May 2, 2012 thumb Cara Menghemat Battery Android

beberapa waktu yang lalu seorang teman mengeluhkan akan battery android galaxy young-nya yang cepat habis. dia mengeluh katanya dalam sehari harus nge-charge terus, padahal tidak setiap saat dia harus bawa Charger untuk nge-charge. hmm…. menanggapi hal itu sebagai teman yang baik ( uhuk-uhuk 😀 *nelan sendok) akhirnya saya menulis artikel ini semoga bisa membantu bagi siapa saja yang merasa battery-nya cepat habis :D.

pada dasarnya Operating system android memang boros battery, hal ini dapat dimaklumi karena banyak sekali proses dari program yang berjalan di background, selain itu display yang besar tentu membutuhkan konsumsi daya yang juga tidak sedikit. oleh karenanya untuk melakukan proses pengiritan battery, maka harus disesuaikan dengan kebutuhan, tentu ini berbeda antara satu orang dengan orang lain. silakan pilih masing-masing dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Matikan Koneksi Bluetooth : kebanyakan orang tidak tahu atau lupa mematikan bluetooth setelah digunakan alhasil androidnya menjadi boros battery. jika anda ingin supaya battery tidak boros, silakan matikan jika sedang tidak dipakai dan hidupkan lagi saat perlu.

Matikan Koneksi GPS : koneksi GPS merupakan koneksi yang penting saat kita mempergunakan Map atau aplikasi lain yang membutuhkan GPS, by default, GPS pada android menyala, tentu saja anda tidak terus-terusan menggunakan Map dan GPS kan, untuk itu matikan saja koneksi GPS secara default dan aktifkan kembali saat ingin digunakan.

Matikan Koneksi Wifi : kebanyakan orang yang tidak terhubung ke wifi, membiarkan hp androidnya menyala dengan koneksi wifi, tentu hal ini akan menyedot energi battery HP dengan cepat, sekalipun tidak ada koneksi yang berlangsung tapi keberadaan Koneksi yang masih aktif ini terus-menerus melakukan kontak disekitarnya untuk mencari sinyal Wifi. jika anda tidak sedang menggunakan koneksi wifi, ada baiknya dimatikan saja.

Matikan Network Comunication Data : tidak semua pengguna android terus menerus online, kadang ada beberapa orang yang hanya online saat diperlukan saja. untuk mereka yang narsis dan pengen eksis silakan menolak tips ini, tapi bagi yang nggak selalu online bisa diikuti tips saya kali ini. silakan matikan network comunication data (GPRS/EDGE/3G/HSDPA/HSUPA). dengan cara ini battery anda akan menjadi sangat awet karena sebenarnya disinilah penyedot battery terbesar :D.

Matikan Auto Rotation : auto rotation adalah fitur untuk mendeteksi adanya perubahan posisi dari HP, perubahan posisi ini dipengaruhi oleh adanya medan Gravitasi Bumi dengan menggunakan accelerometer. jika anda tidak sering-sering membolak-balikan HP anda, ada baiknya anda mematikan fitur ini karena cukup menyedot battery dan memory hp anda. jika anda sedang membaca file PDF di acrobat reader misalnya dan anda ingin mengubah posisi dari potrait ke landscape atau sebaliknya mendhing aktifkan di aplikasi secara manual.

Network Status

untuk melakukan setting pada NetCom, Blutooth, Wifi,GPS dan Auto Rotation bisa menggunakan setting yang ada di bagian bar atas.

Kurangi Brightness : bila Handphone memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, memang sangat membantu bagi anda, tapi sebagai efeknya, battery akan cepat habis karena semakin besar tenaga yang digunakan untuk memberikan kecerahan itu. jika anda memang berpenglihatan normal sesuaikanlah kecerahan HP anda dengan mata anda sehingga batterynya menjadi lebih irit, biasanya orang menggunakan brightness tak lebih dari 50 persen sudah baik, kalo HP saya langsung saya nol kan :D.

Kurangi Volume Suara : suara yang terlalu keras, selain membutuhkan banyak energi juga kadang bisa memekakan telinga bagi sebagian orang, untuk itu jika anda sedang tidak mendengarkan musik, ada baiknya jika anda mengurangi volume suara. selain itu setting default android setiap kali kita menekan sebuah tombol, juga akan membunyikan sebuah suara, ini memang terlihat bagus, tapi juga memakan battery, karena setiap anda menekan sebauh icon atau tombol akan membunyikan suara, ada baiknya fitur ini dimatikan saja.

Matikan Getar atau Vibration: getar menyedot energi yang cukup besar karena untuk melakukan perubahan letak fisik sebuah HP jumlah daya yang dikonsumsi juga tidak sedikit. ada baiknya anda mematikan fitur getaran ini, lebih baik menggunakan suara daripada modus getar yang lebih banyak memakan battery.

Matikan Animation : Tampilan android sejak Froyo memang terlihat sangat bagus, terdapat animasi FadeIn, FadeOut serta SlideIn SideOut, mungkin bagi anda animasi ini terlihat bagus, tapi apakah anda pernah berfikir bahwa komputer untuk membuat animasi tersebut membutuhkan ratusan proses yang jauh lebih banyak daripada tanpa animasi. anda mungkin tidak terasa karena kcepatan processor saat ini. tapi tetap saja, energi yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Screen Timeout : adalah waktu tunggu bagi HP untuk mematikan screen ketika HP dalam kondisi IDLE atau tidak disentuh sama sekali, semakin kecil TimeOutnya maka semakin bagus. ketika screen timeout diset sangat lama (misal 30 detik). misal anda selesai telpon, kemudian HP anda letakan, akan menunggu waktu sebesar 30 detik untuk mematikan display, tentu waktu 30 detik sudah cuku banyak memakan resource, apalagi yang screen Time Out diset never, wuuh malah boros. kalo saya pribadi menggunakan screen timeout 10 detik, dan baru saya set ke never saat mau baca PDF.

Power Saving Mode : adalah fitur untuk secara otomatis menganalisa gambar dan memastikan Brightness terbaik untuk Display, aktifkan saja fitur ini karena akan sangat membantu anda dalam menghemat battery.

Untuk mensetting Animation, Power Saving, VIbration dan lain-lain

Matikan Background Application : untuk mematikan aplikasi yang berjalan di-background, anda dapat menginstall program bernama System Panel, applikasi ini akan me-list semua aplikasi yang sedang berjalan dan anda dapat mematikanya satu per satu ataupun keseluruhan. sehingga battery lebih irit.

Gunakan All in One Application : kadang kala kita menginstall aplikasi-aplikasi yang secara real time melakukan koneksi ke internet, seperti twitter, facebook, dan lain-lain. aplikasi-aplikasi ini terkadang cukup menjengkelkan karena terus menerus berjalan di Background, bagi anda yang tidak begitu ingin eksis sampe segitunya, jauh lebih baik jika anda mematikan aplikasi-aplikasi tersebut, tapi kalau seandainya anda ingin eksis, saya sarankan untuk menginstall sebuah aplikasi tapi bisa menangani lebih dari satu social network seperti TweetDeck. kesalahan lain yang sering terjadi adalah menjalankan google talk, yahoo messenger, skype dan lain-lain secara bersamaan. jika memang anda membutuhkan online untuk kesemuanya saya sarankan menggunakan eBuddy. cukup satu aplikasi untuk handle banyak social network, ini lebih efisien daripada harus menginstall satu-persatu. untuk lebih detail silakan merujuk postingan saya tentang Aplikasi Wajib di Android.

Gunakan Background atau Image Berwarna Gelap :disadari atau tidak penggunaan Background pada home juga sangat mempengaruhi battery, “lho kok bosa ?”. iya, warna Hitam di-encode dengan nomor #000000 yang artinya tidak memancarkan cahaya, sedang warna putih di-encode dengan nomor #FFFFFF yang artinya pancarkan cahaya RGB secara maksimal. bisa dilihat perbedaanya, satunya tidak memancarkan cahaya RGB satunya memancarkan cahaya RGB maksimal, tentu hal ini mempengaruhi battery anda. gunakanlah background yang gelap untuk sedikit menghemat battery anda. saya tidak menyarankan anda menggunakan background polos gelap (walaupun ini paling hemat) karena tidak nyaman mungkin untuk anda, cobalah cari wallpaper yang dominan gelap tapi tetap ajib. “Emang ada ?” ada kok, liat aja gambar dibawah ini, biar gelap tapi tetap ajib 😀

Jangan Meng-install Launcher Tambahan :Launcher bawaan HP anda mungkin terlihat kurang menarik, akhirnya bagi sebagian orang, menginstall Launcher tambahan (ADW, TW dll) menjadi sebuah keharusan, tapi konsekuensinya konsumsi daya bertambah dan battery cepat habis, efek lain adalah HP anda menjadi lelet karena banyaknya animasi yang ada pada launcher :D.

Sering-seringlah Melakukan Clear Memory : clear ram merupakan fitur dari android, anda bisa mengaksesnya di bagian Task Manager, disana anda bisa melihat penggunaan RAM secara garis besar, semakin banyak RAM terpakai berarti semakin lelet dan semakin boros. Lakukan Clear Memory secara berkala untuk membersihkan aplikasi yang bandel :D.

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat HP android anda awet, jika semua cara ini sudah dilakukan dan HP masih terasa battery-nya cepat habis, saya punya cara terakhir, yaitu “silakan Matikan saja HP anda “, sampek tuwek sampek elek gak mungkin kehabisan battery, bila perlu silakan di lembiru (Lempar Beli yang Baru :D).

Tulisan ini didedikasikan atas pertanyaan teman saya Zamy, silakan dinimakti coy, comment dan likenya ditunggu :D. pesan sponsor, jika ada pertanyaan seputar android atau dunia IT yang lain, silakan comment di buku tamu atau Direct Message twitter, atau Comment di Page Facebook atau kirim e-mail ke goblooge@gmail.com. jika saya bisa menjawab insya Allah saya bahas di sini, apapun pertanyaan anda (Selama jangan tanya caranya download film gratis di situs porno aja). Salam Goblooge.

Comments

total comments