September 6, 2017 thumb Chrome Remote Desktop Alternatif Team Viewer

mungkin kalau mendengar Team viewer semua orang sudah tahu apa kegunaanya, nah kali ini ada aplikasi sejenis yang bernama Chrome Remote Desktop. aplikasi ini bekerja sebagai plugins pada chrome yang mana dipakai untuk melakukan sharing layar desktop kita. aplikasi ini cocok untuk pengganti team viewer yang mana dia bisa tetap melakukan sharing walaupun berada dibalik proxy. chrome remote desktop membutuhkan sebuah installer pada bagian client, bekerja layaknya plugin untuk google chrome dan membutuhkan akun gmail untuk bisa mengoperasikanya. yang perlu diingat dia tidak compatible dengan browser lain selain google chrome, sekalipun memiliki basis sama (seperti chomium ataupun opera).

untuk melakukan instalasi sangat sederhana, silakan buka browser google chrome dan tuju pada google chrome store lalu cari chrome remote desktop . maka akan muncul plugins dihalaman pertama, kemudian klik install dan tunggu beberapa saat. jika sudah ter-install cukup jalankan aplikasi Chrome Remote Desktop dari menu apps di browser google crhome .

Access Code yang di generate otomatis.  hanya untuk satu kali pakai

Access Code yang di generate otomatis. hanya untuk satu kali pakai

setelah menjalankan aplikasi chrome remote desktop kita akan tampil untuk melakukan access komputer lain atau share screen pada komputer lain. jika memang ingin melakukan sharing dengan komputer lain tanpa login. cukup klik share maka akan muncul sebuah kode tertentu yang mana kode ini dipakai sebagai password untuk melakukan sharing komputer. cukup share access code ini dengan teman yang ingin me-remote komputer anda, dan tunggu beberapa saat maka  komputer anda akan di access oleh teman yang memiliki kode tersebut. sebaliknya jika ingin mengakses komputer teman, cukup meminta kode akses, pada komputer yang ingin di remote. tunggu beberapa saat dan komputer teman pun bisa di remote dari jarak jauh.

ingin me-remote komputer teman cukup masukan access code tersebut disini.

ingin me-remote komputer teman cukup masukan access code tersebut disini.

untuk mengehentikan share screen dalam metode ini, cukup tekan tombol stop share. maka secara otomatis session remote akan berakhir dan untuk kembali me-remote harus mengulang dari langkah awal.

Cukup Tekan Tombol Stop Share Screen untuk menghentikan share screen

Cukup Tekan Tombol Stop Share Screen untuk menghentikan share screen

penggunaan remote dengan access code ini hanya dapat dilakukan sebanyak satu kali, jika kemudian hari ingin mengakses lagi, maka harus menekan tombol share untuk men-generate access code baru. tentu ini tidak praktis jika kebetulan kita ingin membuat sebuah komputer yang bisa di-remote kapanpun kita mau. untuk bisa melakukan hal tersebut, kita bisa mendaftarkan komputer yang saat ini kita pakai dalam daftar “My Computer“.

Aktifkan Penggunaan Remote tanpa access code

Aktifkan Penggunaan Remote tanpa access code

dengan menggunakan fasilitas tersebut kita bisa me-remote komputer kapanpun tanpa perlu men-generate access code baru. caranya cukup mudah, tekan tombol “enabled remote connection” maka akan muncul konfirmasi pengisian password (pastikan anda sudah login di akun google terlebih dahulu agar dapat melakukan remote tanpa access code). panjang minimal password adalah 6 karakter. setelah password ter-set maka komputer yang saat ini anda pakai akan di set sebagai komputer yang bisa anda remote dan akan muncul pada daftar “My Computer“.

Kode PIN minimal 6 digit

Kode PIN minimal 6 digit

jika ingin me-remote komputer yang sudah didaftarkan sebagai “My Computer” cukup di klik, dan ketikan password yang tadi kita set sebagai password akses private kita, tunggu beberapa saat dan komputer yang telah terdaftar sebagai “My Computer”  tersebut dapat diakses.

Daftar Komputer yang bisa di remote di My Computer.

Daftar Komputer yang bisa di remote di My Computer.

kelemahan Chrome Remote Desktop adalah tidak bisa dibagi pakai, artinya hanya ada satu user yang bisa aktif saat di remote. sehingga jika komputer tersebut adalah komputer yang ingin dibagi pakai oleh beberapa orang dalam satu organisasi maka harus menggunakan akun yang di share bersamaan, dan untuk me-remote pun harus bergantian tidak bisa dua orang sekaligus mengakses dalam waktu bersamaan.

selain tersedia versi desktop, chrome remote desktop juga tersedia versi Android yang bisa di download secara gratis di playstore. tapi versi android hanya bisa dipakai me-remote kalau komputer tersebut sudah di daftarkan sebagai “My Computer“. oke sampai disini tulisan saya, sampai jumpa di tulisan berikutnya Okey Donkey dan Salam goblooge.

Comments

total comments