July 10, 2017 thumb Cara Menjadi Produktif

setiap orang pasti ingin memiliki kepribadian dan menjadi orang yang produktif. banyak buku-buku yang menjelaskan tentang produktif, banyak pula orang yang selalu mebahas tentang tata cara menjadi produktif. tapi sebenarnya apa itu produktif, bekerja cepat, tepat, bekerja tanpa lelah, atau bekerja sesuai deadline. faktanya sudah bekerja super cepat, bekerja seharian, bekerja sesuai deadline tetap masih belum mendapatkan hasil yang maksimal.

produktif itu memiliki banyak definisi, ada yang bilang, cara cepat menjadi kaya, cara cepat membangun bisnis biar berkembang, dan lain sebagainya. tapi bagi saya pribadi produktif itu berarti “mencapai rencana yang telah di tetapkan”. atau gampanganya “rencanakan dan wujudkan rencanamu, sesuai dengan kemampuan , waktu dan tempat dengan baik dan benar”. silakan definisikan apa saja tentang apa itu produktif, “this is open world“.

taruhlah kita telah mendapatkan definisi produktif, lalu apa langkah selanjutnya. saya pernah sekali ikut kursus kepribadian, dan mendapatkan quote yang cukup bagus, “Make your goal“. buatlah goal atau tujuan anda untuk masa depan, tulislah dan kemudian bersungguh-sungguhlah untuk menempuhnya. jim carrey seorang artis hollywood, sebelum dia sukses dia adalah orang biasa, dia punya satu goal yakni mendapatkan cek senilai $10.000.000, iyup 10 juta dollar. dia memvisualisasikan, dan bersungguh-sungguh dalam mewujudkanya. jadi buatlah sebuah goal atau impian, catat dan bersungguh-sungguhlah bahwa anda menginginkanya dan akan mewujudkanya.

oke goal udah siap, lalu apa, “Make a plan“, saya pernah mendengar sebuah quote berbunyi, “goal without plan just a wish“. ungkapan itu ada benarnya juga, jika kita mengingikan sesuatu tanpa adanya perencanaan, maka bisa dipastikan hasilnya kurang memuaskan. iyup, melakukan perencanaan, dari goal-goal yang sudah kita buat, maka buatlah goal-goal mini untuk mencapai setiap goal.

misal, kita punya goal bahwa saya ingin menyelesaikan sebuah project A dalam 3 bulan misalnya. maka buatlah sebuah perencanaan. misal, bulan pertama pencarian kebutuhan, bulan kedua, pembuatan atau developing, bulan ketiga finishing. dari bulan pertama kita pecah menjadi beberapa bagian. misalnya minggu pertama persiapan dan membuat “to do list“, minggu kedua menuliskan semua asal usul dan ide. minggu ketiga mendokumentasikan semua ide dan persiapan presentasi, minggu keempat bla-bla-bla. silakan disusun sedemikian rupa. dari plan mingguan bisa dipecah menjadi goal harian. sehingga akan membuatnya lebih mudah untuk dicapai. “ingat pekerjaan yang besar itu terdiri dari beberapa pekerjaan kecil dalam jumlah besar”, dan yang perlu kita lakukan adalah memastikan setiap goal harian itu tercapai untuk mencapai goal utama.

setelah masing-masing goal harian telah dibuat, tahap selanjutnya adalah menyelesaikan goal-goal harian tersebut. maka dengan sendirinya goal utama tersebut akan bisa dicapai. taruhlah goal utama tidak tercapat, setidaknya kita bisa melakukan evaluasi apa yang salah dengan goal tersebut, dibagian titik manakah permasalahanya, dengan cara ini kita bisa lebih berhati-hati agar tidak jatuh pada lubang yang sama.

jadi kalau saya boleh rangkum tahapan untuk menjadi lebih produktif ada 3.

  • Make a Goal
  • Make a Plan
  • Review

jika tidak membuat goal, maka pekerjaan kita tidak akan jelas arahnya, jika tidak membuat perencanaan kita tidak akan tahu bagian mana yang sebenarnya menjadi titik lemah kita, jika kita tidak bisa menemukan dibagian mana titik lemah kita, maka kita bisa saja jatuh pada lubang yang sama.

oke sampai disini dahulu, dibagian lain akan saya bahas bagaimana memanfaatkan Handphone Android kita sebagai alat untuk membantu kita agar lebih produktif. sampai jumpa pada tulisan lain Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments