September 25, 2012 thumb Cara Menghemat Battery Laptop dan Notebook

oke, mumpung lagi jarang ini kerjaan, hari ini saya ingin sekedar sharing bagaimana caranya membuat notebook atau laptop anda irit battery. setelah posting saya berjudul mengirit battery android dan menghemat battery blackberry, kini giliran si laptop/notebook yang akan saya bahas. ok langsung saja, semua tulisan ini didasarkan atas pengalaman pribadi saya.

  • Atur Brightness dan Contrast : Display laptop dan notebook, atau dengan kata lain monitor/layar memakan resource baterry paling banyak. untuk itu pastikan anda mengatur display dengan baik. Jangan terlalu terang dalam menggunakan display karena semakin terang sebuah display semakin boros tenaga. selain itu display yang terlalu terang dapat mengakibatkan mata menjadi cepat lelah lebih-lebih merusak mata.
  • Setting Power Option : jika anda menggunakan komputer berbasis windows, anda bisa gunakan opsi power saving. caranya klik  Start -> Control Panel -> Power Option -> Power Scheme. anda akan melihat tiga opsi disini, pada Bagian Turn Off Monitor pilih 10 Minutes, dan 15 Minutes pada Turn Off Harddisk serta 25 Minutes pada System Standby. inti dari setting ini adalah, ketika notebook pada kondisi idle (Nganggur), jika sudah mencapai 10 menit, maka layar akan dimatikan, setelah 15 menit harddisk akan dimatikan dan jika idle sampai 25 ment maka akan masuk ke system stand by.
  • Matikan Peripheral yang tidak dipakai : kebanyakan orang tidak mematikan laptop/notebook mereka saat tidak digunakan, seperti menyalakan musik sampai berjam-jam (kebiasaan ane nih :p). hal ini tentu mubazir padahal sedang tidak digunakan, jika anda berencana meninggalkan laptop dalam waktu yang lama akan lebih baik jika dimatikan terlebih dahulu.
  • Hibernate : adalah sebuah fitur untuk mematikan PC tanpa dengan menyimpan isi RAM ke harddisk. sehingga pada saat akan dijalankan nanti, PC tidak lagi booting dari awal, atau dengan kata lain stand by tapi benar-benar mati. cara untuk mengaktifkan fitur ini  Start -> Control Panel -> Power Option kemudian pilih Enable Hibernate, kemudian pilih tab bagian Advanced , pada tulisan When i Press Power Button pilih Hibernate. jangan lupa klik Apply. sebagai catatan dalam hal menghemat daya, mode Hibernate jauh lebih baik daripada Sleep.
  • Charge Battery Hingga Penuh : Pastikan setiap kali anda melakukan charge terhadap baterai laptop agar dilanjutkan hingga penuh (rekomendasi, maksimal 99% sebagai indikator baterai penuh dan minimal 10% sebelum baterai habis). Proses charge baterai yang yang tidak penuh akan membuat konsumsi pemakaian energi baterai menjadi sedikit lebih boros dan tidak efisien. selain itu usia battery juga akan iku berpengaruh karena perlakukan pemakaian dengan cara tersebut.
  • USB Port : Setiap peripheral seperti harddisk eksternal, flashdisk, DVDRW Portable dan lain-lain yang bersifat portable dan dihubungkan melalui port USB tetap memakan arus listrik tambahan. Oleh karena itu pastikan apabila anda sudah tidak membutuhkan perangkat external akan lebih baik bila di cabut sementara. Hal sederhana seperti ini dapat sedikit menghemat pemakaian baterai.
  • Gunakan Software Penghemat Energi Battery : ada beberapa Software yang dapat digunakan untuk mengirit battery Laptop, software tersebut akan melakukan management pada aktivitas komputer sehingga perbandingan penggunaan daya dan aktivitas komputer dapat di selaraskan. pada tulisan lain akan saya bahas secara khusus sotfware-software untuk menghemat daya laptop dan notebook.
  • Non Aktifkan Speaker Jika tidak di pakaidengan menonaktifkan speaker komputer anda, daya yang dibutuhkan tentu lebih sedikit,  kecuali jika anda ingin kerja sambil mendengarkan musik atau sambil nonto film 😀
  • Matikan segala jenis Hardware yang tidak digunakan : pada beberapa jenis laptop terdapat berbagai macam koneksi, seperti Bluetooth, Wifi, Infrared dll. jika sedang tidak digunakan ada baiknya dimatikan terlebih dahulu. selain mempercepat kinerja komputer karena system tidak melisten terus-menerus dari koneksi tersebut, juga dapat menghemat battery secara significant.
  • Non Aktifkan Fitur Windows : khusus yang pakai windows, terkadang banyak sekali fitur-fitur dalam windows yang tidak dipakai, biasanya fitur-fitur ini ada dalam bentuk service pada windows. jika anda yakin tidak memakainya ada baiknya anda mematikan fitur-fitur tersebut. pada tulisan lain akan saya jelaskan bagaimana mempercepat kinerja Windows.
  • Kurangi Visual Effect : visual effek seperti wondows aero membutuhkan cache di RAM, dalam hal ini RAM menjadi sering aktif dan tentu saja membutuhkan daya yang lebih. untuk itu kurangilah effect visual dari laptop anda. Start->Control Panel->System->Advance System Setting. pada tabAdvance klik setting, pilih opsi Adjust Best Peformance dan klik apply.
  • gunakan Windows Mobility Center : pada dasarnya ia adalah sekumpulan shorcut yang terdapat dalam satu lokasi. tool ini sangat membantu anda jika ingin mengubah setting-an windows dengan cepat, tanpa harus membuka sana dan sini. klik start pada kotak search ketikan mblctr. 
  • Matikan Gadget Desktop : gadget-gadget di desktop yang sangat banyak mungkin akan membuat tampilan desktop anda semakin ramai, namun dengan semakin ramainya desktop tentu akan membuat boros resource yang ujung-ujungnya boros battery.
  • Matikan Startup yang tidak Perlu : terkadangan banyak sekali aplikasi yang muncul saat start up yang membuat waktu booting jadi lebih lama dan menghabiskan banyak resource serta daya. pada bagian run, ketikan msconfig. setelah jendela terbuka pilih tab startup dan uncheck pada aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan, seperti yahoo messengger, Daemon dll.
  • Matikan service yang tidak perlu : pada dasarnya, ketika windows berjalan, di background terdapat aplikasi-aplikasi yang berjalan melakukan tugas tertentu seperti indexing. jika anda tidak membutuhkan ini, lebih baik dimatikan saja. buka Control Panel -> Administrative Tools->Services. dari sini anda bisa melihat service-service yang tidak perlu, salah satu contohnya adalah Indexing. klik dua kali pada bagian Windows Search, pada bagian start up type ganti jadi disabled. jika anda bingung dengan nama-nama service tersebut, silakan melihat ke www.blackviper.com/Windows_7/servicecfg.htm disana bisa dilihat service-service mana saja yang aman untuk dimatikan.
  • Hentikan Task Scheduler : terkadang kita tidak sadar terdapat tugas otomatis yang dijalankan secara terjadwal. hal ini masuk dalam task scheduler. beberapa contohnya adalah Antivirus, Defraggler, Anti Spyware dan lain-lain. di satu sisi kita butuh, sedangkan di sisi lain hal ini memboroskan memory. sebagai contoh disini saya akan menghentikan Defraggler yang ada di windows. ketika masuk ke Defraggler klik Settings->Options, pilih tab schedule dan uncheck pada Schedule Defragmentation for Choosen Volume.
  • Gunakan Virtual Drive : terkadang ada aplikasi-aplikasi yang mebutuhkan CD saat pemakaian. jika anda memiliki aplikasi seperti itu, anda bisa menggunakan Virtual Drive seperti Daemon Tool Lite. aplikasi ini akan membuat semacam Image dari Sebuah Optical Disck (CD, DVD, Blue Ray) yang dalam bentuk file, dan sewaktu-waktu dapat di Load ketika dibutuhkan. untuk lebih detailnya silakan cari di google :p.
  • Rajin-rajinlah melakukan Defrag : defragmenter adalah proses penataan ulang harddisk, selain dapat membuat penataan file anda rapi, dan meningkatkan kinerja sistem, juga mampu menghemat battery karena proses pencarian file tidak terpecah-pecah. walaupun sangat minim, tapi sedikit bisa menghemat battery.
  • mematikan sound dan screensaver juga dapat menhemat battery, karena screensaver terus-menerus mencatat delay waktu dari idle sampai waktu yang ditentukan.
  • Jangan membuka aplikasi terlalu banyak : jika anda membuka banyak aplikasi tentu membuat kinerja sistem lebih berat dan memboroskan battery.
  • Gunakan RAM sampai batas Maksimum : cara ini harus menguras kantong anda. yaitu dengan membeli RAM baru. selain mempercepat kinerja komputer dengan tambahan RAM, adanya RAM baru membuat harddisk lebih jarang dipakai, sehingga daya yang digunakan untuk membaca harddisk juga berkurang yang pada akhirnya dapat menghemat pemakain battery. hal ini terjadi karena, jika sistem kekurangan memori, sistem akan mengambil Virtual Memory yang ada di Harddisk, sehingga harddisk lebih banyak bekerja. sedangkan jika anda menggunakan RAM yang besar, daa akan di Load ke RAM dan kinerja harddisk dapat dikurangi. karena daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan harddisk jauh lebih besar daripada RAM, tentu dengan mengurangi beban kerja harddisk, daya juga lebih hemat.
  • Jangan menggunakan softcase atau segala sesuatu yang menutupi notebook. biarkan sirkulasi udara berjalan lancar karena jika sirkulasi udara tidak lancar akan mengakibatkan overheat. 
  • jangan letakan notebook dibawah sinar matahari langsung, atau diatas kasur, karena dapat overheat. lebih baik langsung di lantai.
  • trik ini hanya berlaku untuk battery Ni-MH yang biasanya ada pada notebook keluaran lama. adanya problem memory effect yang berkaitan dengan daya charge akibat proses charging yang setengah-setengah. problem ini dapat diatasi dengan melakukan charge total, kemudian diapkai samapai habis total.
  • mengganti driver dengan versi terbaru juga dapat meningkatkan pengiritan battery. mungkin dengan adanay update banyak logic yang diperbaiki sehingga meningkatkan kinerja sistem dan menghemat resource.
  • Jika anda berencana tidak menggunakan notebook dalam waktu yang lama, charge kurang lebih 40% dan cabut battery dari notebook dan simpan ditempat sejuk dan kering.
  • gunakan aplikasi untuk me-maintenance battery anda : aplikasi seperti BatteryCare  dapat digunakan untuk memonitor kondisi battery anda, pada tulisan lain akan saya bahas mengenai aplikasi-aplikasi penghemat battery.

okey demikian tulisan saya tentang cara menghemat battery notebook/laptop. oh iya sekedar info tambahan :

  • pada umumnya kekuatan battery diuji menggunakan software bernama MobileMark, saat menjalankan pengujian secara praktis notebook tidak menjalankan apapun, seperti tidak terkoneksi internet, tidak ada CD atau DVD yang diputar dan lain-lain. hasil inilah yang dijadikan referensi untuk kekuatan notebook. sementara saat digunakan kondisinya tidak seperti itu, kadang kita memutar CD, mendengarkan musik dan lain-lain, tentu hal ini mempengaruhi kekuatan battery.
  • cara kita dalam menggunakan notebook tentu berbeda-beda, ada yang suka main game, ada yang cuma untuk ngetik dan ada yang suka mengetik sambil mendengarkan musik (sampe ketiduran ngiler di keyboard :p ). sehingga daya tahan battery juga berbeda-beda tergantung pemakaian.
  • semakin lama kita memiliki notebook efektifitas batterynya makin menurun, ditambah dengan proses charging yang berulang-ulang. ketahanan battery-nya pun pasti akan ikut berkurang. itu sebabnya banyak orang menjual battery notebook-notebook keluaran lama, karena ketahanan battery notebook dan laptop hanya 2-3 tahun saja.

demikian tulisan saya, kurang lebihnya mohon maaf sama Goblooge :p

Comments

total comments