November 29, 2016 thumb Cara Mengirimkan Email Menggunakan PHPMailer

salam, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana sih caranya mengirimkan Email menggunakan Coding PHP. seperti pada forum-forum yang ketika kita daftar secara otomatis akan ada sebuah email yang di kirimkan kepada kita. pada dasarnya kita bisa mengunakan fungsi mail bawaan php, tetapi fungsi ini tidak bisa di coba di local. karena selain anda harus memiliki jaringan Email Server sendiri, juga harus memastikan DNS dan domain name dari email tersebut berjalan. baisanya pengguna XAMPP akan mengaktifkan Mercury untuk membuat semacam Mail Server sendiri.

sebanrnya ada cara yang lebih mudah, yakni mengirim email dengan memakai Jaringan Google Mail alias GMail, ya karena untuk membuat sebuah server mail butuh dana, cara yang paling mudah, murah efektif dan Efisien adalah dengan menggunakan Email Server yang sudah ada, dan GMail merupakan Email yang sampai detik ini menjadi andalan bagi para user (Hari ini gini nggak punya gmail :p, apa kata mbah dunia ? ).

untuk bisa menggunakan gmail sebagai mail server, rukun wajib bagian pertama adalah anda harus punya koneksi internet. kemudian anda harus punya akun gmail, ketiga harus punya library PHPMailer dan keempat gebetan untuk dikirimi email (gurau saja mah, kirim ke email teman juga boleh). sebagai contoh saya akan mengirim sebuah email ke istri saya. dari goblooge@gmail.com ke bidan.ekasafitri@gmail.com. berikut ini langkah-langkahnya.

  • download library PHPMailer di https://github.com/PHPMailer/PHPMailer.
  • extract file hasil download tadi kemudian letakan satu folder boleh beda folder juga boleh dengan source code anda. sebagai contoh saya letakan di lain folder supaya folder tutorial ini nggak besar-besar banget.
  • kalau sudah buat sebuah file bernama mail.php yang isinya adalah source code sebagai berikut.
  • <!--?php ini_set('display_errors', 1); ini_set('display_startup_errors', 1); error_reporting(E_ALL); date_default_timezone_set('Etc/UTC'); /*autoload phpmailer*/ require '../phpmailer/PHPMailerAutoload.php'; $mail = new PHPMailer; $mail->isSMTP();
    
    /*dipakai debugging,
     * 0 = off (for production use)
     * 1 = client messages
     * 2 = client and server messages
     * */
    $mail->SMTPDebug = 2;
    $mail->Debugoutput = 'html';
    $mail->Host = 'smtp.gmail.com'; 
    /**jika kebetulan network SMTP di block lewat IPv6 maka gunakan kode ini
     * $mail->Host = gethostbyname('smtp.gmail.com');
     * */
    $mail->Port = 587; //ini adalah port default mbah google
    $mail->SMTPSecure = 'tls'; //security pakai ssl atau tls, tapi ssl telah deprecated
    $mail->SMTPAuth = true; //menandakan butuh authentifikasi
    $mail->Username = "goblooge@gmail.com";//email anda
    $mail->Password = "ganti-pakai-password-anda-sendiri"; //password anda, silakan diganti
    $mail->setFrom('goblooge@gmail.com', 'Nurul Huda');
    $mail->addReplyTo('goblooge@gmail.com', 'Nurul Huda');
    $mail->addAddress('bidan.ekasafitri@gmail.com', 'Eka Safitri');
    $mail->Subject = 'Email Buat Istri Tersayang';
    $mail->msgHTML("Halo Yang, Kapan Ke &lt;strong&gt;Bangkalan&lt;/strong&gt;, Abang udah Kerja Terus, Kapan <i>K*lone<i>", "");
    $mail->AltBody = 'Ini Pesan yang Plain Text Beb';
    $mail->addAttachment('keluarga.xlsx');
    if (!$mail->send()) {
        echo "Ada Yang Error Gan: " . $mail->ErrorInfo;
    } else {
        echo "Berhasil di Send!";
    }
    
    
  • setelah itu cukup buka dengan Browser di http://localhost/phpmail/mail.php. 
  • tunggu beberapa saat, system akan memunculkan beberapa kode yang tidak jelas. jika pada bagian akhir sudah ada tulisan Berhasil di Send!. berarti email anda telah berhasil masuk.
  • silakan di cek di akun gmail istri anda apakah sudah masuk atau belum.

Email yang sudah Masuk di HP IstriEmail yang sudah Masuk di HP Istri

dari hasil testing saya, email secara langsung masuk ke inbox istri saya. disana juga terdapat sebuah attachment yang mana berisikan file yang ingin kita attachment melalui gmail.

untuk source code lengkap silakan download di Dropbox atau Google Drive. monggo dicoba tapi pastikan ganti email dan password sesuai milik anda, jangan akun saya atau istri saya yang di bom (kalau ada yang begini, tak sumpahin jomblo seumur hidup). nah jika kebetulan anda menggunakan 2-Step Verification milik google maka trik ini tidak berlaku, pada tulisan selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara mengatasi masalah yang 2-Step Verification. jadi sampai jumpa pada tulisan saya yang berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

tulisan selanjutnya ada di Mengatasi 2 Step Verification saat Pengiriman Email lewat PHP dengan PHPMailer.

 

Comments

total comments