November 13, 2011 thumb Cara saya dapat diskon 100% di Minimarket

saat tulisan ini ditulis, saya baru saja pulang dari minimarket yang bersangkutan. al-kisah kemarin saya belanja di sebuah minimarket. namanya juga mini market gan, ya lebih mirip sebuah rumah daripada sebuah mini market. waktu itu ane belanja seperti biasa. biasalah cowok muda belanja Mie Instan hehehe. ane belanja seperti biasa gan, ngambil dan menuju ke kasir untuk melakukan pembayaran.

sebenarnya antrian sih nggak seberapa panjang yang beli juga nggak seberapa banyak sih, tapi ngantrinya macet soalnya program billingnya kasir itu error. kurang tahu errornya kenapa, akhirnya si manajer (wuih sebutanya rek, sebenarnya bukan manajer tapi pemiliki minimarket, yang kebetulan tetangga saya) mengambil inisiatif untuk menghitung manual belanjaan orang. pas lagi enak-enaknya nunggu si manajer manggil saya karena emang kenal :

Manajer : lho mas huda yo ? (lho kak huda ya ?)

Aq : inggih (iya)

Manajer : kok ten griya. sampun rampung tah kuliahe (kok dirumah sudah, selesai  ya kuliahnya ?).

Aq : inggih, lulus september wingi. (iya lulus september kemarin).

Manajer : wuih sarjana rek. jurusan opo mas (waduh sarjana, jurusan apa kak ?)

Aq : Jurusan Komputer  [ ‘orang sana nggak ngerti jurusan informatika].

Manajer : ooo.. saged benerno niki toh mas, programe error wae. saben jam 6 sore mesti error. (o.. bisa betulkan ini mas, programnya eror terus, tiap jam 6 sore mesti error).

Aq : inggih kulo coba dhisik. (ya saya coba dulu).

beberapa saat aku utak-atik programnya, ternyata pake VB 6.0 Script. jadi langsung bisa dibuka source nya. waktu lagi enak-enaknya aku utak atik. aku melirik kesebuah comment dalam program itu, ternyata ada tulisanya.

‘Author : Bl4ckb0y

baru ane nyadar ini kan program buatanku waktu jaman kuliah semester 4 dulu, dulu aku pakai nama samaran alay Bl4ckb0y. waktu itu, ada project bikinkan program supermarket atau toko sederhana dari orang. program ini akan melakukan suatu statistik data dengan mengambil aspect ratio dari jumlah pelanggan dibanding jumlah pelanggan yang beli diatas nilai tertentu. di setting komputer itu, dipakai nilai 100.000 sebagai patokan. jadi program membandingkan Jumlah Customer Hari ini dibagi jumlah Customer yang beli mencapai 100.000, dan itu dilakukan setiap jam 6 sore. masalahnya aku lupa prediksi, kalo seandainya minimarket kecil dan tidak ada yang beli hingga 100.000 pada hari ini, artinya kan Jumlah Cutomer dibagi 0. dalam computer ini akan error Divide by Zero, atau dalam VB namanya Interupt number 0.

akhirnya aku tambahi scriptnya dengan

if total_customer_set<0 then total_customer_set=1;

dan akhirnya program berjalan dengan normal. melihat saya berhasil sang manajer akhirnya memuji saya dan berterima kasih.

Manajer : saged mas, wuih pinter yo, lek ngunu, lek error maneh aku njaluk tulung sampeyan wae mas. (bisa mas ? wah pinter ya, kalo begitu kalo error lagi saya minta tolong kamu saja kak).

Aq : inggih mboten nopo-nopo. (iya tidak apa-apa).

Manajer : lha yo mas, sing nggawe program goblok, ngerti ngunu aku njaluk nggawe sampeyan wae. (itu mas, yang bikin program bodoh, tahu gini aku minta buatkan kamu saja mas).

Aq : inggih bu, mungkin ingkang damel lare tasih kuliah, mungkin lare-lare semester 4, kan dereng pengalaman. (iya bu, mungkin yang buat, masih anak kuliahan, mungkin anak-anak semester 4, belum pengalaman).

Manajer : eh.. mboten mas, sing nggawe wonge wes bapak-bapak kok. wonge ngakune pinter ngono, padahal buktine sik goblok kalah karo sampeyan. wonge bothak ngunu lho mas, kocomotoan. (eh.. tidak mas, yang buat bapak-bapak kok, orangnya ngakunya pinter, padahal buktinya bodoh, kalah sama kamu gitu, orangnya bothak gitu pake kacamata).

Aq : o inggih toh (oh iya toh.. [dalam hati ane berkata itu bukanya orang yang nyuruh saya bikin program]).

setelah bercakap-cakap akhirnya saya membayar seperti biasa. dan kasir berjalan seprti biasa. keesokan harinya (hari ini, hari saat artikel ini ditulis). saya kembali lagi ke minimarket tersebut, beli barang untuk keperluan sehari-hari, dan lagi-lagi bertemu dengan sang manajer.

Manajer : mas, programe wes gak error maneh (mas programnya sudah tidak error lagi).

Aq : eh.. inggih toh bu, inggih syukur lek ngoten. (oh iya toh bu, ya syukur kalo begitu)

waktu itu ane sambil nyerahin barang belanjaan ke kasir dan di total yang harus saya bayar senilai 34.400. dan tiba-tiba si manajer bilang.

Manajer : wes mas huda nggak usah ae, wes piro iku, wes nang gowo wae (sudah mas huda, tidak usa, sudah berapa itu ? sudah bawa aja ). [sambil mengeluarkan uang 35.000, karena barang udah masuk ke billing].

Aq : weleh sampun bu , mboten usah. (sudah bu, nggak perlu ah).

Manajer : weleh wes gak popo, wes nang digowo wae. (sudah tidak apa-apa, bawa aja)

Aq : weleh, inggih matur suwun lek ngoten. (waduh, ya terima kasih kalo begitu).

setelah pamitan saya pulang dengan riang gembira dapet diskon 100 % karena program buatanku error wkwkwkwkwk….

NB: saya tidak melakukan penipuan dalam program tersebut, emang waktu dulu aku buat kan masih amatiran, baru semester 4 sob, dan nggak sengaja ada kesalahan program, jadi saya nggak dosa dan barang yang saya beli dan digratiskan ini halal, kan nggak ada niat menipu. jadi jangan meniru adegan ini untuk mencari keuntungan. kalo yang saya alami ini sih, ya keberuntungan akibat ke-goblooge-an yang tidak disengaja, hehehehe… 😀

Comments

total comments