTEGER — ketika panjang password sudah melebihi batas yang diinginkan dan belum berhasil menemukan passwordnya, maka akan dihentikan. contoh : #pdfcrack magazine.pdf -m 7, ketika panjang lebih dari 7 maka akan dihentikan.
  • -n, — -minpw=INTEGER — ini kebalikan dari yang sebelumnya, kalau ini ia akan menggunakan minimal panjang password yang diujicobakan, misalnya anda hanya ingin mencoba password yang panjangnya diatas 5 saja. contoh : #pdfcrack magazine.pdf -n 6.
  • -l, — -loadState=FILE — sebenarnya setiap kali kita melakukan crack, kemudian kita menghentikanya maka secara default pdfcrack akan menyimpan state terakhir ke sebuah file bernama, savedstate.sav, jika kebetulan anda menggunakan file lain silakan di isikan sesuai keinginan. misalnya : #pdfcrack magazine.pdf -l savedstate.sav.
  • -o, — -owner — melakukan crack pada ownerpassword file pdf. 
  • -p, –password=STRING —  menggunakan userpassword untuk membuka ownerpassword, jadi misalnya anda sudah ketemu userpassword-nya tapi anda juga kepingin meng-edit kan harus tahu ownerpassword-nya, kebiasaan orang menggunakan ownerpassword dan userpassword yang sama atau hampir mirip, nah ini bisa dimanfaatkan. #pdfcrack magazine.pdf  -p USERPASSWORD.
  • -q, — -quiet — running menampilkan apapun (tanpa menampilkan progress). #pdfcrack magazine.pdf -q
  • -s, — -permutate — melakukan permutasi pada passwordnya. #pdfcrack magazine.pdf  -s
  • -u, — -user — melakukan crack pada userpassword (default)#pdfcrack magazine.pdf -u
  • -v, — -version — melakukan check versi. #pdfcrack -v
  • -w, — -wordlist=FILE — menggunakan list password yang ada disebuah file, misalnya anda ingin melakukan crack password file tertentu, anda yakin kalau passwordnya ada dalam salah satu string yang sudah anda simpan dalam file tertentu. tinggal melakukan load pada file tersebut dan biarkan aplikasi ini yang mencobanya. contoh :  #pdfcrack magazine.pdf -w=list_password.txt
List Mode

List Mode

misalkan contoh : saya ingin melakukan crack pada ownerpassword, hanya password yang lebih dari 4 panjangnya yang saya gunakan, serta proses akan saya hentikan ketika password sudah mencapai 7 karakter, karena saya sudah pernah melaukan crack saya akan load state terakhir yang saya simpan plus saya menggunakan sebuah word list yang mana dalam list tersebut saya yakin ada password yang tersembunyi, dan saya juga ingin menggunakan permutasi, maka perintah yang saya ketikan,  adalah  :

#pdfcrack magazine.pdf -l savedstate.save -w list_password.txt -o -n 5 -n 7 -s.

 catatan : terkadang pemilik file menggunakan password yang sangat-sangat panjang. walaupun semau password pada dasarnya semua password bisa dicrack dengan menggunakan bruteforce mode, tetapi untuk karakter yang sangat panjang butuh waktu yang sangat lama dan tentu tergantung pada kecepatan processor. misalnya saja password sepanjang 10 karakter, untuk mencoba semua kemungkinan huruf (sebanyak 128 jenis karakter mulai dari a-z 0-9 A-Z ,./;”)(*&^%$#@! dst) butuh waktu sekitar 1 tahun untuk ukuran komputer sekarang, makanya di film-film untuk mengcrack sebuah password sampai dibutuhkan sebuah kumpulan komputer raksasa yang mana membagi tugas untuk melakukan cracking.

setelah mengetahui bagaimana caranya meng-crack sekarang kita bisa waspada, kalau mau memberi password pada file kita usahakan panjangnya lebih dari 8 karakter biar yang mbobol nggak sanggup hehhe… oke salama goblooge.

Comments

total comments