July 17, 2013 thumb Cara Ngetest Internet Speed di Smartphone

okay, Salam goblooge, lama tidak menulis. kali ini saya mau sharing tentang bagaimana melakukan test speed internet di berbagai smartphone, mulai dari android, blackberry, symbian, ios dan lain-lain. yangn sudah tahu silakan di-skip yang belom tahu silakan nyemak hehehe ūüėÄ

Android dan Iphone: untuk melakukan test kecepatan internet pada HP android anda, bisa menggunakan Speedtest.net versi Android. anda bisa mendownloadnya gratis di Speedtest.net/mobile. tinggal install terus klik Begin Test dan hasilnya langsung ditampilkan mulai dari ping, download speed dan upload speed.

Speedest.net mobile

Blackberry : sama dengan android dan Iphone, aplikasi buatan XTreme Labs ini bisa dipakai untuk melakukan test juga, sayangnya aplikasi ini sudah tidak tersedia di Blackberry App World. anda bisa mendownloadnya di www.4shared.com, silakan dicari file speedtest for blackberry.

Java : yang satu ini mungkin agak meleset dari yang lainya. khusus anda yang menggunakan HP jadul dan hanya bisa menggunakan J2ME saja. anda bisa menggunakan JBenchmarkNet yang merupakan sebuah alat uji untuk mengevaluasi bandwith jaringan dan kecepatan respon yang tersedia pada HP. selain itu aplikasi ini juga menampilkan penghambat jaringan dan perangkat saat bekerja. aplikasi ini bekerja dengan menganalisa waktu connect, download dan upload file ke server.  aplikasi ini bisa di download gratis di  http://www.jbenchmark.com/tools/jsp?benchmark=net. hasil yang ditampikan oleh aplikasi ini antara lain connect time, response time, keduanya dalam milisecond, kemudian download speed, upload speed dalam Kbps. lama pengujian, lalu lintas data yang lewat dan nama negara beserta operatornya.

Symbian : aplikasi Nokia Energy Profiler merupakan alat ukur mandiri Symbian S60 3rd Edition Feature Pack 1 keatas.  aplikasi berukuran 4000 KB ini memungkinkan kita untuk mengukur konsumsi daya battery HP dalam jam dan menemapilkanya dalam bentuk grafis. bisa juga untuk menguji kekuatan sinyal HP operator, mengetahui jangkauan sinyal operator dan kecepatan koneksi internet. selain itu aplikasi ini bisa menampilkan beban RAM dan Processor selama bekerja. hasilnya dapat di-export ke CVS sehingga dapat dianalisa lebih jauh dengan microsoft excel. aplikasi ini dapat di-download  sercara gratis di http://store.ovi.com/.

Windows Mobile : untuk pengguna Windows mobile anda dapat menggunakan aplikasi  G-NetSPeed, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur kecepatan jaringan selular. terdapat  untuk versi pro terdapat tambahan untuk mengukur kecepata upload/download di beberapa situs. informasi tentang jaringan operator, seperti nama operator, MMC, MNC, LAC, CELUD dan RX Level. serta mengedit daftar alamat situs yang ingin di tes. aplikasi ini bisa di-download di http://www.gyokovsolutions.com/downloads/G-NetSpeed/G-NetSpeed.CAB.

Okay demikian sedikit yang bisa saya sharing, bagi yang ini menambahi silakan. Salam Goblooge.

Comments

total comments