September 29, 2013 thumb Cara Mengembalikan data yang terhapus di Linux

OK, salam, wuih udah beberapa hari ini saya nggak nulis. hm.. kali ini saya mau sedikit share tentang pengalaman saya kehilangan data di linux, alkisah waktu itu istri saya suruh ganti HP dari Blackberry ke Android, alasanya karena battery udah mau kembali ke Rahmatullah. nah sebelum di jual tuh BB, kan di-backup dulu datanya. karena mungkin sudah merasa terbiasa saya copy-kan data BB di Desktop Linux Mint Nadia. selang 2 hari, HP android baru istri udah didapat, giliran mau dikembalikan data-data istri (mulai dari data kantor sampai foto manis ) eh ternyata folder yang saya simpan di desktop udah gak ada. waktu saya ingat-ingat eh ternyata saya lupa menghapusnya dan masuk ke trash. OK cek di trash, baru ingat kalau semalam trash barusan saya empty. wah gawat, bisa-bisa istri ngambeg nggak dapat jatah malam (maksudnya makan malam) . berbekal semangat 45, akhirnya saya berhasil mengembalikan data tersebut. kalau waktu lalu saya pernah menulis tentang reovery data di windows (4 Cara Menyelamatkan Data), kali ini di linux, berikut ini step by step-nya.

untuk mengembalikan data yang hilang tersebut, saya menggunakan software yang bernama testdisk dan photorec, keduanya merupakan software yang sama. jika kebetulan anda menggunakan OS ubuntu dan turunanya (saya pakai Linux Mint 14 : Nadia ) tinggal di instal lewat repository, ketikan perintah #apt-get install testdisk biarkan sampai proses instalasi berjalan selesai.

OK, program sudah di-install, sekarang apa yang harus dilakukan. yaitu mencari file yang tidak sengaja atau terhapus. sebagai contoh anggaplah saya memiliki sebuah file bernama data_istri.txt, isinya anggaplah puisi cinta saya pada istri. yang mana file ini sangat penting bagi saya, sebagai contoh saya simpan file tersebut di desktop (/home/goblooge/Desktop/data_istri.txt). sekarang silakan hapus biarkan masuk trash kemudian lakukan empty trash, atau kalau nggak mau susah-susah langsung saja shift+del yang mana akan menghapus file dari disk secara langsung tanpa dipindah dahulu ke trash.

kalau datanya udah hilang, sekarang tinggal bagaimana mengembalikanya. buka terminal (Application > Accessories > Terminal). ada dua mode pencarian, pertama mencari untuk satu file yang hilang, atau mengembalikan seluruh data yang hilang. berikut step-by-step-nya.

Mengembalikan satu buah file yang hilang.

  1. buka terminal, ketikan #sudo testdisk dan diikuti mengetikan password root anda. mengapa harus root, biar bisa masuk ke system seluruhnya, terkadang ada beberapa file yang tersembunyi masuk kedalam system. jika anda gagal disini biasanya karena halaman terminal anda kurang besar, testdisk butuh sekitar 24 lines untuk dapat bekerja coba di panjangkan atau di maximize.

    Pembuatan Log

    Pembuatan Log

  2. setelah itu akan muncul halaman interface testdisk, jika tidak muncul coba maximize terminal anda, tesdisk butuh 24 lines untuk bisa bekerja. pilih create untuk membuat sebuah log baru.

    Pemilihan Harddisk

    Pemilihan Harddisk

  3. pada step selanjutnya anda akan ditanya bentuk table partition anda, kebtulan merupakan partisi PC, jadi saya pilih yang Intel/PC. disana terdapat pula opsi XBox kalau anda ingin mengembalikan data yang terhapus dari harddisk XBox anda.

    Memilih Jenis Partisi, kalau partisi komputer biasanya yang pertama

    Memilih Jenis Partisi, kalau partisi komputer biasanya yang pertama

  4. step berikutnya kita akan diminta untuk memilih bagaimana cara kita men-recovery, apakah ingin menganalisa seluruh isi harddisk dan lain-lain. karena saya cuma butuh satu file yang mau saya restore dan saya tahu dimana letak file tersebut cukup saya pilih advanced untuk memilih sendiri.

    JIka hanya satu atau dua file, dan anda tahu dimana lokasinya cukup pilih advance

    JIka hanya satu atau dua file, dan anda tahu dimana lokasinya cukup pilih advance

  5. pada bagian ini saya akan ditanya di partisi bagian mana yang akan di cari, kebetulan milik saya adalah partisi Linux di nomor 3. pada bagian bawah, jangan lupa pilih list, yang mana kita akan mencari satu-persatu dari folder  (karena kita tahu persisi dimana lokasi file yang hilang berada). tekan enter untuk melanjutkan.

    Saya pilih partisi ketiga dimana file saya terhapus

    Saya pilih partisi ketiga dimana file saya terhapus

  6.  disinilah memulai pencarian, karena kebetulan file saya asalnya ada di /home/goblooge/Desktop/ langsung saja saya tuju ke TKP. dan fuala saya melihat sebuah file bernama data_istri.txt yang berwarna merah. yang mana berarti file tersebut telah terhapus.

    File yang terhapus berhasil diketemukan tinggal di copy

    File yang terhapus berhasil diketemukan tinggal di copy

  7. udah ketemu file yang terhapus tadi saatnya untuk di restore. untuk melakukan restore , tekan huruf c.
  8. kemudian anda akan diminta untuk meletakan dimana hasil copy file tersebut akan disimpan. usahakan jangan disimpan di tempat yang sama. kalau filenya kecil ndak masalah, tapi kalau filenya besar dan banyak bisa-bisa file yang lama ter-overwirte sebelum sempat dibaca. dalam kasus ini saya menyimpan di /media/goblooge/work/folder_recovery_saya/ (harddisk external saya gan). jika sudah ketemu di mana anda mau menyimpan file, tekan tombol c untuk melakukan proses copy. dan fuala, file anda sudah kembali.
  9. catatan, jika file anda yang mau di-recovery ada di /home/goblooge/Desktop/  dan ingin menyimpanya di /media/goblooge/work/folder_recovery_saya/ maka file anda nantinya akan tersimpan di /media/goblooge/work/folder_recovery_saya/home/goblooge/Desktop/  jadi program ini tidak hanya meng-copy file-nya saja tapi juga struktur directory-nya.

Mengembalikan Seluruh Data pada sebuah Harddisk atau Partisi.

  1. ketikan di terminal #sudo photorec dan diikuti mengetikan password root anda.
  2. pertama anda akan ditanya di storage mana anda akan melakukan pencarian, kebetulan saya memiliki 3, dan storage yang berisi file yang saya cari adalah yang pertama. pilih salah satu, dan tekan enter untuk proceed ke next step. 

    Harddisk mana yang ingin di recovery

    Harddisk mana yang ingin di recovery

  3. pada step ini anda akan ditanya di partisi bagian mana anda ingin mencari data anda. kebetulan saya ada di partisi ketiga (Linux), testdisk tidak hanya mendukung partisi linux (Swap, Ext 2/3/4 dll), tetapi juga windows  (Fat, Fat16, Fat32, NTFS) dan Mac. jika sudah dipilih tekan enter untuk masuk ke pencarian. jika anda ingin mencari di seluruh partisi silakan pilih yang paling atas alias Whole Disk.

    Memilih Partisi, jika ingin mencari di seluruh harddisk tinggal pilih yang Whole disk.

    Memilih Partisi, jika ingin mencari di seluruh harddisk tinggal pilih yang Whole disk.

  4. pada step bertikut anda akan ditanya model filesystem apa yang anda gunakan, karena saya menggunakan Ext Journaling 4, saya pilih opsi pertama, kemudian tekan enter.

    Memilih Model Filesystem dari Partisi yang akan di recovery

    Memilih Model Filesystem dari Partisi yang akan di recovery

  5. pada step berikutnya anda akan diminta untuk memilih, apakah ingin melakukan pencarian pada seluruh disk anda, ataukan pada bagian free space saja. silakan pilih salah satu. pada kasus saya, saya lebih memilih yang free, karena saya yakin data saya hilang. kalau whole, berarti seluruh partisi akan ditampilkan, entah itu yang  hilang ataupun yang tidak. jika sudah silakan tekan enter.

    Memilih Cara pencarian, apakah semua atau khusus yang terhapus saja

    Memilih Cara pencarian, apakah semua atau khusus yang terhapus saja

  6. kemudian anda akan diminta untuk konfirmasi, di lokasi mana anda akan menyimpan file hasil recovery. kebetulan saya masukan ke Harddisk external saya, sehingga tinggal saya tuju lokasi /media/goblooge/work/folder_recovery_saya/ diikuti menekan tombol C yang berarti copy.

    Memilih Lokasi untuk menyimpan hasil recovery. usahakan di Harddisk lain (Harddisk External)

    Memilih Lokasi untuk menyimpan hasil recovery. usahakan di Harddisk lain (Harddisk External)

  7. tunggu beberapa jam, hari atau bahkan minggu. karena semua data anda (yang hilang atau seluruhnya tergantung apakah anda memilih free space atau whole space pada step ke lima) akan di copy ke lokasi tujuan yang diinginkan.

oke demikian yang bisa saya share kalau ada yang pingin mengkoreksi silakan dikoreksi, tutorial ini saya operasikan di Linux Mint 14 : Nadia, pada File System Ext 4. seharusnya bisa berjalan sama persis baik di distro lain ataupun filesystem lain. Salam goblooge.

Comments

total comments