September 15, 2013 thumb Cara Menyimpan CD / DVD agar Awet

alkisah seorang teman saya ada yang tiba-tiba mendatangi gubuk saya minta bantuan supaya data di CD dan DVD-nya diselamatkan. katanya sih isinya penting banget, masalah cinta katanya (ternyata itu berisi foto pernikahanya hehehe….). OK kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. lebih baik menjaga bagaimana supaya DVD dan CD tidak cepat rusak sekalipun sudah tidak dipakai bertahun-tahun, apalagi itu adalah CD koleksi lagu-lagu atau CD/DVD kenangan tentu sangat sayang jika rusak dimakan usia, kan bagus tuh bisa diperlihatkan ke anak cucu :p. OK berikut ini adalah cara-cara supaya CD/DVD anda awet :

  • Membeli CD dan DVD yang Berkualitas Tinggi : Sebelum membahas cara merawat CD dan DVD, sebaiknya kita harus memilih CD dan DVD yang berkualitas baik. Jangan asal membeli CD dan DVD dengan jumlah banyak dan harga yang murah, biasanya saat menggunakan pertama kali memang masih bagus, tapi kalau kita gunakan sampai beberapa kali, CD dan DVD akan rusak. carilah DVD atau CD yang kualitasnya bagus jika memang akan digunakan sebagai media penyimpanan dalam waktu lama. pilihlah CD/DVD berwarna perak atau keemasan, karena ini memudahkan DVD Reader untuk membaca. hindari yang berwarna Hitam atau merah. biasanya CD atau DVD dengan kualitas yang bagus harganya bisa 2 sampai 3 kali lipat harga CD/DVD biasa. tapi setara dengan lama waktu simpanya.
  • Menaruh CD dan DVD di Dalam Wadah/CaseOptical Disc mudah sekali terkena goresan Jadi, penting untuk menyimpan CD dan DVD secara aman. Sering kita lihat CD musik ataupun CD Film yang dijual, mempunyai kotak CD. Nah cara itu digunakan agar CD kita tetap aman. Alternatif lain selain menggunakan kotak, bisa juga menggunakan plastik, alternatif lain bisa juga menggunakan amplop yang berukuran seperti CD. tapi rekomendasi saya gunakanlah Case Box CD yang bagus, seperti gambar dibawah, selain bisa dipakai untuk melindungi CD juga mempermudah pencarian.
Jenis-Jenis Case CD, Kiri : box , atas kanan Plastik dan bwah kanan, amplop. pilihan terbaik adalah box tapi harganya lebih mahal

Jenis-Jenis Case CD, Kiri : box , atas kanan Plastik dan bwah kanan, amplop. pilihan terbaik adalah box tapi harganya lebih mahal

  • Menyimpan CD dan DVD di Tempat yang Aman : Banyak sekali orang yang teledor menyimpan CD dan DVD mereka, padahal menyimpan CD dan DVD sangat penting untuk ketahanan CD dan DVD kita. Nah pastikan CD dan DVD kita disimpan yang aman, misalnya menyimpan dirak yang tinggi dan terkunci, jauhkan dari jendela agar tidak terkena sinar matahari. sinar matahari dapat merusak lapisan yang ada di CD atau DVD. jika hal ini terjadi tau-tau CD /DVD.
  • Simpanlah dalam posisi Vertikal : ketika menyimpan CD atau DVD dalam waktu lama, jangan menaruhnya dalam posisi horisontal, atau tertidur seperti gambar diatas, simpanlah dalam posisi vertikal atau berdiri, lho kenapa ? Disc terbuat dari piringan yang untuk menuliskan menggunakan metode pembakaran (burning) itu sebabnya tool untuk menulis ke CD/DVD disebut burning tool. setelah dibakar tentu ada bagian yang lobang dan ada pula bagian yang menonjol (atau tidak lobang), nah lobang dan tidak lobang tersebut oleh CD/DVD Reader dianggap sebagai data biner. jika kita menyimpan dalam posisi horizontal untuk waktu lama, dikhawatirkan gravitasi akan membuat lobang-lobang tersebut tertutup atau malah bagian yang seharusnya tidak lobang tertarik akibat gratvitasi sehingga sama dengan yang lobang (cekungan), hal ini membuat DVD/CD tidak lagi dapat dibaca dan dianggap kosong oleh Reader.
  • Jangan Menulis di atas CD dan DVD : Banyak sekali orang yang memberi label atau menulis di atas CD dan DVD untuk menandai ataupun memberi nama, padahal Label ataupun tulisan dapat merusak disk, jika pun ingin memberi label gunakanlah label disc yang biasanya dijual dipasaran, jangan cuma stiker kecil saja. Label memakai stiker kecil dapat mengganggu keseimbangan berat disk saat diputar, sehingga CD dan DVD mudah tergores. Apalagi kalau menulis di atas CD dan DVD dapat merusak, karena tinta tulisan kita dapat masuk dalam CD dan DVD kita. Sebaiknya kita menandai CD dan DVD dalam kotak atau menulis di kertas dan menyimpan di dalam kotak atau plastik disk. atau seperti saran saya, belilah Box Disc yang mana bisa diberi label.
  • Membersihkan CD dan DVD : Menjaga kebersihan CD dan DVD merupakan cara yang paling penting untuk merawat disk kita. Biasanya bekas jari dan goresan pada disk akan menyebabkan kerusakan. Ada beberapa cara membersihkan disk kita atau bahkan memperbaiki disk yang rusak, sehingga kita bisa menggunakan kembali. Dengan menggunakan pembersih dan lap yang halus ataupun kapas.
  • Bersihkan Pemutar CD dan DVD (Disk Writer) : Nah yang terakhir, apalagi kita sudah melakukan hal-hal di atas, tapi CD dan DVD kita masih tetap cepat rusak, kemungkinan besar pada pemutar, CD Rom, DVD ROM atau alat pemutar lainnya. Pemutar CD/DVD kadang-kadang bisa merusak CD/DVD kita, biasanya pemutar kita kotor karena debu. Nah untuk itu sering-seringlah membersihkannya.
  • Pelankan Kecepatan Pembakaran : saat menulis data ke CD atau DVD sebisa mungkin atur kecepatanya untuk CD 16x dan untuk DVD 8x. akan lebih baik jika lebih rendah dari itu (biasanya saya cuma 2x sampai 4x saja), mungkin akan lambat tapi hasilnya akan jauh lebih aman dari kesalahan penulisan.
  • Jangan Isi Sampai Penuh :  usahakan ketika melakukan pembakaran untuk tidak mengisi CD/DVD sampai penuh. sisakan beberapa puluh MB (20 MB saya rasa cukup) fungsinya adalah untuk memberikan free space atau ruang kosong pada CD/DVD sehingga tool untuk melakukan pembakaran memberikan jarak antar pembakaran yang cukup (tidak terlalu mepet) sehingga jarak antar bitnya cukup yang mana selain akan memudahkan pembacaan juga untuk menghindari kesalahan penulisan saat melakukan burning.

OK demikian cara menyimpan CD atau DVD supaya sedikit lebih awet. beberapa tulisan saya kutip dari sini. dan sebagian lagi saya tambahkan tulisan asli saya. jika ada yang mau mengoreksi silakan, boleh juga untuk menambahkan. untuk yang CD/DVD-nya sudah terlanjur tidak bisa di baca, mungkin lain kali saya ulas mengenai cara melakukan recovery pada media Optic. salam…

Comments

total comments